Kriteria Memilih Media Pembelajaran dan Penjelasannya

Kriteria Memilih Media Pembelajaran dan Penjelasannya

Gurubagi.com. Pembelajaran yang efektif tentunya memerlukan perencanaan yang baik. Begitu juga dengan pemilihan media yang akan digunakan dalam  pembelajaran.

Media pembelajaran yang beraneka ragam jenisnya tentu tidak akan digunakan secara serentak dalam kegiatan pembelajaran. Guru harus dapat melakukan pemilihan media yang sesuai dengan materi pembelajaran.

Media merupakan salah satu komponen penting dalam menjalankan proses pembelajaran. Kehadiran media pembelajaran, karena dapat membantu pembelajaran sebagaimana yang diinginkan.

Baca :

Kriteria Memilih Media Pembelajaran

Berikut ini adalah 10 (sepuluh) kriteria dalam menentukan media pembelajaran yang tepat .

1. Sesuai dengan Tujuan Pembelajaran

Media pembelajaran dapat membantu mendukung ketercapaian tujuan pembelajaran, sehingga memiliki kesinambungan dengan materi yang diajarkan.

Selain itu, agar tidak terjadi tidak  tumpang tindih dengan kepentingan lain yang kemudian dapat memengaruhi dalam pencapaian tujuan.

2. Karakteristik Media  Sesuai dengan Proses Pembelajaran

Guru dalam memilih media harus sesuai dengan karakteristik materi pembelajaran, sehingga tidak menghambat  proses pembelajaran.

Ketidaksesuaian karakteristik materi dengan media akan  memicu ketidakcocokan pada proses pembelajaran itu sendiri.

3. Mampu Mendukung Isi dan Bahan Pembelajaran 

Media pembelajaran harus mampu mendukung isi serta bahan pembelajaran. Tanpa dukungan tersebut  proses pembelajaran akan sama saja dengan atau tanpa menggunakan media.

Untuk menjadikan media pembelajaran sesuai dengan kriteria, maka dukungan terhadap isi materi dan bahan pembelajaran haruslah terpenuhi.

Jika tidak memenuhi unsur tersebut, sebaiknya jangan menggunakan media pembelajaran,  karena hasilnya tidak akan bisa sesuai harapan.

4. Media Mudah Diperoleh

Kemudahan memperoleh media pembelajaran menjadi menjadi faktor penting untuk proses pembelajaran. Resiko kerusakan terhadap media pembelajaran dapat selalu terjadi, sehingga guru harus menemukan pengganti media yang baru.

5. Kemudahan Dalam Pengaksesan

Media pembelajaran juga harus memenuhi kriteria, yaitumemiliki kemudahan pengaksesan sebagai salah satu penyebab keberhasilan dalam komunikasi.

Hal ini menjadi penting karena akan berkaitan langsung dengan skill atau keahlian para penggunanya. Pembelajaran dengan media tidak akan berjalan jika para penggunanya tidak bisa menguasai bagaimana cara mengakses media tersebut.

Kesukaran mengakses media  akan membuat penggunanya tidak akan bisa memanfaatkan media yang ada dengan baik.

Media yang justru harusnya membantu proses pembelajaran, malah akan membuat proses pembelajaran tidak berjalan optimal.

6. Penggunaan Tidak Memakan Waktu yang Lama

Media pembelajaran harus dapat bersifat efisien sebagai proses komunikasi efektif. Di dalam hal ini, persiapan media tidak membutuhkan waktu yang lama.

Persiapan media yang  lama justru akan menghambat proses belajar peserta didik, dan menghabiskan waktu.

7. Kesesuaian Media Pembelajaran dengan Cara Berpikir Peserta Didik 

Perlu juga ditegaskan bahwa media pembelajaran haruslah memiliki kesesuaian dengan cara berfikir peserta didik  dalam berkomunikasi dan berorganisasi.

Karena tanpa hal tersebut, peserta didik tidak akan bisa menerima apa yang tersaji dari  media pembelajaran.

Kesesuaian media dengan cara berpikir peserta didik dapat menarik minat mereka untuk belajar.Jangan sampai penggunaan media pembelajaran justru menurunkan minat belajar peserta didik.

8. Sesuai dengan Situasi dan Kondisi Lingkungan 

Guru dalam menggunakan media pembelajaran harus  sesuai dengan situasi dan kondisi lingkungan. Misalkan, guru tidak perlu  menggunakan media yang membutuhkan tenaga listrik jika pada tempat tersebut tidak terdapat aliran listrik.

9. Sesuai dengan Kemampuan Guru

Secanggih apapun sebuah media pembelajaran, jika user atau penggunanya tidak mampu mengunakan secara optimal, maka pembelajaran tidak akan berjalan.

Dengan demikian, harus terdapat konektifitas antara skill user dan media pembelajaran agar pembelajaran dapat optimal.

10. Efektifitas Penggunaan Media dalam Pembelajaran

Media pembelajaran harus memenuhi kriteri berupa efektifitas penggunaan, dengan  menyesuaikan aspek  waktu, dan skill  agar penggunaanya efektif.

Tentunya penggunaan media yang efektif dalam proses pembelajaran akan bisa memaksimalkan hasil pembelajaran. Dengan demikian, maka  media harus mampu memenuhi kriteria sebagai media pembelajaran yang tepat.

Demikian penjelasan mengenai kriteria memilih media pembelajaran. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan