Perbedaan Mentega dan Margarin yang Perlu Anda Ketahui

Perbedaan Mentega dan Margarin yang Perlu Anda Ketahui

Gurubagi.com. Banyak orang yang mengira bahwa margarin dan mentega adalah bahan makanan yang sama. Padahal, mentega dan margarin keduanya adalah produk yang berbeda, baik dalam rasa maupun warna. Saat digunakan untuk memasak pun tekstur dan rasa yang dihasilkan berbeda.

Pada umumnya, mentega lebih sering digunakan dalam proses memanggang, seperti proses pembuatan kue, biskuit, dan sebagainya.

Sedangkan margarin biasanya lebih condong ditemukan di dapur dan digunakan untuk menumis, menggoreng, atau dioleskan pada roti tawar sebagai sarapan.

Berikut ini lebih jelas mengenali perbedaan antara margarin dan mentega yang perlu Anda ketahui.

1. Mentega

Mentega adalah lemak padat yang berasal dari susu yang dikocok. Pada saat dikocok, lemak padat susu akan terpisah dengan buttermilk atau bagian cair susu.

Mentega juga dikenal dengan nama butter. Di Indonesia sendiri, yang biasanya Anda temui di pasar atau supermarket adalah mentega dari susu sapi. Berikut ini mengenal mentega lebih jelas

a. Bahan baku

Bahan baku mentega pada umumnya diolah dari lemak nabati, paling umum digunakan adalah ekstrak minyak sawit.

Bahan baku mentega atau butter menggunakan lemak hewani sebagai bahan dasar. Biasanya terbuat dari susu sapi, kambing, domba, atau kerbau.

b. Titik leleh

Dibandingkan dengan margarin, mentega lebih mudah meleleh, sehingga penggunaan mentega dapat menjadi bahan kue-kue seperti black forest, atau yang lebih lunak.

c. Warna

Mentega biasanya memiliki warna kuning yang cenderung lebih pucat.

d. Aroma

Aroma mentega akan terasa lebih harum aroma khas susu yang dipanggang sangat menggoda jika dihirup daripada margarin.

Karena itulah, mentega lebih baik digunakan untuk menjadi bahan pembuat kue, karena aromanya akan semakin menggugah selera.

2. Margarin

Margarin merupakan  produk non-dairy yang dibuat sebagai pengganti mentega. Pada awalnya dibuat dari lemak hewan pada tahun 1800-an.

Baca : Manfaat Alpukat Saat Puasa Ramadhan dan Berbagai Menu Olahannya

Akan tetapi, sekarang ini margarin dibuat dari campuran minyak sayur, air, garam, emulsifier, dan beberapa margarin dicampur dengan susu. Berikut ini mengenal tentang margarin.

a. Bahan Baku

Bahan pembuat margarin bukanlah dari susu hewan, melainkan dari produk nabati. Biasanya margarin terbuat dari minyak kelapa sawit

Meskipun demikian, margarin juga bisa diolah dari minyak biji rapa, minyak biji bunga matahari, minyak kanola, dan minyak alpukat.

b. Titik Leleh

Margarin lebih cocok dijadkan sebagai bahan pelembut kue kering, karena memiliki titik leleh lebih tinggi dibandingkan mentega, sehingga lebih mudah disimpan tanpa perlu dimasukkan lemari pendingin.

c. Warna

Margarin memiliki warna kuning agak pekat.

d. Aroma

Perbedaan berikutnya dapat ditemukan dari aromanya. Karena terbuat dari bahan dasar yang berbeda, aroma yang dihasilkan pun berbeda. Margarin cenderung kurang menghasilkan aroma yang menarik.

Demikian ulasan mengengenai perbedaan mentega dan margarin yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat

 

Tinggalkan Balasan