Perbedaan Tugas Mandiri Terstruktur dan Tugas Mandiri Tidak Terstruktur

Perbedaan Tugas Mandiri Terstruktur dan Tugas Mandiri Tidak Terstruktur

Gurubagi.com. Tugas merupakan suatu hal yang rutin diberikan guru kepada peserta didik sebagai bentuk implementasi Kurikulum melalui pembelajaran, selain kegiatan tatap muka.

Di dalam memberikan, hal yang perlu diperhatikan oleh guru adalah waktunya dan penugasan tersebut berfungsi untuk memantau tingkat pemahaman siswa akan sebuah materi.

Tugas yang diberikan guru kepada peserta didik dapat dibedakan menjadi dua, yaitu tugas mandiri terstruktur dan tugas mandiri tidak terstruktur.

Secara sekilas, tugas mandiri terstruktur dan tugas mandiri tidak terstruktur memiliki kesamaan, karena berfungsi sama sebagai tugas untuk dikerjakan peserta didik untuk meningkatkan pemahamannya terhadap materi yang sudah diajarkan. Akan tetapi, kedua bentuk penugasan tersebut memilikin perbedaan yang cukup signifikan.

Berikut ini perbedaan tugas mandiri terstruktur dan tugas mandiri tidak terstruktur 

1. Tugas Mandiri Terstruktur

Pengertian tugas mandiri terstruktur adalah tugas yang diberikan kepada peserta didik berupa pendalaman materi pembelajaran yang dirancang oleh guru untuk mencapai kompetensi dasar tertentu dimana waktu penyelesaian tugas ditentukan oleh guru.

Dengan demikian, berdasarkan pengertian tugas mandiri terstruktur tersebut, maka di dalam pelaksanaannya, peserta didik harus menyelesaikan tugas yang diberikan guru dan mengumpulkannya pada batas waktu yang sudah ditentukan.

Tugas mandiri terstruktur diberikan secara kontinu kepada peserta didik dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman materi serta melatih disiplin dan tanggung jawab peserta didik.

Baca : Latihan Soal UKK PAT Biologi Kelas 10 SMA MA K13 Tahun 2021

Manfaat Tugas Terstruktur

Bentuk tugas mandiri terstruktur, antara lain pemberian PR, kegiatan pengayaan, kegiatan remidial, dan kegiatan percepatan. Adapaun manfaat tugas terstruktur adalah sebagai berikut.

Bagi peserta didik

  • Peserta didik lebih memahami materi pelajaran yang telah dibahas di sekolah
  • Peserta didik dapat memperdalam dan mengulang kembali materi pelajaran
  • Peserta didik dapat mengukur kemampuan dirinya dalam pembelajaran
  • Menumbuhkan rasa percaya diri dan disiplin bagi peserta didik.

Bagi Guru

  • Mengetahui kekurangan dan kelebihan dalam menyampaikan materi
  • Mengetahui tingkat pencapaian pemahaman peserta didik terhadap materi yang diajarkan
  • Meningkatkan profesionalisme guru

Bagi Orang tua

  • Orang tua meskipun di rumah dapat mengamati perkembangan belajar anak dan melihat kedisiplinan serta tanggungjawab anak dalam menyelesaikan tugas.
  • Menjalin komunikasi yang lebih kuat antara peserta didik dan oran tua

Guru sebaiknya memberikan tugas terstruktur ini secara rutin setiap akhir pembelajaran akan tetapi tetap memperhatikan kemampuan peserta didik dan tidak terlalu banyak.

Hal ini dilakukan agar dengan pemberian tugas terstruktur maka waktu belajar siswa di rumah akan selalu konsisten. Tugas terstruktur akan mampu meningkatkan belajar anak setiap harinya di rumah.

2. Tugas Mandiri Tidak Terstruktur

Tugas mandiri tidak terstruktur adalah tugas yang diberikan guru kepada peserta didik dalam bentuk pendalaman materi untuk mencapai kompetensi dasar tertentu.

Tugas mandiri tidak terstruktur ini memiliki perbedaan dengan tugas terstruktur yaitu terletak pada batas waktu pengumpulan tugasnya.

Waktu untuk menyelesaikan tugas mandiri tidak terstruktur tidak dibatasi atau lebih lama dibandingkan waktu penyelesaian tugas mandiri terstruktur, misalnya dua minggu, satu bulan, dan bahkan satu semester.

Adapaun pemberian tugas tidak terstruktur ini lebih banyak pada tugas-tugas yang bersifat proyek dan dikerjakan secara kelompok

Pengumpulan tugas mandiri tidak terstruktur tidak harus dilakukan bersamaan, artinya peserta didik yang telah selesai mengerjakan tugas dapat mengumpulkan terlebih dahulu.

Pemberian tugas mandiri tidak terstruktur bermanfaat untuk membiasakan peserta didik bekerja dalam tim atau kelompok. Bentuk tugas ini juga akan memberikan kesempatan peserta didik untuk berkreasi dan meningkatkan rasa percaya diri.

Manfaat Tugas Tidak Terstruktur

  • Melatih peserta didik bekerja secara kelompok
  • Memberikan waktu untuk peserta didik dapat berkreasi
  • Menumbuhkan rasa percaya diri

Simpulan :

Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat simpulkan mengenai persamaan serta perbedaan antara tugas mandiri terstruktur dan tugas mandiri tidak terstruktur, sebagai berikut.

Persamaan Tugas Mandiri Terstruktur dan Tidak Terstruktur

1. Tugas berupa pendalaman materi pembelajaran yang dirancang guru

2. Bertujuan untuk mencapai kompetensi dasar tertentu

3. Bermanfaat untuk melatih disiplin dan tanggung jawab peserta didik

Perbedaan Tugas Mandiri Terstruktur dan Tidak Terstruktur

1. Waktu penyelesaian tugas mandiri terstruktur ditentukan oleh guru, sedangkan waktu penyelesaiaan tugas mandiri tidak terstruktur ditentukan oleh peserta didik sendiri,

2. Waktu pengerjaan tugas mandiri tidak terstruktur lebih lama dibandingkan waktu penyelesaian tugas mandiri tidak terstruktur, sehingga peserta didik yang telah selesai mengerjakan dapat mengumpulkan terlebih dahulu.

3. Bentuk tugas mandiri terstruktur adalah pemberian PR, kegiatan pengayaan, kegiatan remidial, dan kegiatan percepatan. Tugas mandiri tidak terstruktur lebih banyak bersifat proyek yang bisa dikerjakan secara individu maupun kelompok.

Demikian ulasan mengenai perbedaan tugas mandiri terstruktur dan tugas mandiri tidak terstruktur. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan