Sekolah Kejuruan : Manfaat, Tujuan, dan Pilihan Jurusannya

Sekolah Kejuruan : Manfaat, Tujuan, dan Pilihan Jurusannya

Gurubagi.com. Peserta didik yang memilih Sekolah Kejuruan atau SMK, tentunya sudah memiliki  tujuan jelas, minat dan fokus terhadap apa yang diinginkan  setelah lulus sekolah.

Sekolah Kejuruan merupakan suatu bentuk pengembangan bakat pendidikan yang memiliki dasar keterampilan yang mengarah pada dunia kerja yang dipandang sebagai latihan keterampilan.

Pendidikan Sekolah Kejuruan adalah suatu program pendidikan yang menyiapkan individu peserta didik menjadi tenaga kerja profesional dan siap untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Manfaat Sekolah Kejuruan

Manfaat sekolah kejuruan secara umum yang perlu diketahui sebagai bahan pertimbangan untuk orang tua  saat menyekolahkan anak-anak nya adalah sebagai berikut.

1. Peserta didik dapat langsung bekerja, karena mereka sudah memiliki keahlian yang di asah, berbeda dengan sekolah umum biasa.

2. Praktek lebih banyak dibanding teori, karena diperuntukkan untuk bekerja setelah tamat, maka praktek lebih dominan dibanding teori.

3. Lulusan dari institusi ini dapat mengisi peluang kerja pada dunia usaha/industri, karena terkait dengan satu sertifikasi yang dimiliki oleh lulusannya melalui Uji Kemampuan Kompetensi.

4. Lulusan pendidikan menengah kejuruan dapat melanjutkan kejenjang pendidikan yang lebih tinggi, sepanjang lulusan tersebut memenuhi persyaratan, baik nilai maupun program studi atau jurusan sesuai dengan syarat kriteria perusahan.

5. Peserta didik yang memilih sekolah kejuruan akan lebih banyak terjun ke lapangan untuk mempraktekkan teoridari kelas.

6. Bakatnya bisa diuji, peserta didik yang senang memasak bisa menguji sekaligus mengasah kemampuannya dengan bersekolah kejuruan tata boga, begitupula yang senang dengan dunia mesin, dan jurusan lainnya.

7. Peserta didik  lebih fokus, daripada sekolah umum biasa yang diberikan banyak cabang-cabang ilmu, di sekolah kejuruan para peserta didik akan lebih fokus pada satu bidang ilmu yang berkaitan.

Keberadaan sekolah kejuruan juga dapat dirasakan manfaatnya secara langsung oleh peserta didik, dunia kerja, dan masyarakat, sebagai berikut.

  • Untuk meningkatan kualitas diri peserta didik, peningkatan peluang mendapatkan pekerjaan, peningkatan peluang berwirausaha, peningkatan penghasilan, penyiapan bekal pendidikan lebih lanjut. dan penyesuaian diri terhadap perubahan dan lingkungan.
  • Dunia kerja, memperoleh tenaga kerja berkualitas tinggi, meringankan biaya usaha, membantu memajukan dan mengembangkan usaha.
  • Masyarakat secara keseluruhan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan produktivitas nasional, meningkatkan penghasilan negara, mengurangi pengangguran.

Tujuan Sekolah Kejuruan

Tujuan umum dari pendidikan kejuruan ini adalah sebagai berikut.

1. Menyiapkan peserta didik agar dapat menjalani kehidupan secara layak

2. Meningkatkan keimanan dan ketakwaan peserta didik

3. Menyiapkan peserta didik agar menjadi warga negara yang mandiri dan bertanggung jawab

4. Menyiapkan peserta didik agar memahami dan menghargai keanekaragaman budaya bangsa Indonesia

5. Menyiapkan peserta didik agar menerapkan dan memelihara hidup sehat, memiliki wawasan lingkungan, pengetahuan dan seni

Selain itu pendidikan kejuruan memiliki tujuan khusus berbeda dengan pendidikan menengah lainnya yaitu.

1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi yang sesuai dengan tuntutan dunia usaha maupun dunia industri baik nasional maupun global.

2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan vokasi pada program keahlian teknik yang memenuhi kompetensi dan sertifikasi sesuai dunia kerja.

3. Menghasilkan berbagai produk penelitian dan program inovatif dalam disiplin ilmu PTK (pendidikan teknlogi kejuruan) dan disiplin ilmu teknik yang berguna bagi peningkatan mutu sumber daya manusia dalam pembangunan nasional.

3. Menjadi pusat informasi dan diseminasi bidang pendidikan teknologi dan kejuruan serta bidang teknik.

4. Menghasilkan pendidik/pelatih di bidang teknologi kejuruan yang memiliki jiwa kewirausahaan (entrepreneurship).

Pilihan Jurusan Sekolah Kejuruan

Pilihan jurusang Sekolah Kejuruan semakin banyak, sesuai perkembangan minat dan bakat peserta didik. Oeserta didik sebaiknya memilih jurusan SMK dengan prospek kerja menjanjikan sesuai kemampuan berikut merupakan pilihan jurusan yang dapat dipilih.

Berikut ini beberapa pilihan jurusan sekolah kejuruan.

1. Jurusan Animasi dan Multimedia

Seiring dengan semakin berkembangnya dunia digital belakangan ini juga membuat jurusan-jurusan ini semakin banyak peminatnaya karena para lulusannya banyak perusahaan yang membutuhkan.

2. Farmasi

Ilmu dasar farmasi dapat semakin berkembangkan saat peserta didik melanjutkan ke tingkat perguruan tinggi.

3. Akuntansi

Di banyak sekolah kejuruan, akuntansi memegang grade tertinggi sebab mengharuskan memiliki kemampuan yang profesional di bidang hitung menghitung.

4. Pelayaran

Seorang taruna SMK Pelayaran pasti akan memiliki prospek kerja menjanjikan jika mampu bergabung dengan divisi pelayaran.

5. Pariwisata

Semakin berkembangnya sektor pariwisata belakangan ini juga membuat para lulusan pariwisata akan semakin banyak peluang kerja.

6. Tata Boga

Jurusan ini bisa membantu peserta didik yang  memiliki keahlian masak yang berguna untukmu sendiri bahkan untuk dunia bisnis kuliner.

7. Tata Busana

Tata Busana memiliki prospek kerja menarik sebab peserta didik bisa langsung bekerja di perusahaan konveks, biisa menjadi seorang fashion designer, sehingga para lulusan tata busana akan selalu memiliki prospek kerja yang terbuka lebar.

8. Teknik Otomotif

Jurusan Otomotif memiliki prospek kerja menjanjikan, Karena di Indonesia ada banyak perusahaan otomotif yang mendirikan pabrik.

9. Administrasi Perkantoran

 Perkantoran bisa memberikan peluang bekerja di instansi pemerintah atau perusahaan besar.

10. Pemasaran

Jurusan pemasaran ini dapat  menciptakan strategi pemasaran produk atau jasa yang  di pasarkan.

Demikian  jurusan Pendidikan kejuruan  dengan prospek kerja menjanjikan tersebut dapat di jadikan pilihan peserta didik untuk menentukan masa depan. Tentunya pilihlah jurusan yang sesuai dengan hobi atau  minat  agar menjalani profesi pilihan lebih baik kelak.

Tinggalkan Balasan