Format Laporan Best Practice (Praktik Baik) untuk PAK Guru

Format Laporan Best Practice (Praktik Baik) untuk PAK Guru

Format Laporan Publikasi Ilmiah Best Practice (Praktik Baik) untuk PAK Guru 

Gurubagi.com. Berikut ini kami bagikan Format Laporan Best Practice (Praktik Baik) untuk Penilaian Angka Kredit (PAK) Guru.

Best Practice merupakan salah bentuk publikasi ilmiah yang diperlukan guru untuk menunjang Penilaian Angka Kredit (PAK. Publikasi ilmiah menjadi komponen Penilaian Angka Kredit pada unsur Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (Unsur Utama).

Pengertian Best Practice Guru

Best Practice (disebut juga praktik baik) adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan pengalaman terbaik tentang keberhasilan seseorang dalam melaksanakan tugas profesinya.

Guru, kepala sekolah, dan  pengawas sekolah tentu memiliki banyak pengalaman yang berhasil mengatasi berbagai permasalahan pendidikan dalam  menjalankan tugasnya.

Pengalaman tersebut perlu dituangkan dalam sebuah tulisan yang dapat menginspirasi untuk meningkatkan mutu pendidikan. Tulisan ini kemudian disusun menjadi sebuah laporan best practice dengan format yang telah ditentukan.

Baca : Bentuk Karya Inovatif Guru, Kategori, dan Format Laporannya untuk PAK

Best practice juga merupakan salah satu bentuk publikasi ilmiah yang dapat dilakukan oleh guru. Praktik baik ini biasanya dimiliki guru saat melaksanakan kegiatan pembelajaran di sekolah.

Praktik baik tersebut didasarkan pada penguasaan substansi materi dan pedagogik yang teraplikasi di dalam kegiatan pembelajaran di kelas serta menghasilkan pembelajaran bermakna bagi peserta didik.

Selain itu juga berdasarkan penguasaan guru terhadap karakteristik peserta didik, sehingga guru dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada setiap individu sesuai gaya belajarnya.

Untuk itulah, maka guru perlu melakukan pencatatan proses mengajarnya, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil dari pencatatan ini dapat digunakan sebagai bahan refleksi guru untuk perbaikan pembelajaran secara ters-menerus.

Kegiatan yang dilakukan guru tersebut dapat menghasilkan praktik baik dalam pembelajaran dan lebih lanjut dapat sebagai rujukan dalam mengembangkan kemampuan mengajar guru-guru lainnya.

Karakteristik Best Practice

Suatu pengalaman guru dapat dikategorikan sebagai best practice karena memiliki karakteristik sebagai berikut.

  1. Mampu mengembangkan cara baru dan inovatif dalam mengatasi suatu masalah pendidikan, khususnya pembelajaran.
  2. Mampu memberikan sebuah perubahan atau perbedaan, sehingga sering dikatakan hasilnya luar biasa (outstanding result).
  3. Mampu mengatasi persoalan tertentu secara berkelanjutan atau dampak dan manfaatnya berkelanjutan (tidak sesaat).
  4. Mampu menjadi moden dan memberi inspirasi dalam membuat kebijakan.
  5. Cara atau metode yang digunakan bersifat ekonomis dan efisien.

Format Laporan Best Practice

Best Practice adalah “Praktik Terbaik” dari keberhasilan seseorang guru atau kelompok guru dalam melaksanakan tugas, termasuk dalam mengatasi berbagai masalah di sekolahnya.

Besaran angka kredit tinjauan Ilmiah/best practice dalam bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan pendidikan, adalah sebagaimana tabel berikut.

Apabila guru memiliki pengalaman terbaik saat melaksanakan tugas, dapat menyusun bukti fisik kegiatan tersebut dalam bentuk laporan.

Berikut adalah format Laporan Publikasi Ilmiah Best Practice (Praktik Baik) Guru.

1. Bagian Awal

Terdiri dari halaman judul; lembaran persetujuan; kata pengantar; daftar isi, daftar label, daftar gambar, dan Lampiran; serta abstraksi atau ringkasan.

2. Bagian Isi

Bagian isi pada umumnya terdiri dari beberapa bab, sebagai berikut.

a. Bab Pendahuluan

Pendahuluan menjelaskan tentang Latar Belakang Masalah, Perumusan Masalah, Tujuan, dan Manfaat.

b. Bab Kajian Pustaka

Kajian Pustaka berisi teori-teori atau konsep-konsep yang digunakan untuk menganalisis hasil peningkatan mutu pendidikan dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan.

Kajian pustaka dapat berupa laporan best practice terdahulu yang relevan dengan tema best practice yang sedang dilakukan, baik dalam artikel maupun jurnal ilmiah.

c. Bab Pembahasan Masalah

Pembahasan masalah harus didukung data berasal dari satuan pendidikannya. Cara pemecahan masalah yang menguraikan langkah-langkah atau cara-cara dalam memecahkan masalah, termasuk hambatan hambatan yang harus diatasi yang dituangkan secara rinci.

Hal yang sangat perlu disajikan, pada bab ini, adalah keaslian, kejelasan ide/gagasan, dan kecemerlangan ide terkait dengan upaya pemecahan masalah di sekolahnya. Uraian ini merupakan inti tulisan Best Practice.

Langkah-langkah dalam pembahasan, antara lain sebagai berikut.

  • Jelaskan cara peningkatan mutu pendidikan terkait dengan pengalaman terbaik sebagai guru, termasuk juga hambatan-hambatan yang harus diatasi.
  • Jelaskan evaluasi diri tentang cara dan strategi yang telah dilaksanakan.
  • Tuliskan kesenjangan antara teori atau regulasi dengan pelaksanaan atau hasil pembelajaran, sehingga akan muncul ide dan motivasi untuk mengatasi kesenjangan tersebut.
  • Lakukan evaluasi terhadap output dan outcome (dampak).
  • Tuliskan kualitas pelaksanaan dan hasil pembelajaran yang dilakukan.
3. Bab Penutup

Penutup terdiri atas Simpulan dan Saran. Simpulan berisi tentang hal-hal yang dapat disarikan dari pengalaman terbaik guru.

Sedangkan saran atau rekomendasi dapat ditujukan kepada pihak-pihak terkait dengan peningkatan mutu pendidikan.

4. Bagian Penunjang

Bagian penunjang memuat daftar pustaka dan Lampiran data yang digunakan dalam melakukan tinjauan atau gagasan ilmiah.

Lampiran dapat berupa :

  • daftar hadir;
  • foto kegiatan;
  • contoh instrumen yang telah diisi;
  • media atau alat yang digunakan;
  • hasil best practice (hasil kerja, bukti yang menggambarkan perubahan setelah melaksanakan best practice); dan
  • seminar hasil penulisan best practice (dilampirkan bukti pelaksanaan).

Demikian format laporan best practice (praktik baik) untuk PAK guru. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan