Media Poster Dalam Pembelajaran Kimia Materi Struktur Atom 

Media Poster Dalam Pembelajaran Materi Struktur Atom

Media Poster Dalam Pembelajaran Kimia Materi Struktur Atom

Gurubagi.com. Poster merupakan salah satu media pembelajaran sebagai kombinasi visual dari desain yang kuat dengan variasi warna-warna dan pesan.

Media poster ini digunakan untuk mangundang perhatian orang yang melihatnya, serta menanamkan ide yang berarti di dalam ingatannya.

Di dalam proses pembelajaran, media poster berfungsi sebagai alat untuk menjelaskan, memahami dan mengekspresikan konsep, gagasan, maupun pesan-pesan yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan.

Baca :

Materi pelajaran Kimia termasuk ilmu yang konkrit dan abstrak, sehingga  diperlukan  kreativitas guru dalam menyajikan materi tersebut, agar peserta didik mudah untuk memahaminya.

Guru sebagai fasilitator harus mampu merancang media  pembelajaran  yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan.

Media poster dapat dipilih sebagai salah satu solusi guru untuk membantu menyajikan materi kimia yang bersifat konkrit dan abstrak tersebut.

Salah satu materi kimia yang dapat dijelaskan dengan menggunakan media poster ini, yaitu struktur atom.

Beberapa kendala yang sering guru jumpai dalam menjelaskan materi Struktur atom adalah peserta didik sering mengalami kesulitan dalam memahami berbagai jenis teori atom, menentukan notasi unsur, dan menentukan konfigurasi elektron.

Media Poster Struktur Atom

Berikut ini adalah beberapa contoh media poster sebagai alternatif guru dalam membantu menjelaskan materi struktur atom.

1. Perkembangan Model  Atom

Sesuai poster tersebut, guru dapat menjelaskan secara ringkas mengenai perkembangan sejarah model atom dan penemu modelnya.

2. Partikel Penyusun Atom

Guru dapat menampilkan dengan jelas posisi atom yang terbentuk dari 3 jenis partikel penyusun.

Penemu inti atom adalah Ernest Rutherford bersama dua siswanya, yaitu  Hans Geiger dan Ernest Marsden dengan nama Eksperimen Penghamburan Sinar Alpha.

Inti atom tersusun atas elektron (partikel bermuatan negatif (-), proton (partikel bermuatan positif (+) dan neutron (partikel tidak bermuatan).

3. Nomor Atom dan Nomor Massa

Atom terdiri atas proton, neutron, dan elektron. Guru dapat menjelaskan hubungan ketiganya menggunakan media poster seperti terlihat pada gambar.

Nomor Atom (Z)

Nomor atom (Z) merupakan jumlah proton (muatan positif) atau jumah elektron dalam atom. Oleh karena atom bersifat netral, maka jumlah proton = jumlah elektronnya,.

Dengan demikian, nomor atom juga menunjukkan jumlah elektronnya dan nantinya merupakan hal yang menentukan sifat suatu unsur.

Nomor Massa (A)

Nomor massa menyatakan banyaknya proton dan neutron yang menyusun inti atom suatu unsur.

Lambang Unsur (X)

Lambang unsur (X) merupakan susunan suatu unsur netral. Contohnya oksigen, lambang unsurnya adalah O.

4. Isotop, Isobar, dan Isoton

Isotop

Pengertian isotop adalah unsur-unsur sejenis yang memiliki nomor atom sama, tetapi memiliki massa atom berbeda atau unsur-unsur sejenis yang memiliki jumlah proton sama, tetapi jumlah neutron berbeda.

Isobar

Isobar adalah atom dari unsur yang berbeda (mempunyai nomor atom berbeda), tetapi mempunyai nomor massa yang sama.

Isoton

Isoton adalah atom dari unsur yang berbeda (mempunyai nomor atom berbeda), tetapi mempunyai jumlah neutron sama.

5. Konfigurasi elektron

Konfigurasi elektron merupakan susunan elektron suatu atom berdasarkan kulit-kulit atom tersebut. Setiap kulit atom dapat terisi elektron maksimum dengan rumus sebagai berikut :

K, L, M, N

Prinsip Aufbau

Demikian sekilas penjelasan mengenai penggunaan media poster dalam pembelajaran Kimia materi struktur atom. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan