Pedoman Olimpiade Sains Nasional OSN SMA MA Tahun 2024

Pedoman Olimpiade Sains Nasional OSN SMA MA Tahun 2024

Pedoman Olimpiade Sains Nasional OSN SMA MA Tahun 2024

Gurubagi.com. Pedoman Olimpiade Sains Nasional OSN Jenjang SMA MA Tahun 2024 telah diterbitkan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional, Kemendikbudristek.

Pedoman OSN SMA MA 2024 ini merupakan norma, prosedur, dan kriteria OSN yang dapat menjadi pegangan peserta didik untuk mengikuti OSN dengan baik.

Pedoman OSN SMA MA Tahun 2024 ini juga merupakan acuan bagi sekolah, Dinas Pendidikan serta pemangku lainnya untuk ikut serta memastikan para siswa dapat dibimbing dan diantarkan untuk meraih prestasi tinggi di bidang sains.

Latar Belakang

Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan nilai integritas tinggi merupakan salah

Tujuan

Tujuan umum penyelenggaraan OSN:

1. Mendapatkan dan mengembangkan peserta didik bertalenta dan berkarakter dengan prestasi internasional, sehingga mampu berkontribusi sebagai perintis pembangunan melalui ilmu pengetahuan dan teknologi, untuk mewujudkan bangsa yang unggul.

2. Mendorong pemerataan prestasi untuk memaksimalkan penemuan peserta didik bertalenta dan berkarakter dari seluruh pelosok Negara Kesatuan Republik

3, Membangun atmosfer berkompetisi dan berprestasi yang

4. Menguatkan kelembagaan dalam rangka menuju Manajemen Talenta Nasional (MTN) yang

Tujuan Khusus penyelenggaraan OSN:

1. Menyelenggarakan seleksi peserta didik secara berjenjang dimulai dari tingkat sekolah, tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi, dan tingkat nasional yang mempunyai kompetensi/kemampuan dalam cabang lomba Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi.

2. Mendapatkan calon peserta untuk mewakili Indonesia pada kompetisi sains tingkat

3. Membangun basis data nasional peserta didik yang bertalenta dalam bidang.

Hasil yang Diharapkan

1. Terselenggaranya seleksi peserta OSN cabang lomba Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi secara berjenjang dimulai dari tingkat sekolah (OSN-S), kabupaten/kota (OSN-K), tingkat provinsi (OSN-P), sampai ke tingkat nasional (OSN).

2. Terpilihnya calon peserta Olimpiade Sains Nasional, dimulai dari hasil seleksi tingkat sekolah, tingkat kabupaten/kota, dan tingkat Terseleksinya siswa ditingkat provinsi sebagai pemenang selanjutnya diikutsertakan ke tingkat nasional.

3. Terpilihnya peserta didik terbaik dari OSN, selanjutnya dipersiapkan untuk mengikuti olimpiade sains tingkat

4. Terciptanya basis data talenta nasional dalam bidang

Logo, Tema dan

OSN 2024 ini mengusung tema “Berprestasi dan berintegritas”  dengan tagar #berpresyasidanberintegrasi #MERDEKA BERPRESTASI Talenta Sains Menginspirasi.

Bidang dan Cabang Lomba

Ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) masuk dalam kelompok bidang Riset dan Inovasi. Cabang lomba dalam OSN adalah:

1. Matematika

2. Fisika

3. Kimia

4, Informatika/Komputer

5, Biologi

6, Astronomi

7. Ekonomi

8. Kebumian

9. Geografi

Penghargaan

Penghargaan diberikan kepada peserta didik yang berhasil mencapai prestasi terbaik pada tingkatan masing-masing, mulai dari satuan pendidikan, kabupaten/kota, provinsi, dan nasional. Penghargaan pada tahap OSN-S menjadi ranah kebijakan satuan pendidikan, OSN-K dan OSN- P menjadi ranah kebijakan cabang dinas atau dinas pendidikan provinsi daerah masing-masing. Penghargaan pada tingkat nasional diberikan oleh BPTI dalam bentuk sertifikat, medali, dan uang pembinaan

Jadwal Pelaksanaan

Pelaksanaan Olimpiade Sains dilakukan melalui seleksi secara bertingkat dengan penjadwalan sebagai berikut:

*) Jika ada perubahan jadwal akan diberitahukan kemudian.

*) Khusus untuk daerah pemekaran Papua tempat dan penanggung jawab penyelenggaraan OSN-K dan OSN-P dapat menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah daerah setempat.

*) Khusus SILN tempat dan penanggung jawab penyelenggaraan OSN-K dan OSN-P dapat menyesuaikan dengan kebijakan Atase Pendidikan dan Kebudayaan setempat.

Pembiayaan

1. Olimpiade Sains Nasional tingkat Sekolah (OSN-S)

Sumber dana: Anggaran Sekolah /BOS, Komite Sekolah, sponsor, dan dana lain yang tidak mengikat.

2. Olimpiade Sains Nasional tingkat Kab/Kota (OSN-K)

Sumber dana: Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), Anggaran Sekolah, Komite Sekolah, sponsor, dan/atau dana lain yang tidak mengikat.

3. Olimpiade Sains Nasional tingkat Provinsi (OSN-P)

Sumber dana: Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), Anggaran Sekolah, Komite Sekolah, sponsor, dan/atau dana lain yang tidak mengikat.

4, Olimpiade Sains Nasional (OSN)

Sumber dana: DIPA Balai Pengembangan Talenta Indonesia. (Biaya transportasi, akomodasi, dan konsumsi pada kegiatan di tingkat nasional ditanggung oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia sesuai dengan peraturan yang berlaku), sponsor, dan/atau dana lain yang tidak mengikat.

Baca : Edaran Pemberitahuan OSN-K dan OSN-P Tahun 2024 Jenjang SD/SMP

Berikut Pedoman Olimpiade Sains SMA MA Tahun 2024 selengkapnya dapat di unduh pada tautan di bawah ini.

 

Unduh

Demikian Pedoman Olimpiade Sains Nasional OSN SMA MA Tahun 2024. Semoga bermanfaat

You May Also Like

Tinggalkan Balasan