Power Point PPT  Materi Bahasa Indonesia SMP MTs Kelas 8 Kurikulum Merdeka

Power Point PPT  Materi Bahasa Indonesia SMP MTs Kelas 8 Kurikulum Merdeka

Power Point PPT  Materi Bahasa Indonesia SMP MTs Kelas 8 Kurikulum Merdeka

Gurubagi.com. Berikut ini dibagikan Power Point (PPT) Materi Pelajaran Bahasa Indonesia SMP MTs Kelas 8 Kurikulum Merdeka. PPT menjadi salah satu media ajar variatif pada Kurikulum Merdeka untuk menyampaikan materi.

Banyak faktor penunjang keberasilan suatu pembelajaran, dan itu harus diperhatikan oleh guru pada saat mengajar. Salah satu pembelajaran yang dapat menarik peserta didik yaitu dengan menggunakan PPT (Power Point).

Media PPT dapat memberikan informasi secara audiovisual, sehingga mampu menarik perhatian peserta didik.

Materi PPT SMP MTs ini dapat berfungsi sebagai media ajar guru dalam mengajarkan materi bahasa Indonesia SMP/MTs, agar tujuan pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka dapat dicapai secara lebih efektif.

Guru dapat mengembangkan sendiri PPT Materi Bahasa Indonesia SMP MTs ini sesuai dengan kebutuhan dalam pembelajaran dan bagi peserta didik dapat menjadi referensi belajar, sehingga membantu peserta didik dalam memahami materi Seni Budaya yang diajarkan guru di sekolah

Power Point Materi Bahasa Indonesia SMP Mts yang dibagikan ini berisi ringkasan materi esensial SMP/MTs  pada semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka.

Kurikulum Merdeka dikembangkan sebagai kerangka kurikulum yang lebih fleksibel, sekaligus berfokus pada materi esensial dan pengembangan karakter dan kompetensi peserta didik.

Karakteristik utama dari kurikulum ini yang mendukung pemulihan pembelajaran adalah:

(1) Pembelajaran berbasis projek untuk pengembangan soft skills dan karakter sesuai Profil Pelajar Pancasila;

(2) Fokus pada materi esensial sehingga ada waktu cukup untuk pembelajaran yang mendalam bagi kompetensi dasar seperti literasi dan numerasi; dan

(3) Fleksibilitas bagi guru untuk melakukan pembelajaran yang terdiferensiasi sesuai dengan kemampuan peserta didik dan melakukan penyesuaian dengan konteks dan muatan lokal.

Pembelajaran yang efektif di dalam Kurikulum Merdeka tidak hanya terfokus pada hasil belajar yang dicapai peserta didik, akan tetapi bagaimana proses pembelajaran tersebut mampu memberikan pemahaman dan perubahan perilaku pada peserta didik.

Faktor-faktor penunjang keberhasilan pembelajaran hendaknya diperhatikan guru agar tercapai pembelajaran efektif tersebut. Salah satu faktornya adalah bentuk materi pelajaran yang akan disampaikan kepada peserta didik, Penyampaian materi harus mampu menarik perhatian peserta didik, sehingga menghilangkan rasa bosan mereka dalam menerima materi pelajaran.

PPT (Power Point) dapat menjadi media untuk menyampaikan materi pembelajaran secara lebih variatif dalam Kurikulum Merdeka. Media PPT dapat memberikan informasi secara audiovisual, sehingga mampu menarik perhatian peserta didik.

Peserta didik dapat menyerap informasi secara lebih baik dengan melihat, mendengar, dan merespon melalui PPT. Peserta didik lebih mudah mengingat masing-masing pesan informasi yang disajikan secara visual dan tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang bahan ajar yang sedang disajikan.

PPT Materi Pelajaran Bahasa Indonesia SMP MTs Kurikulum Merdeka

Power Point PPT  Materi Bahasa Indonesia SMP MTs Kelas 8 Kurikulum Merdeka

Di dalam Kurikulum Merdeka, guru memiliki keleluasaan untuk membuat sendiri, memilih, dan memodifikasi modul ajar yang tersedia sesuai dengan konteks, karakteristik, serta kebutuhan peserta didik. Pemerintah menyediakan contoh-contoh modul ajar yang dapat dijadikan inspirasi untuk satuan pendidikan.

Satuan pendidikan dan pendidik dapat mengembangkan modul ajar sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik, memodifikasi, dan/atau menggunakan modul ajar yang disediakan Pemerintah sesuai dengan karakteristik daerah, satuan pendidik, dan peserta didik.

Di dalam perencanaan pembelajaran, guru memiliki keleluasaan untuk membuat sendiri, memilih, dan memodifikasi modul ajar dan media ajar yang tersedia sesuai dengan konteks, karakteristik, serta kebutuhan peserta didik. Sa;ah satu media ajar tersebut adalah Power Point (PPT).

PPT berfungsi untuk menampilkan poin, materi presentasi lebih ringkas, dan dikemas dalam template yang lebih menarik. Poin yang ditulis bisa didesain lebih menarik dan tidak membosankan. Menariknya, PPT salah satu media yang membuat peserta tidak merasakan bosan, mengantuk, karena proses penulisan dapat menambahkan efek suara, video dan animasi lainnya.

Penyajian Power Point dengan aplikasi gambar, animasi, sound, dan video akan membuat proses belajar tidak menjenuhkan dan lebih memotivasi siswa dalam belajar.

Power Point SMP MTs kela 8 Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka yang dibagikan ini dapat menjadi alternatif media ajar Bahasa Indonesia jenjang SMP/MTs.

Baca : Power Point PPT  Materi SD MI Kurikulum Merdeka

PPT Materi Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP/MTs Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka selengkapnya dapat di unduh pada tautan di bawah ini.

  • Power Point Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP/MTs : Menyingkap Berita di Balik Peristiwa – Unduh
  • Power Point Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP/MTs : Mengenal Iklan, Slogan dan Poster – Unduh
  • Power Point Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP/MTs : Berargumentasi Lewat Teks Eksposisi – Unduh
  • Power Point Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP/MTs : Mengekspresikan Perasaan Melalui Puisi – Unduh
  • Power Point Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP/MTs : Memotret Fenomena Alam Melalui Teks Eksplanasi – Unduh
  • Power Point Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP/MTs : Mengapresiasi Karya Orang Lain Melalui Teks Ulasan – Unduh
  • Power Point Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP/MTs : Mengenal Lebih Dekat Dengan Teks Ekxplorasi – Unduh
  • Power Point Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP/MTs : Berkreasi Melalui Pementasan Drama – Unduh
  • Power Point Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP/MTs : Mengeksploasi Jendela Dunia – Unduh

Demikian Power Point materi Bahasa Indonesia SMP  Kel;las 8 Kurikulum Merdeka. Semoga bermanfaat

You May Also Like

Tinggalkan Balasan