Lomba Membuat Aplikasi Mobile Education MAME BPMPK Tahun 2021
Gurubagi.com. Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan (BPMPK) memiliki tugas “Melaksanakan pengembangan model multimedia untuk Pendidikan dan Kebudayaan”.
Salah satu strategi publikasi yang ditempuh oleh BPMPK adalah dengan melaksanakan pembuatan bahan ajar berbasis komunitas yang kita sebut dengan Membuat Aplikasi Mobile Edukasi atau disingkat dengan MAME.
Konsep utama MAME 2021 ini adalah “mendapatkan konten bahan ajar mobile edukasi yang dikembangkan oleh komunitas”.
Lomba MAME 2021 merupakan perubahan nama dari Lomba Aplikasi Mobile Kihajar. MAME memilih karya Aplikasi Mobile Edukasi yang layak untuk pendidikan di Indonesia.
Karya ini merupakan aplikasi yang berjalan di perangkat smartphone atau tablet serta mengandung unsur pendidikan.
Harapannya adalah melalui kegiatan Lomba MAME 2021 ini BPMPK beserta konten bahan ajarnya dapat terasa secara langsung manfaatnya oleh seluruh masyarakat pendidikan di Indonesia.
Sasaran
- Sasaran dalam kegiatan ini adalah pelajar yang sedang mempelajari proses pengembangan aplikasi mobile untuk pendidikan.
- Berikutnya yang menjadi sasaran adalah guru yang menjadi ujung tombak dalam pengembangan dan pemanfaatan aplikasi mobile untuk pendidikan.
- Selain itu juga khalayak umum yang tertarik dengan pengembangan aplikasi mobile untuk pendidikan.
Target dari Lomba MAME 2021 adalah 100 konten sesuai dengan kriteria dan ketentuan yang ditetapkan sebagai bahan ajar guna memperkaya konten-konten mobile edukasi di http://m-edukasi.kemdikbud.go.id.
Tujuan
- Memotivasi masyarakat untuk mengembangkan bahan belajar interaktif melalui perangkat mobile/handphone.
- Memotivasi pelajar, guru dan masyarakat akan pentingnya bahan ajar/media pembelajaran berbasis mobile sebagai salah satu media pembelajaran alternatif.
- Membentuk budaya pembelajaran yang inovatif dan kreatif bagi seluruh siswa sekolah melalui bahan ajar/media pembelajaran berbasis TIK, khususnya mobile edukasi.
- Membentuk komunitas untuk mengembangkan konten yang memperkaya konten pendidikan di internet.
Tahapan Pelaksanaan
Program mobile edukasi merupakan salah satu model pengebangan pembelajaran multimedia oleh BPMPK. Keunikan dari model ini adalah dapat menggunakan alat (device) smartphone, sebagai alat komunikasi masyarakat.
Untuk mempopulerkan program mobile edukasi BPMPK, maka BPMPK mengajak masyarakat khususnya pelajar, guru dan masyarakat umum senantiasa berperan serta mengembangkan bahan ajar multimedia berbasis mobile edukasi, dalam bentuk kegiatan Membuat Aplikasi Mobile Edukasi yang disebut MAME 2021 dengan 4 kategori, yakni:
- Pelajar bertema Sosial Budaya
- Guru bertema Mata Pelajaran
- Umum bertema Virtual, dan
- Umum bertema Game Edukasi.
Pelaksanaan kegiatan MAME 2021 ini terbagi dalam 4 tahapan, yaitu Sosialisasi/Publikasi, Pendaftaran dan Pengumpulan Karya, Seleksi Karya Kontributor, dan Seleksi Karya Terbaik.
Waktu dan Tempat Pendaftaran
Pendaftaran dan pengumpulan karya pada tanggal 1 April 2021 sampai dengan 31 Juli 2021 secara online.
Rincian Kegiatan
Setelah muai kegiatan sosialisasi, maka beranjut dengan penentuan waktu pendaftaran dan pengumpulan hasil karya bagi peserta. Waktu pengiriman hasil karya MAME 2021 bagi peserta selama 4 bulan.
Pendaftaran dan pengumpulan karya bertujuan untuk menjaring karya peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Pendaftaran secara online, peserta wajib mendaftar secara resmi dan mengumpulkan karya dengan cara mengunggah (upload) karya di website resmi di http://m-edukasi.kemdikbud.go.id/mame.
Langkah Pendaftaran
- Kunjungi website resmi MAME kemudian mendaftar menjadi peserta
- Akun user peserta adalah alamat email yang terdaftar
- Peserta mendapatkan konfirmasi email yang terdaftar
- Peserta wajib :
- Melengkapi biodata
- Mengunggah identitas bukti diri (kartu identitas dan foto diri)
- Melakukan unggah karya beserta surat pernyataan orisinalitas karya
- Mengunggah video demo karya dengan durasi 30-60 detik
- Upload ikon ( 512 x 512 px) dan 3 screenshot karya (ukuran sesuai smartphone)
- Peserta memberikan deskripsi atau sinopsis mengenai karya
- Pembaharuan biodata, karya lomba, video demo, ikon dan deskripsi sampai batas akhir waktu pendaftaran.
Persyaratan Peserta
- Warga Negara Indonesia (WNI)
- Peserta wajib aktif mengikuti berita/informasi dari panitia MAME melalui website, email, dan media sosial resmi MAME .
- Kegiatan terbagi menjadi empat kategori yaitu :
- Kategori Pelajar :
- SD, SMP, SMA/SMK atau sederajat dan saat Seleksi Karya Terbaik masih berstatus pelajar dengan menunjukkan bukti yang sah.
- Wajib melampirkan/mengunggah surat izin dari kepala sekolah untuk mengikuti MAME.
- Apabila lolos ke Seleksi Karya Terbaik, peserta masih berstatus pelajar dan wajib membawa surat tugas dari kepala sekolah
- Panitia memberi fasilitas satu guru pendamping setiap peserta untuk menghadiri acara Seleksi Karya Terbaik
- Guru pendamping wajib membawa surat tugas dari kepala sekolah peserta.
- Panitia akan menanggung transportasi dan akomodasi (konsumsi dan penginapan) guru pendamping.
- Kategori Guru :
- Guru segala jenjang (SD, SMP, SMA/SMK atau sederajat)
- Pamong belajar, tutor keaksaraan, pendidik PAUD
- Wajib melampirkan/mengunggah surat izin yang mencantumkan mata pelajaran, dari atasan langsung untuk mengikuti MAME.
- Jika lolos ke Seleksi Karya Terbaik, peserta masih berstatus guru, pamong belajar, tutor keaksaraan atau pendidik PAUD, dengan menunjukkan surat tugas dari kepala sekolah/atasan langsung.
- Kategori Umum Virtual: masyarakat umum
- Kategori Umum Game Edukasi: masyarakat umum
- Kategori Pelajar :
Persyaratan Karya
- Satu karya yang diunggah dalam format APK (Android) dan HTML5. Jika peserta hanya mengunggah satu format saja, maka panitia berhak mendiskualifikasi.
- Karya berupa konten mata pelajaran mencantumkan nama mapel, topik, jenjang, dan tujuan pembelajaran. Sedangkan karya untuk konten umum mencantumkan topik, tujuan, dan sasarannya (semisal Pendidikan Khusus, Pendidikan Masyarakat Budaya atau Bahasa).
- Karya adalah hasil ide dan kreasi original peserta (melampirkan surat pernyataan orisinalitas karya), isi karya menjadi tanggung jawab peserta.
- Karya berupa aplikasi mobile yang bisa dimanfaatkan melalui website m-edukasi.kemdikbud.go.id
- Aplikasi mobile tersebut adalah aplikasi yang berjalan pada perangkat smartphone atau tablet.
- Aplikasi yang terkoneksi dengan server atau internet harus dapat berjalan tanpa koneksi internet, juga harus menyertakan dokumentasi dan panduan instalasi.
- Konten karya adalah kreasi original tanpa mengambil dari pihak ketiga.
- Karya peserta tidak boleh lebih dari 200 MB.
Karya belum pernah dipublikasikan.
- Di dalam karya tidak mengandung unsur komersial
- Karya belum pernah menjadi juara di lomba yang lain.
- Karya wajib mencantumkan splash screen dengan logo standar yang telah tersedia (dapat diunduh di website resmi lomba), tetapi boleh memodifikasi animasi dan musik dengan durasi maksimal 5 detik.
- Tema karya tidak boleh sama dengan karya yang sudah publish di m-edukasi.kemdikbud.go.id. (gunakan fitur pencarian pada portal m-edukasi.kemdikbud.go.id untuk menghindari kesamaan pemilihan tema). Contoh, hindari tema-tema berikut ini: Alfabet, Tata Surya, Aksara Jawa, Operasi Hitung Sederhana, Pengenalan huruf abjad/hijaiyah, Bangun Ruang dan Menangkal HOAX. Tema yang sama tidak akan diikutsertakan dalam proses seleksi.
- Pada aplikasi, peserta wajib mencantumkan kredit yang berisi info pengembang, dan sumber/referensi (apabila menggunakan aset dari pihak lain).
- Pelajar : Berisi tentang sosial budaya (Misalnya : Pelajar Pancasila, Kenakalan Remaja, Pendidikan Karakter, Budi Pekerti, Kesenian Indonesia, Kebudayaan Indonesia, Peninggalan Sejarah, dan lain-lain)
- Guru : Berisi tentang materi pembelajaran sesuai mata pelajaran yang diampu dengan mencantumkan tujuan pembelajaran (mata pelajaran yang diampu dicantumkan dalam surat izin).
- Umum Virtual : Umum Virtual dapat berupa Virtual Lab, Virtual Reality, atau Augmented Reality. Untuk karya Virtual Lab berisi simulasi praktikum di laboratorium sekolah, dengan menyertakan lembar kerja praktikum (judul, tujuan, dasar teori, hasil pengamatan, pernyataan, dan kesimpulan) dalam bentuk PDF.
- Umum Game Edukasi : Berisi tentang aplikasi permainan yang mengandung unsur pembelajaran, Membantu orang untuk mempelajari subjek tertentu, mengembangkan konsep, memperkuat pengembangan, memahami peristiwa atau budaya historis, atau membantu mempelajari keterampilan saat bermain. Mengandung prinsip-prinsip pembelajaran dan cenderung instruksional (ditunjukan adanya storyline) serta dapat memberikan pengalaman yang menarik dan menyenangkan.
Penyajian dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, kecuali mata pelajaran bahasa asing / daerah / muatan lokal.
- Peserta yang masuk Seleksi Karya Kontributor 25 peserta per kategori, menyertakan Source Code atau Resource guna keperluan sinkronisasi karya ke website resmi BPMPK untuk keperluan publikasi dan Seleksi Karya Terbaik.
- Satu karya hanya boleh di ikut sertakan pada satu kategori saja. Jika terdapat karya yang sama dan terdaftar pada lebih dari satu kategori, maka panitia berhak mendiskualifikasi.
Aspek Penilaian
- Tanpa kesalahan program / bebas bug
- Kemudahan pengoperasian.
- Kompleksitas fungsi dan fitur.
- Keunikan dan keselarasan penyajian materi.
- Kelengkapan komponen menu.
- Keunikan penyajian dan kelancaran tampilan Media.
- Keselarasan icon dengan fungsi.
- Kemenarikan tampilan secara menyeluruh.
- Cakupan materi
- Kesesuaian tujuan dengan isi materi
Hadiah Lomba
Total keseluruhan penghargaan untuk semua kategori dalam MAME 2021 kurang lebih adalah Rp. 358.000.000,-
Informasi selengkapnya mengenai Lomba Membuat Aplikasi Mobile Education MAME 2021 dapat Anda lihat pada https://m-edukasi.kemdikbud.go.id/mame.