5 Fakta Unik dan Menarik Bunga Mawar yang Perlu Anda Ketahui

5 Fakta Unik dan Menarik Bunga Mawar yang Perlu Anda Ketahui

5 Fakta Unik dan Menarik Bunga Mawar yang Perlu Anda Ketahui

Gurubagi.com. Bunga mawar termasuk bunga yang unik dan sudah populer dikalangan masyaraka banyak ini benar adanya, bahkan hampir semua orang menyukai bunga berduri ini.

Aroma harum dari bunga mawar begitu unik sehingga menjadi inspirasi banyak parfum untuk wanita. Tidak hanya itu, helai kelopaknya yang bertingkat indah, dan warna-warnanya yang cenderung berpigmen kuat, biasa digunakan banyak orang untuk menyatakan cinta.

Padahal mawar lebih dari sebuah perlambang kasih sayang. Terdapat banyak fakta menarik di balik bunga yang memiliiki duri ini.

Berikut ini 5 fakta menarik bunga mawar yang perlu Anda ketahui, dirangkum dari berbagai sumber.

Fakta menarik bunga mawar

1. Aromanya digunakan sebagai parfum

Fakta menarik pertama dari bunga mawar adalah sering digunakan sebagai parfum. Aroma khas mawar adalah aroma bunga populer yang dipakai di berbagai parfum.

Untuk menjadi parfum kelopak bungannya akan diekstrak hingga menghasilkan minyak. Setidaknya 2000 bunga mawar diperlukan untuk memproduksi satu gram minyak.

Sejak jaman dahulu pun,  parfum beraroma mawar sudah digemari masyarakat Yunani serta Romawi. Bunga ini akan dipetik saat malam hari dimana wanginya lebih semerbak dibanding saat pagi.

Baca : 6 Fakta Unik Bunga Anggrek yang  Menarik untuk Anda ketahui

2. Dapat dikonsumsi

Bunga mawar dapat dikonsumsi, karena memiliki manfaat tersendiri yaitu sebagai obat dan makanan.  Kelopaknya dapat dimakan serta biasanya air bunga mawar digunakan di China dan India sebagai tambahan jeli atau selai untuk menambah cita rasa.

3. Beda warnanya, beda maknanya

Bunga mawar memiliki banyak warna. Banyak orang telah mengetahui bahwa mawar merupakan lambang cinta. Akan tetapi, setiap warnanya memiliki makna berbeda. Oleh karena itu. memilih warna untuk mengungkapkan pesan dengan tepat itu perlu. Setiap warna dapat beda arti pula berdasarkan lokasi atau Negara. 

4. Mampu bertahan lama

Fakta menarik berikutnya, bunga mawar mampu bertahan lama. Tercatat mawar mampu bertahan hingga 1000 tahun lamanya. Akarnya menjalar di bawah reruntuhan bangunan sekalipun dan mampu dengan cepat berkembang kembali.

5. Memiliki varietas termahal hingga jutaan dolar

Fakta menarik yang teakhir tentang bunga dengan tangkai berduri ini memiliki varieas termahal bisa laku hingga jutaan dolar. Mawar jenis Juliet memiliki kelopak dengan pigmen warna apricot atau peach. Mawar ini pertama kali debut pada pameran Chelsea Flower Show tahun 2006.

David Austin, menghabiskan 5 juta dolar atau setara dengan 73 miliar untuk menghasilkan varietas langka tersebut. Juliet adalah mawar termahal di dunia, dimana pada 2006 mawar Juliet terjual sebesar 15.8 juta dolar atau hampir sebesar 230 miliar rupiah.

Demikian 5 fakta unik dan menarik bunga mawar yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat

You May Also Like

Tinggalkan Balasan