5 Fakta Unik Seputar Belut yang Perlu Anda Ketahui

5 Fakta Unik Seputar Belut yang Perlu Anda Ketahui

Gurubagi.com. Belut (Monopterus albus) merupakan ikan darat dari keluarga Synbranchidae dan tergolong ordo Synbranchiodae, yaitu ikan yang tidak mempunyai sirip atau anggota lain untuk bergerak.

Belut adalah sekolompok ikan yang bentuknya mirip dengan ular, Belut mempunyai ciri-ciri badan bulat panjang seperti ular tetapi tidak bersisik, dan kulitnya licin mengeluarkan lendir.

Hewan belut ini memiliki mata kecil hampir tertutup oleh kulit. Giginya juga kecil runcing berbentuk kerucut dan bibir berupa lipatan kulit yang lebar di sekeliling mulutnya.

Jenis ikan darat ini merupakan komoditas perikanan darat yang bergerak dengan jalan melenggak-lenggokkan tubuhnya ke kiri dan ke kanan.

Habitatnya di tempat berlumpur, genangan air tawar, atau aliran air yang kurang deras. Berikut ini adalah 5 fakta unik seputar belut yang perlu Anda ketahui.

1. Sumber energi dan protein yang baik

Belut memiliki sumber energi dan protein yang bak. dilihat dari komposisi gizinya, belut mempunyai nilai energi yang cukup tinggi, yaitu 303 kkal per 100 gram daging.

Nilai energi belut jauh lebih tinggi dibandingkan telur (162 kkal/100 g tanpa kulit) dan daging sapi (207 kkal per 100 g).  Hal itulah yang menyebabkan belut sangat baik untuk digunakan sebagai sumber energi.

Nilai protein pada belut (18,4 g/100 g daging) setara dengan protein daging sapi (18,8 g/100g), tetapi lebih tinggi dari protein telur (12,8 g/100 g).

Seperti jenis ikan lainnya, nilai cerna protein pada belut juga sangat tinggi, sehingga sangat cocok untuk sumber protein bagi semua kelompok usia, dari bayi hingga usia lanjut.

2. Bersifat hemaprodit

Belut tergolong kelompok hermaprodit protogini yang mengalami pergantian kelamin dari betina ke jantan. Belut muda akan memiliki kelamin betina, kemudian pada umur 6 bulan akan berubah menjadi jantan.

Baca :

Belut yang masih muda pasti berkelamin betina, biasanya belut tersebut berukuran antara 10-29 cm, berkulit hijau muda di bagian punggung dan berwarna putih kekuningan pada bagian perut.

Sementara itu, belut yang sudah tua pasti berkelamin jantan. Ukurannya lebih dari 30 cm, kulitnya berwarna abu-abu gelap, berkepala tumpul, dan berumur lebih dari sembilan bulan.

3. Memiliki kemapuan hidup di dua kondisi alam berbeda

Belut juga memiliki kemampuan untuk bertahan hidup dalam 2 kondisi alam yang berbeda, kemudian para ahli menggolongkan belut sebagai kelompok air breathing fishes.

kelompok air breathing fishes., yaitu ikan yang mampu mengambil oksigen langsung dari udara selama musim kering tanpa air di sekelilingnya.

Hal ini dikarenakan belut memiliki alat pernapasan tambahan berupa kulit tipis berlendir yang terdapat didalam rongga mulut.

Alat pernapasan tambahan ini memiliki fungsi untuk mengambil oksigen secara langsung dari udara, selain insangnya juga bertugas  mengambil oksigen dari air.

Belut akan melakukan aktivitasnya pada malam hari dan cenderung akan bersembunyi di celah- celah tanah liat.

4. Gemar membuat lubang perangkap

Fakta unik berikutny seputar belut, yaitu bahwa belut gemar membuat lubang perangkap. Belut menjebak mangsanya dengan membuat lubang perangkap.

Lubang tersebut dibuat dengan menggali lumpur di tepi perairan ataupun di tengah sawah. Lubang tersebut berdiameter sekitar 5 cm dan memanjang seperti terowongan.

Bentuk terowongan yang mereka buat pada mulanya tegak ke bawah, setelah itu membengkok dan mendatar.

5. Tidak suka terpapar cahaya matahari

Belut mampu hidup di daerah dengan kandungan oksigen yang rendah seperti daerah berlumpur. Umumnya, habitat alami belut adalah air tawar, lumpur, atau aliran air yang kurang deras.

Jika tidak ada lingkungan demikian, belut masih mampu hidup dalam becekan dan gelap. Hal ini disebabkan oleh sifatnya yang kurang suka terpapar cahaya matahari.

Belut sawah mampu bertahan lama dengan menggali dalam tanah yang lembab. Jika lingkungan menjadi tidak cocok, belut merangkak ke darat dan bergerak ke lingkungan yang lebih cocok dengan merayap di atas tanah dengan cara seperti ular.

Demikin 5 fakta unik seputar belut yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

4 Replies to “5 Fakta Unik Seputar Belut yang Perlu Anda Ketahui

Tinggalkan Balasan