Petunjuk Teknis Bantuan Bidikmisi Provinsi Kalimantan Tengah 2023

Petunjuk Teknis Bantuan Bidikmisi Provinsi Kalimantan Tengah 2023

Gurubagi.co. Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah  telah menerbitkan Petunjuk Teknis (Juknis) Bantuan Bidikmisi Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2023.

Petunjuk Teknis (Juknis) Bantuan Bidikmisi Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2023 ini menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari Kerangka Acuan Kerja (KAK) kegiatan Bantuan Biaya Pendidikan bagi Mahasiswa Miskin Berprestasi (BIDIKMISI) KALTENG BERAKHLAK PENUH DENGAN KEBERKAHAN Tahun 2023.

Diharapkan Juknis Bantuan Bidikmisi Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2023 ini dapat menuntun petugas dan calon penerima dalam melaksanakankegiatan tersebut.

Bantuan Biaya Pendidikan bagi Mahasiswa Miskin Beprestasi (BIDIKMISI) KALTENG BERAKHLAK PENUH DENGAN KEBERKAHAN adalah pemberian berupa bantuan keuangan yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah kepada perorangan yang berstatus mahasiswa aktif di Perguruan Tinggi, yang bertujuan untuk keberlangsungan pendidikan mahasiswa tersebut;

Target Sasaran

Target sasaran Bantuan BIDIKMISI KALTENG BERAKHLAK PENUH DENGAN KEBERKAHAN Tahun 2023 adalah masyarakat Kalimantan Tengah yang berstatus mahasiswa aktif di Perguruan Tinggi, yaitu sebagai berikut.

1. Mahasiswa D-3/D-4/S-1 kurang mampu atau berprestasi yang terdaftar secara sah dan aktif dimulai dari semester II (dua) maksimal semester VIII (delapan) dibuktikan dengan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) diterbitkan oleh perguruan tinggi dan ditandatangani oleh pejabat yang berwenang pada perguruan tinggi baik Negeri maupun Swasta yang berada di Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah dan tidak berstatus sebagai PNS/anggota TNI/POLRI/karyawan BUMN dan BUMS.

2. Mahasiswa D3/D4/S1 umum yang kuliah di luar Kalimantan Tengah merupakan warga asli Kalimantan Tengah dibuktikan dengan melampirkan KTP dan KK dan tidak berstatus sebagai PNS/anggota TNI/POLRI/karyawan BUMN dan BUMS.

3. Diutamakan Mahasiswa dari keluarga tidak mampu, daerah pedalaman, daerah terpencil, miskin dan terancam putus kuliah.

Baca : Kalender Pendidikan Provinsi Bali Tahun Pelajaran 2023/2024

Sumber, Jenis dan Penggunaan Bantuan BIDIKMISI KALTENG BERAKHLAK PENUH DENGAN KEBERKAHAN

Bantuan BIDIKMISI KALTENG BERAKHLAK PENUH DENGAN KEBERKAHAN ini adalah bantuan keuangan yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah kepada masyarakat Kalimantan Tengah yang terdaftar aktif dan sah di Perguruan Tinggi. Bantuan Pendidikan ini bersumber pada Dokumen Penyelenggaraan Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (DPA SKPD) Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah Tahun Anggaran 2023 Nomor: 188.44/522/2022 tanggal 29 Desember 2022. Dengan kegiatan Bantuan Sosial Fungsi Pendidikan kode rekening 5.1.05.05.01.0001.

Bantuan BIDIKMISI KALTENG BERAKHLAK PENUH DENGAN KEBERKAHAN ini diharapkan bisa dipergunakan untuk keperluan pendanaan berupa pembayaran sumbangan penyelenggaraan pendidikan (SPP), atau Uang Kuliah Tunggal (UKT), Dana Penyelenggaraan Pembangunan (DPP), biaya praktek atau praktikum, biaya penelitian, pembelian buku, dan biaya-biaya lainnya yang berhubungan dengan studi/ penyelesaian studimahasiswa.

Adapun besaran nilai Bantuan BIDIKMISI KALTENG BERAKHLAK PENUH DENGAN KEBERKAHAN Tahun 2023 adalah Rp. 1.500.000,- (satu juta lima ratus ribu rupiah) per orang yang disediakan untuk 10.000 (sepuluh ribu) orang. Pemberian Bantuan BIDIKMISI KALTENG BERAKHLAK PENUH DENGAN KEBERKAHAN Tahun 2023 diberikan hanya 1 (satu) kali penyaluran.

Kewajiban Penerima Bantuan

Kewajiban penerima Bantuan BIDIKMISI KALTENG BERAKHLAK PENUH DENGAN KEBERKAHAN dapat dijelaskan sebagai berikut.

1. Memberikan laporan setelah dana Bantuan Sosial Fungsi Pendidikan KALTENG BERAKHLAK PENUH DENGAN KEBERKAHAN diterima, format laporan dapat dilihat dalam lampiran petunjuk teknis ini.

2. Mengisi dan menandatangani Fakta Integritas, sebagaimana dapat dilihat dalam lampiran petunjuk teknis ini.

3. Menggunakan dana bantuan tersebut sebaik mungkin secara bertanggung jawab sebagaimana dijelaskan dalam petunjuk teknis ini.

Jadwal Pelaksanaan

Penjadwalan pelaksanaan program Bantuan BIDIKMISI KALTENG BERAKHLAK PENUH DENGAN KEBERKAHAN sebagai berikut.

1. Sosialisasi : April 2023

2. Penerimaan file dan berkas pengusulan Administrasi dari Perguruan Tinggi penerima kuota BIDIKMISI (D3/D4/S1) : Mei 2023

3. Verifikasi dan Validasi Dokumen calon penerima Bantuan Sosial Fungsi Pendidikan oleh Disdik Prov : Mei 2023

4. Penyusunan Draft SK Gubernur Penetapan Penerima Bantuan BIDIKMISI KALTENG BERAKHLAK PENUH DENGAN KEBERKAHAN Tahun 2023 : Mei 2023

5. Pengajuan Usul Surat Keputusan Gubernur Kalimantan Tengah : Mei 2023

6. Penyaluran Dana Secara Langsung 100% Kepada Rekening Penerima Yang Bersangkutan Oleh Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah, Melalui Bank Kalteng : Juli – Agustus 2023

7. Proses Pencairan Dana : September – November 2023

8. Penyampaian Laporan dari Perguruan Tinggi ke Dinas Pendidikan Provinsi : November  – Desember 2023.

9. Penyusunan Laporan Pertanggung jawaban Disdik Prov : Desember 2023

Juknis Bantuan Bidikmisi Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2023 selengkapnya dapat dibaca dan di unduh pada tautan berikut ini.

 

Unduh

Demikian Juknis Bantuan Bidikmisi Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2023. Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan