Contoh Bahan Ajar PPG PGSD Persiapan PPG Tahun 2022

Contoh Bahan Ajar PPG PGSD Persiapan PPG Tahun 2022

Contoh Bahan Ajar PPG PGSD Persiapan PPG Tahun 2022

Gurubagi.com. Berikut ini dibagikan contoh Bahan Ajar PPG PGSD untuk persiapan PPG Tahun 2022. Contoh Bahan Ajar PPG PGSD ini dapat menjadi referensi calon peserta PPG dalam mengikuti penyelenggaraan program PPG Tahun 2022.

Contoh bahan ajar PPG ini merupakan kumpulan bahan ajar dari peserta PPG PGSD Tahun 2021. Bahan ajar terbagi menjadi dua kelompok, yaitu bahan ajar PPG SD untuk kelas rendah (kelas 1, 2, dan 3) serta bahan ajar PPG untuk kelas tinggi (kelas 4, 5, dan 6).

Program Pendidikan Profesi Guru

PPG merupakan Pendidikan Profesi Guru dari Pemerintah untuk mempersiapkan calon tenaga pengajar di dalam dunia Pendidikan agar sesuai dengan tujuan Pendidikan Nasional. Target untuk Program PPG sendiri adalah tenaga Pengajar yang sudah bekerja atau pun mahasiswa tingkat akhir dengan jurusan Pendidikan.

Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) menjadi salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk menyiapkan guru-guru profesional. MelaluiĀ Program PPG, diharapkan akan dihasilkan guru-guru yang profesional dan memiliki kemampuan unggul untuk menghadapi pendidikan sesuai tuntutan jaman.

Dengan mengikuti Program Pendidikan Guru (PPG), guru akan dapat menguasai kompetensi secara utuh sesuai dengan standar nasional pendidikan, sehingga diperoleh Sertifikat Pendidik Profesional.

Program PPG diselenggarakan oleh perguruan tinggi yang memiliki lembaga pendidikan tenaga kependidikan yang telah memenuhi persyaratan.

Tujuan dan Sistem Pembelajaran PPG

Tujuan umum program Pendidikan Profesi Guru (PPG) adalah sesuai dengan yang diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 3, yaitu untuk menghasilkan calon guru yang memiliki kemampuan mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Sistem pembelajaran dalam program Pendidikan Profesi Guru (PPG) mencakup perkuliahan, praktikum, dan praktek penggalaman lapangan yang diselengarakan dengan pemantauan langsung secara insentif oleh dosen yang ditugaskan khusus untuk kegiatan tersebut serta dinilai secara objektif dan transparan.

Perkuliahan praktikum dan praktek pengalaman lapangan dilaksanakan secara tatap muka dan berorientasi pada pencapaian kompetensi merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, menulis hasil pembelajaran, menindaklanjuti hasil pembelajaran, serta melakukan pembimbingan pada pelatih.

Uji kompetensi sebagai ujian akhir terdiri dari ujian tulis dan ujian kinerja. Ujian kompetensi tersebut ditempuh setelah peserta lulus semua program Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Ujian tulis dilaksanakan oleh program studi atau jurusan penyelenggara, sedangkan ujian kinerja dilaksanakan oleh program studi atau jurusan dengan melibatkan organisasi profesi maupun pihak eksternal yang profesional dan relevan.

Peserta yang lulus uji kompetensi berhak untuk memperoleh sertifikat pendidik bernomor registrasi yang dikeluarkan oleh penyelenggara PPG.

Baca : Latihan Soal Pretest UP PPG Tahun 2022 dan Pembahasannya

Contoh Bahan Ajar PPG PGSD selengkapnya dapat di unduh pada tautan berikut.

Bahan Ajar PPG SD Kelas Rendah – Unduh

Bahan Ajar PPG SD Kelas Tinggi – Unduh

Demikian yang dapat kami bagikan mengenai contoh Bahan Ajar PPG PGSD persiapan PPG Tahun 2022. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan