Download Buku Teks Pelajaran Kurikulum Merdeka Jenjang PAUD

Buku Teks Kurikulum Merdeka, Buku Teks PAUD, Buku Teks Pembelajaran, Buku Teks Sekolah Penggerak, Kurikulum Merdeka, Merdeka Belajar, Merdeka Mengajar, Sekolah Penggerak

Download Buku Teks Pelajaran Kurikulum Merdeka Jenjang PAUD

Gurubagi,com. Kurikulum Merdeka memberikan keleluasaan bagi satuan pendidikan dan guru untuk mengembangkan potensinya. Untuk mendukung pelaksanaan kurikulum tersebut, diperlukan penyediaan buku teks pelajaran yang sesuai dengan kurikulum.

Oleh karena itu, Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kemendikbudristek telah menerbitkan Buku Teks Pelajaran Kurikulum Merdeka Jenjang Pendidikan Anaka Usia Dini (PAUD) yang mengusung semangat merdeka belajar.

Buku teks pelajaran merupakan salah satu bahan pembelajaran bagi siswa dan guru. Pada tahun 2021, kurikulum dan buku teks pelajaran untuk Satuan PAUD ini akan diimplementasikan secara terbatas di Sekolah Penggerak. Hal tersebut sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1177/M/2020 tentang Program Sekolah Penggerak.

Baca : Capaian Pembelajaran Satuan PAUD Pada Kurikulum Merdeka

Buku Teks Pelajaran Kurikulum Merdeka Jenjang PAUD

Buku teks pelajaran jenjang PAUD terdiri atas buku teks utama dan buku teks pendamping. Buku teks utama merupakan buku pelajaran yang digunakan dalam pembelajaran berdasarkan kurikulum yang berlaku.

Di dalam konteks pembelajaran, buku teks utama terdiri atas buku siswa dan buku panduan guru. Buku siswa merupakan buku pegangan bagi peserta didik, sedangkan buku panduan guru merupakan panduan atau acuan bagi pendidik untuk melaksanakan pembelajaran berdasarkan buku siswa tersebut.

Berikut ini adalah Buku Teks Pelajaran Kurikulum Merdeka jenjang PAUD.

1. Buku Panduan Guru Pengembangan Pembelajaran PAUD

Buku Panduan Guru Pengembangan Pembelajaran untuk Satuan PAUD menyajikan kerangka dasar kurikulum dengan paradigma pembelajaran baru.

Tujuan hadirnya buku ini adalah untuk membantu para pembaca sasaran dalam memahami karakteristik kurikulum dengan paradigma pembelajaran yang baru.

Sasaran pembaca utama buku ini adalah para guru/pendidik PAUD. Namun, buku ini juga perlu dibaca dan dipahami oleh para pengelola/kepala sekolah, para penilik/pengawas PAUD, asesor PAUD, para dosen pendidik guru PAUD, dan para mahasiswa calon guru PAUD.

Buku Panduan Guru Pengembangan Pembelajaran untuk Satuan PAUD – Unduh

2. Buku Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen Jati Diri PAUD

Buku panduan ini bertujuan untuk memberikan gambaran umum kepada guru PAUD dalam proses pembimbingan, pembentukan, dan pengembangan kegiatan CP Jati Diri.

Konsep Merdeka Belajar dan Merdeka Bermain menjadikan ragam contoh kegiatan pada buku ini bukan merupakan bentuk baku yang wajib diikuti oleh guru pada satuan PAUD. Guru dapat mengembangkan bentuk kegiatan sedemikian rupa sehingga sesuai dengan visi dan misi sekolah masing-masing.

Buku Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen Jati Diri PAUD – Unduh

3. Buku Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen Dasar-Dasar Literasi STEAM PAUD

Buku ini berisi tentang apa itu Capaian Pembelajaran Elemen Dasar – Dasar Literasi dan STEAM serta bagaimana penerapannya dalam kurikulum operasional satuan PAUD sesuai dengan konteks lokal satuan.

Buku ini juga memberikan contoh kejadian dan kegiatan yang dilengkapi dengan foto serta ilustrasi untuk memberikan gambaran lebih utuh terkait turunan Elemen Literasi dan STEAM dalam pembelajaran.

Buku ini ditulis agar Guru PAUD dapat memaknai capaian pembelajaran sebagai tujuan pembelajaran yang disesuaikan dengan kekhasan karakteristik Satuan PAUD seperti kondisi anak didik, orang tua, sosial masyarakat, lingkungan, dan hal lain yang terkait dengan keberadaan satuan PAUD.

Buku Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen Dasar-Dasar Literasi STEAM PAUD – Unduh

4. Buku Panduan Guru Belajar dan Bermain Berbasis Buku PAUD

Buku Bermain Berbasis Buku ini dirancang sebagai penghargaan untuk Ibu dan Bapak Guru dalam mengakrabkan anak-anak dengan buku melalui berbagai kegiatan.

Pada bab pertama disajikan bahasan singkat tentang pentingnya bermain dan pentingnya buku. Ibu dan Bapak Guru tentu memahami bahwa bermain merupakan bagian penting dalam proses belajar dan tumbuh kembang anak.

Pada saat yang sama, buku merupakan bagian penting untuk berkembangnya kecakapan literasi anak. Bab kedua membahas berbagai alternatif kegiatan yang dapat dilakukan bersama buku.

Kegiatan berbasis buku ini diperjelas secara terperinci pada bab ketiga melalui contoh praktis dengan buku-buku pilihan, sehingga guru dapat melakukan dan mengembangkan kegiatan di kelas masing-masing. Bagian keempat merangkum lembar perencanaan, dan dokumentasi asesmen.

Buku Panduan Guru Belajar dan Bermain Berbasis Buku PAUD – Unduh

5. Buku Panduan Guru Profil Pelajar Pancasila Satuan PAUD

Buku Panduan Projek Penguatan Pelajar Pancasila ini menyajikan pembelajaran dengan pendekatan yang dinamis dialogis.

Semenjak membuat perencanaan, anak sudah dilibatkan untuk menentukan projek, guru berperan memantik ide dan mendampingi selama proses pembelajaran.

Guru tidak memaksakan kehendaknya. Anak ditempatkan sebagai pribadi yang berdaya dan mempunyai kemauan kuat. Pembelajaran yang dirancang hendaknya kontekstual, dekat dengan kehidupan nyata di sekitarnya sehingga menumbuhkan ketertarikan anak.

Pembelajaran berbasis projek membutuhkan ketelitian, kesabaran dan konsentrasi dengan tetap memperhatikan kegembiraan bermain. Pembelajaran tersebut dimaksudkan agar anak terampil, tidak mudah putus asa, dapat bekerja sama, dan dapat memecahkan permasalahan dengan cara yang kreatif.

Kegiatan-kegiatan dalam pembelajaran berbasis projek ini memanfaatkan alam semesta dan berbagai sumber belajar, supaya anak dapat menghargai ciptaan Tuhan.

Anak terkoneksi dengan dirinya sendiri, orang tua, teman dan alam semesta, sehingga tercipta kehidupan yang harmonis.

Buku Panduan Guru Profil Pelajar Pancasila Satuan PAUD – Unduh

Demikian buku teks pelajaran Kurikulum Merdeka jenjang PAUD. Semoga bermanfaat,

You May Also Like

Tinggalkan Balasan