Download Kisi-kisi Ujian Madrasah MI MTs MA Tahun 2021

Download Kisi-kisi Ujian Madrasah MI MTs MA Tahun 2021

Gurubagi.com. Ujian Madrasah merupakan salah satu penilaian hasil belajar peserta didik. Ujian Madrasah adalah bentuk penilaian yang untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik pada akhir jenjang pendidikan.

Pelaksanaan Ujian Madrasah (UM) meliputi seluruh mata pelajaran yang diajarkan di kelas akhir pada satuan pendidikan. Mata pelajaran yang diujikan termasuk dalam kelompok mata pelajaran wajib maupun muatan lokal

Pengukuran capaian kompetensi siswa melalui Ujian Madrasah tersebut dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan.

Peserta Ujian Madrasah adalah peserta didik pada akhir jenjang pendidikan jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA)/Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) sebagai salah satu persyaratan untuk penentuan kelulusan.

Terkait dengan pelaksanaan Ujian Madrasah Tahun 2021, Direktur jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama Republik Indonesia menerbitkan edaran tentang Kisi-kisi Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2020/2021.

Edaran tersebut bernomor B-334.2/DJ.I/Dt.I.I/PP.00/02/2021 tertanggal 11 Februari 2021 tentang Pengantar dan Kisi-kisi Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2020/2021.

Surat edaran tersebut untuk menindaklanjuti SK Direktur Jenderal Nomor 752 Tahun 2021 tentang Prosedur Operasional Standar (POS) Penyelenggaraan Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2020/2021.

Prosentase Kisi-kisi Soal

Kisi-kisi Ujian Madrasah meliputi Mapel Quran Hadis, Akidah Ahlak, Fikih, SKI dan Bahasa Arab untuk jenjang MI,MTs, dan MA/MAK.

Fungsi kisi-kisi Ujian Madrasah adalah untuk memberikan panduan sekaligus membantu guru madrasah dalam menyusun soal Ujian Madrasah kelompok Mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab di Madrasah

Penyusunan kisi-kisi dengan mengacu pada KMA 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab pada Madrasah.

Guru dalam menyusun soal dapat memilih dari 60 kisi-kisi pada setiap jenjang dari Kementerian Agama dan selanjutnya agar menyesuikan dengan kondisi masing-masing madrasah.

Berdasarkan pertimbangan tersebut, maka guru dalam menyusun soal dapat memperhatikan rambu-rambu persentase dan komposisi level kognifif sebagai berikut.

Penyusunan soal Ujian Madrasah agar mempertimbangkan situasi pandemi saat ini. Oleh karena itu, tingkat kesulitan dan level kognitif soal dapat menyesuaikan kondisi pembelajaran yang berlangsung pada setiap madrasah.

Atas dasar itu pula, maka meskipun sebagian besar level kognitif Kompetensi Dasar di KMA 183 Tahun 2019 pada level 3 (L3), guru penyusun soal boleh mengembangkan soal pada level 1 (L1) atau level 2 (L2).

Edaran tentang Pengantar dan Kisi-kisi Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2020/2021 selengkapnya dapat Anda unduh pada link berikut ini.

Unduh

Demikian yang kami bagikan mengenai kisi-kisi Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2020/2021. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan