Informasi Lomba Logo Kontingen Indonesia Jambore Dunia Ke-25 Korea

Informasi Lomba Logo Kontingen Indonesia Jambore Dunia Ke-25 Korea

Informasi Lomba Logo Kontingen Indonesia Jambore Dunia Ke-25 Korea

Gurubagi.com. Jambore Dunia Ke-25 di Korea Selatan akan diselenggarakan pada tanggal 1-12 Agustus 2023 mendatang.

Sekitar 50.000 Pramuka dari organisasi nasional kepramukaan (National Scout Organization/NSO) dari seluruh dunia berpartisipasi akan dihadirkan dalam kegiatan tersebut.

Sebagaimana tradisi di Jambore Dunia, tiap Kontingen NSO membuat Logo Kontingen sebagai tanda sekaligus kenang-kenangan yang diaplikasikan pada badge (bet), pin, plakat dan lain sebagainya yang dapat menjadi memorabilia.

Biasanya para peserta saling bertukar souvenir yang bergambar logo kontingen sebagai kenang-kenangan. Untuk memeriahkan perjalanan menuju Jambore Dunia ke-25, panitia dari Korea Scout Association meminta agar seluruh kontingen dapat mempublikasikan Logo Kontingennya lebih awal. Beberapa NSO sudah mulai memunculkan Logo Kontingennya yang sudah terdapat di media sosial.

Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Indonesia, ingin mengundang para Anggota Gerakan Pramuka yang memiliki bakat sebagai Ilustrator atau Desainer Grafis untuk mengikuti Sayembara Logo Kontingen Gerakan Pramuka Indonesia pada The 25th World Scout Jamboree 2023 Korea.

Ketentuan Lomba

Edaran terkait Sayembara Logo Kontingen Indonesia untuk Jambore Dunia Ke-25 di Korea ini sudah disebarkan sejak tanggal 3 Januari 2022 dan beberapa karya sudah diterima oleh Kwartir Nasional.

Untuk yang tertarik, Kwartir Nasional masih menerima karya terbaiknya paling lambat tanggal 30 April 2022, dengan ketentuan sebagai berikut.

  1. Bentuk seperti Logo Jambore Dunia ke-25 di Korea, Agustus 2023.

2. Mencerminkan Nuansa Indonesia dan nuansa merah putih.

3. Mencantumkan kata / kalimat Indonesia Contingent atau Indonesia Delegation.

4. Tulisan dalam bahasa Inggris.

5. Ukuran Logo 10×15 cm, dan dapat diperkecil berdiameter 6 – 8 cm. Namun masih tetap dapat dibaca dengan jelas baik huruf maupun angka.

6. Menyesuaikan standar Logo Jambore Dunia ke-25, dengan bentuk/desain gambar kemah (sebagaimana terlampir) dan sesuai dengan ketentuan umum Buku Pedoman Kegiatan Gerakan Pramuka di Luar Negeri tahun 2020 tentang Logo Kontingen ke luar negeri.

7. Bagi peserta yang mengikuti lomba desain Logo Kontingen Indonesia agar menyebutkan nama, usia, alamat rumah dan asal Gugus Depan atau Satuan Karya.

8. Seleksi akan dilakukan oleh Tim Lomba Logo Jamdun Kwarnas Gerakan Pramuka.

9. Peserta yang telah mengirim Logo Kontingen Indonesia dalam Jamdun ke-25 menjadi milik Kwarnas.

10. Logo Kontingen Jamdun diharapkan paling lambat sudah diterima di Kwarnas tanggal 30 April 2023 melalui E-Mail di international@pramuka.or.idatau dikirim ke Kwartir Nasional, Jalan Medan Merdeka Timur No. 6 Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

11. Hasil seleksi akan diumumkan tanggal 30 Mei 2022 melalui media Kwarnas.

12. Bagi pemenang akan diberikan hadiah dari Kwartir Nasional.

Untuk menjadi rujukan, file logo dasar dan panduan logo dari panitia dapat diunduh di tautan berikut; https://www.2023wsjkorea.org/_html/resources.html, tautan tersebut penting untuk dibaca, karena Panitia kaidah khusus terkait logo Kontingen kali ini.

Berikut ini adalah contoh aplikasinya.

Sumber : https://pramuka.or.id.

Demikian informasi mengenai lomba logo kontingen Indonesia untuk Jambore Dunia Ke-25 di Korea Selatan. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan