Informasi Pelaksanaan FLS2N, LDBI, dan NSDC Tahun 2024

Informasi Pelaksanaan FLS2N, LDBI, dan NSDC Tahun 2024

Informasi Pelaksanaan FLS2N, LDBI, dan NSDC Tahun 2024

Gurubagi.com. Informasi pelaksanaan FLS2N, LDBI, dan NSDC Tahun 2024 telah diterbitkan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia Kemendikbudristek.

Pemberitahuan tentang pelaksanaan FLS2N, LDBI, dan NSDC Tahun 2024 ini, diterbitkan melalui Surat Nomor 0291/J7.1/PN.01/2024.

Surat Pemberitahuan FLS2N, LDBI, dan NSDC Tahun 2024 yang terbit tanggal 28 Februari 2024 tersebut secara khusus ditujukan kepada Yth :

1. Dinas Pendidikan Provinsi seluruh Indonesia;

2. Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia; dan

3. Cabang dinas/UPT/MKKS seluruh Indonesia.

Isi Surat Pemberitahuan :

Sehubungan dengan pelaksanaan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) dan National School Debating Championship (NSDC) Tahun 2024, kami informasikan bahwa pendaftaran pada tanggl 25 Februari s.d. 31 Maret 2024.

Pelaksanaan seleksi ditingkat Kabupaten/Kota, Provinsi dan Nasional wajib menggunakan data peserta yang terdaftar pada portal BPTI. Operator sekolah dapat melakukan registrasi peserta melalui laman portal https://daftar-bpti.kemdikbud.go.id/.

A. Berdasarkan hal tersebut, adanya perubahan informasi terkait kriteria bagi peserta didik yang mengikuti FLS2N, sebagai berikut.

1. Peserta tingkat SD/MI yang semula berdasarkan kriteria usia, menjadi peserta didik aktif dan terdaftar pada Dapodik . Pada saat pendaftaran peserta didik kelas 3, 4, atau 5.

2. Tingkat SMP/MTs yang semula berdasarkan kriteria usia menjadi peserta didik aktif dan terdaftar pada Dapodik . Pada saat pendaftaran peserta didik yaitu kelas 7 atau 8.

3. Tingkat SMA/MA dan SMK yang semula berdasarkan kriteria usia peserta didik aktif dan terdaftar pada Dapodik . Pada saat pendaftaran peserta didik yaitu kelas 10 atau 11.

B. Penambahan Informasi FLS2N lainnya, sebagai berikut.

1. Ajang tari kreasi tingkat SMA/MA adalah tarian duet yang ditampilkan oleh 1 tim terdiri dari 2 orang penari.

2. Materi minus one menyanyi solo, naskah monolog (SMA/MA) dan informasi lebih lanjut akan disampaikan pada saat sosialisasi FL2SN, yang akan dilaksanakan pada tanggal.

a. Tanggal 14 Maret 2024 untuk Pendidikan Dasar (SD/MI dan SMP/MTs) dan Pendidikan Khusus.

b. Tanggal 15 Maret 2024 untuk Pendidikan Menengah (SMA/MA dan SMK).

C. Untuk pelaksanaan kegiatan LDBI dan NSDC, diwajibkan bagi para peserta untuk mengikuti persyaratan sebagai berikut.

a. Peserta merupakan Warga Negara Indonesia yang bertempat tinggal dan menempuh pendidikan di wilayah Republik Indonesia atau sedang menempuh pendidikan pada Satuan Pendidikan Indonesia di Luar Negeri dan terdaftar pada Data Pokok Pendidikan.

b. Peserta pada saat mendaftar merupakan peserta didik aktif kelas 10 atau 11 di SMA/MA/sederajat negeri, swasta, dan SILN yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Kepala Sekolah yang bersangkutan.

c. Peserta belum pernah menjadi delegasi Tim Indonesia untuk World Schools Debating Championship (WSDC).

d. Operator sekolah peserta melakukan registrasi atau pendaftaran peserta pada portal pendaftaran https://daftar-bpti.kemdikbud.go.id mulai tanggal 26 Februari s.d. 31 Maret 2024.

e. Untuk informasi pedoman LDBI dan NSDC bisa diakses dan di unduh pada laman https://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id dan https://bpti.kemdikbud.go.id/.

Sehubungan dengan hal tersebut dalam rangka peningkatan partisipasi peserta FLS2N, LDBI dan NSDC Tahun 2024, maka kami mohon kiranya berkena Bapak/Ibu Dinas Pendidikan Provinsi, Kabupaten/Kota untuk dapat segera menginformasikan kepada kepala SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK, Koordinator Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) dan satuan pendidikan di wilayah Bapak/Ibu terkait informasi tersebut.

Demikian surat pemberitahuan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerja samanya, kami ucapkan terima kasih.

Pemberitahuan FLS2N, LDBI, dan NSDC Tahun 2024 selengkapnya dapat dibaca dan di unduh pada tautan berikut ini.

 

Unduh

Demikian Pemberitahuan FLS2N, LDBI, dan NSDC Tahun 2024 . Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan