Kenali Fakta Unik Uban yang Tumbuh di Rambut Kepala

Kenali Fakta Unik Uban yang Tumbuh di Rambut Kepala

Kenali Fakta Unik Uban yang Tumbuh di Rambut Kepala

Gurubagi.com. siapa yang tidak kenal dengan uban. Rambut uban biasanya sering ditemukan pada orang berusia lanjut.

Bahkan munculnya rambut uban merupakan salah satu tanda penuaan, Rambut putih ini, biasanya dimulai pada usia sekitar 30 tahun.

Munculnya rambut uban biasanya perubahan warna rambut dari yang awalnya hitam, cokelat, kuning, merah, atau lainnya, menjadi putih atau abu-abu.

Warna rambut Anda didapatkan dari pigmen yang disebut melanin dan diproduksi oleh folikel rambut, yaitu bagian dari striktur kulit yang membuat dan menumbuhkan rambut.

Rambut uban biasa dialami oleh orang berusia lanjut. akan tetapi fakta uban yang unik dan mungkin belum Anda ketahui. Rambut abu-abu ini juga ternyata bisa muncul pada orang dewasa yang masih terbilang muda. Berikut ini  beberapa fakta unik dan menarik seputar uban.

1. Ubanan disebabkan oleh penuaan

Pada dasarnya rambut manusia tidak memiliki pigmentasi. Warna rambut dipengaruhi oleh melanin, yaitu pigmen atau zat warna alami yang juga jadi penentu warna kulit.

Dua jenis melanin yaitu eumelanin (cokelat tua atau hitam) dan phaeomelanin (kuning kemerahan), bergabung untuk membuat warna pada rambut.

Adapun salah satu penyebab rambut menjadi beruban adalah karena faktor penuaan yang memperlambat atau menghentikan rambut untuk mengakses melanin, sehingga menjadikan rambut berubah warna menjadi abu-abu, perak, atau putih.

2. Uban bisa dipicu oleh kebiasaan merokok

Menurut penelitian, kebiasaan merokok dapat jadi salah satu penyebab rambut beruban sebelum usia 30 tahunan, karena berkaitan dengan stres oksidasi akibat rokok yang memengaruhi sel melanosit pada pigmen yang terletak pada folikel rambut.

Sel melanosit berperan dalam memproduksi melanin. Jadi jika sel tersebut rusak, maka pigmen yang terbentuk juga kian sedikit. Kebiasaan rokok dapat menyebabkan pembuluh darah menyempit sehingga membuat aliran darah menuju folikel menjadi berkurang.

Kondisi ini tak hanya mengganggu mekanisme pertumbuhan rambut dalam memproduksi melanin, tapi juga menjadi penyebab kerontokan rambut.

3. Jangan cabut rambut beruban

Menurut salah satu mitos yang beredar di masyarakat bahwa jika mencabut rambut uban, maka uban akan semakin banyak. Faktanya setiap folikel rambut (tempat tumbuhnya rambut) hanya tumbuh satu rambut, dan mencabutnya tidak akan membuat uban lain tumbuh.

Sebenarnya berhenti mencabut uban tidak membuat rambut putih ini berhenti tumbuh atau semakin sedikit. Selain itu bila Anda mencabut uban pada satu folikel, ini juga tidak akan berpengaruh pada folikel lain di sekitarnya.

Meski demikian perlu diingat, jangan terlalu sering mencabut uban, karena ini bisa merusak folikel dan bahkan menghentikan produksi rambut di area tersebut sama sekali.

Baca : 6 Fakta Unik Seputar Rambut Manusia Yang Perlu Anda Ketahui

4. Usia 50 tahun lebih, rambut uban akan makin banyak

Pada usia 50 tahun ke atas pada umumnya rambut putih Anda akan semakin banyak dari biasanya. Hal ini merupakan kondisi yang wajar karena terjadinya proses penuaan.

Akan tetapi, lagi-lagi hal ini sebenarnya dipengaruhi banyak hal, seperti faktor genetik dan kesehatan rambut Anda. Bisa saja rambut Anda sudah setengah putih sebelum menginjak usia 50 tahun.

Selain itu, seiring bertambahnya umur, Anda juga sangat rentan terhadap masalah kerontokan rambut karena berkurangnya protein yang memperkuat rambut.

Tak heran bila banyak orang tua yang mengalami kebotakan dan folikel tidak lagi menumbuhkan rambut.

5. Tekstur rambut uban dan hitam berbeda

Menurut penelitian mengatakan bahwa rambut uban lebih tipis dibandingkan rambut yang masih hitam.Hal ini terjadi karena kutikula rambut yang beruban lebih tipis, kemudian rambut beruban juga lebih cepat kehilangan air.

Kutikula rambut merupakan lapisan terluar rambut yang transparan dan berperan melindungi rambut dari kerusakan akibat paparan lingkungan.

Dan ini lah yang membuat rambut uban cenderung lebih kering, gampang rapuh, dan juga lebih kasar dibandingkan dengan rambut yang hitam.

6. Rambut beruban bisa karena faktor genetik

Rambut beruban bisa saja terjadi pada orang usia dewasa.  Faktanya, anak-anak dan remaja juga mungkin memiliki rambut putih ini,

Hal ini diyakini karena faktor genetik atau keturunan, sehingga penggunaan suplemen atau vitamin mungkin tidak akan menghentikan maupun mencegah tumbuhnya rambut putih atau abu-abu.

Rambut beruban cenderung terjadi lebih awal pada orang kulit putih yang memiliki rambut pirang, tetapi pertumbuhan uban lebih lambat pada orang Asia.

Beberapa orang memiliki uban di usia muda, misalnya di usia belasan atau masuk usia puluhan. Sementara normalnya, rambut putih ini muncul saat Anda memasuki usia 30-an atau 40-an. Seberapa dini uban muncul tentunya ditentukan oleh gen Anda.

7. Rambut bisa memutih sendiri

Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa uban mungkin berasal dari penumpukan hidrogen peroksida di sel rambut, yang menyebabkan rambut dapat memutih sendiri dari dalam.

Sel tersebut secara alami memiliki sejumlah kecil hidrogen peroksida di dalamnya, tetapi tetap diawasi oleh enzim yang disebut katalase, yang dapat mengubah hidrogen peroksida menjadi oksigen dan air.

Akan tetapi seiring bertambahnya usia, tubuh memproduksi lebih sedikit katalase sehingga hidrogen peroksida menumpuk dan memblokir sintesis normal melanin, yaitu pigmen alami di rambut. Inilah yang menyebabkan rambut berubah menjadi abu-abu atau beruban.

Demikian Kenali Fakta Unik Uban yang Tumbuh di Rambut Kepala. Semoga bermanfaat

You May Also Like

Tinggalkan Balasan