Kenali Manfaat Daun Saga, Salah Satunya Atasi Asma

Kenali Manfaat Daun Saga, Salah Satunya Atasi Asma

Kenali Manfaat Daun Saga, Salah Satunya Atasi Asma

Gurubagi.com. Daun saga termasuk salah satu tanaman herbal yang memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Di dalam artikel ini kita akan mencoba kenali manfaat daun saga.

Manfaat daun saga yang paling dikenal adalah sebagai antioksidan yang membantu melawan radikal bebas dan mempercepat penyembuhan luka.

Di dalam daun saga mengandung flavonoid, tanin, dan saponin yang sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti peradangan, infeksi, dan penyakit kulit.

Dari kandungan daun saga di atas, tidak heran daun ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, berikut ini manfaat daun saga bagi kesehatan.

1. Meredakan panas dalam

Manfaat daun saga yang pertama adalah dapat meredakan panas dalam. Panas dalam mengakibatkan pengidapnya merasa tidak nyaman, karena disertai sakit tenggorokan dan bibir pecah.

Baca : 7 Manfaat Daun Binahong bagi Kesehatan Tubuh

Mengonsumsi rebusan daun saga bisa meredakan panas dalam. Cara membuatnya, rebus daun saga dengan dua gelas air hingga menjadi setengahnya, lalu dinginkan sebentar, saring, dan minum air tersebut.

2. Mengatasi sakit perut

Daun saga juga digunakan dalam pengobatan tradisional Afrika Timur untuk mengatasi sakit perut. Selain itu, manfaat daun saga juga mampu mengobati diare, berkat sifat antioksidan dan antibakterinya.

Cara menggunakannya, yaitu rebus daun beserta batang dengan air hingga mendidih, lalu minum untuk membantu meredakan diare.

3. Membantu atasi asma

Dari kandungan yang dimilikinya, manfaat mengonsumi daun saga berikutnya adalah dapat membantu Anda mngobati sakit asma.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun saga memiliki sifat bronkodilator, yang dapat membantu mengatasi gejala asma dan melebarkan saluran udara.

Cara penyembuhannya menggunakan ekstrak akar dan daun saga dan metode alternatif dalam mengatasi berbagai penyakit, termasuk asma.

4. Meningkatkan nafsu makan

selanjutnya dapat eningkatkan nafsu makan. Manfaat daun saga Daun saga mengandung jumlah yang cukup tinggi vitamin B yang dapat meningkatkan nafsu makan.

Selain itu, daun saga dapat merangsang produksi enzim pencernaan, memperbaiki pencernaan, dan berpengaruh pada nafsu makan.

5. Obat sariawan

Manfaat daun saga ini berasal dari beberapa bahan aktif abrus lactone, asam abrusgenat, dan turunan metilnya. Daunnya juga mengandung glycyrrhizin, yaitu senyawa yang bersifat antiinflamasi.

Caranya bukan diminum, melainkan keringkan daun saga di bawah matahari. Setelah kering, kunyah daunnya, tapi jangan ditelan.

SAnda juga bisa menggunakan daun saga sebagai obat kumur. Caranya, rebus 10 gram daun saga dengan setengah liter air sampai mendidih. Saring dan gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur sebanyak 2-3 kali sehari.

Demikian manfaat daun saga salah satunya dapat obati asma. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan