Kenali Manfaat Takokak, Salah Satunya Dapat Mencegah Flu

Kenali Manfaat Takokak, Salah Satunya Dapat Mencegah Flu

Kenali Manfaat Takokak, Salah Satunya Dapat Mencegah Flu

Gurubagi.com. Takokak merupakan tumbuhan dari suku terung-terungan (Solanaceae)alias pokak termasuk tanaman liar yang kaya akan antioksidan.

Takokak  berbentuk buah kecil bentuknya mirip ranti atau leunca lalaban dari sunda, bedanya takokak memiliki kulit lebih tebal.

Tanaman yang memiliki buah menyerupai kacang polong ini kerap dijadikan lalapan atau pelengkap makanan. Tak hanya dijadikan menu masakan, takokak juga sering digunakan sebagai pengobatan herbal.

Takokak memliki kandungan asam fenolat, flavonoid, vitamin A, hingga potasium. Beberapa kandungan tersebut dipercaya efektif dalam menjaga daya tahan tubuh dan mencegah berbagai macam penyakit.

Takokak baik dikonsumsi oleh penderita asam urat. Sebab, kandungan dalam takokak itu efektif membantu asam urat tinggi.

Berikut ini lebih jelas mengenai manfaat takokak yang dihimpun dari berbagai sumber.

1. Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat buah takokak yang pertama dapat mencegah penyakit jantung. Seseorang yang mengalami penyakit jantung biasanya mengalami rasa nyeri di bagian dada dan menjalar ke bahu atau leher.

Baca :

Salah satu cara mencegah penyakit jantung secara alami yaitu mengonsumsi takokak. Kandungan antioksidan tinggi pada takokak berperan penting.

Takokak dapat  menurunkan tekanan darah dan mengurangi kolesterol jahat dalam darah yang biasa menjadi penyebab penyakit jantung. Dengan mengonsumsi takokak secara rutin, Anda akan terhindar dari penyakit mematikan ini.

2. Mencegah flu

Manfaat takokak selanjutnya, yaitu mencegah penyakit flu. Penyakit ini ditandai dengan beberapa gejala, seperti sakit tenggorokan, hidung mampet, sariawan, hingga sakit kepala. Kondisi ini rentan dialami oleh setiap orang saat musim hujan tiba.

Takokak memiliki kandungan antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas penyebab flu. Dengan mengonsumsi takokak secara teratur, mampu menurunkan risiko flu.

3. obati asam urat

Manfaat takokak berikutnya untuk mengobati asam urat. Takokak ini baik dikonsumsi untuk Anda penderita asam urat.

Kandungan dalam buah pokak bisa menurunkan asam urat tinggi. Untuk merasakan manfaatnya, Anda cukup mengonsumsi buah pokak yang diolah menjadi sayur atau lalap.

4. Antikanker

Kanker merupakan penyakit yang disebabkan karena adanya pertumbuhan jaringan dan sel yang tidak normal. Hal ini dikarenakan mekanisme pertumbuhan sel yang kurang terkontrol .

Takokak mengandung senyawa methyl caffeate yang diisolasi dari ekstrak etil asetat takokak. Methyl caffeate mempunyai aktivitas antikanker pada sel MCF.

Metil cafeate secara signifikan mengurangi pertumbuhan sel dan meningkatkan pertumbuhan DNA yang terfragmentasi (terpecah).

5. Menurunkan tekanan darah tinggi

Manfaat takokak yang terakhir dapat menurunkan darah tinggi. Tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang umumnya menyerang orang dewasa.

Tekanan darah tinggi dapat memicu penyakit-penyakit komplikasi sepertierangan jantung, stroke, dan ginjal kronis. Takokak dapat mencegah peningkatan tekanan darah tinggi yang disebabkan oleh terlalu banyak mengonsumsi fruktosa.

Selain itu, ekstrak buah takokak secara signifikan dapat meningkatkan volume urin dan ekskresi natrium yang menyebabkan peningkatan tekanan darah.

Demikan beberapamanfaat takokak untuk kesehatan. Semoga bermanfaat

You May Also Like

Tinggalkan Balasan