Latihan Soal Asesmen Madrasah (AM) Geografi MA Tahun 2024

Latihan Soal Asesmen Madrasah (AM) Geografi MA Tahun 2024

Latihan Soal Asesmen Madrasah (AM) Geografi MA Tahun 2024

Gurubagi.com. Latihan soal Asesmen Madrasah Geografi (AM) untuk jenjang Madrasah Aliyah (MA) Tahun Pelajaran (TP) 2023/2024 berikut ini sebagai referensi dan persiapan peserta mengahdapi  Asesmen Madrasah Tahun Pelajaran 2023/2024.

Dengan mempelajari latihan soal Asesmen Madrasah (AM) Geografi jenjang MA 2024 ini diharapkan peserta didik memiliki gambaran tentang bentuk soal Asesmen Madrasah Tahun Pelajaran 2023/2024.

Asesmen Madrasah adalah penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan madrasah yang bertujuan untuk mengukur pencapaian standar kompetensi lulusan untuk semua mata pelajaran.

Asesmen Madrasah merupakan ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan dalam hal ini adalah madrasah, yang berupa pengukuran capaian kompetensi siswa dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan.

Di dalam rangka menjamin kualitas dan pencapaian standar kompetensi lulusan pada satuan pendidikan madrasah, di akhir jenjang pendidikan tahun pelajaran 2023/2024, maka diselenggarakan Asesmen Madrasah (AM) jenjang MA Tahun 2024.

Asesmen Madrasah (AM) diselenggarakan oleh madrasah yang sudah memiliki Ijin Operasional dan Nomor Statistik Madrasah (NSM) serta terdaftar pada Pangkalan Data EMIS Kementerian Agama.

Asesmen Madrasah meliputi seluruh mata pelajaran yang diajarkan pada kelas akhir pada satuan pendidikan, baik kelompok mata pelajaran wajib maupun muatan lokal.

Tujuan dan Fungsi Asesmen Madrasah

Asesmen Madrasah bertujuan untuk mengetahui pencapaian hasil belajar peserta didik pada akhir jenjang pendidikan sesuai standar kompetensi lulusan (SKL) yang telah ditetapkan.

Sedangkan fungsi Asesmen Madrasah adalah sebagai berikut.

a. Mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik.

b. Umpan balik untuk perbaikan pembelajaran pada madrasah.

c. Salah satu syarat penentuan kelulusan

Persyaratan Peserta Asesmen Madrasah

Peserta Ujian Madrasah merupakan peserta didik pada akhir jenjang pendidikan jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA)/Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) sebagai salah satu persyaratan untuk penentuan kelulusan.

Persyaratan Peserta Asesmen Madrasah Tahun 2024

1. Jenjang MI

a. Peserta didik terdaftar di kelas terakhir pada MI.

b. Memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar mulai kelas IV (empat) semester 1 (satu) sampai dengan kelas VI (enam) semester 1 (satu).

2. Jenjang MTs

a. Peserta didik terdaftar di kelas terakhir pada MTs.

b. Memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar pada MTs mulai semester 1 (satu) tahun pertama sampai dengan semester 1 (satu) tahun terakhir.

c, Memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar mulai semester 1 (satu) sampai semester 5 (lima) untuk MTs penyelenggara sistem kredit semester (SKS).

3. Jenjang MA/MAK

a. Peserta didik terdaftar di kelas terakhir pada MA/MAK.

b. Memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar pada MA/MAK mulai semester 1 (satu) tahun pertama sampai dengan semester 1 (satu) tahun terakhir .

c. Memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar mulai semester 1 (satu) sampai semester 5 (lima) untuk MA penyelenggara sistem kredit semester (SKS).

Bentuk Soal Asesmen Madrasah

Di dalam POS Asesmen Madrasah Tahun 2024 dinyatakan bahwa bentuk Asesmen Madrasah pada jenjang MI, MTs, dan MA/MAK adalah sebagai berikut.

1. Tes tertulis.

Bentuk soal asesmen tertulis terdiri dari Pilihan ganda, Pilihan ganda kompleks, Benar Salah, Setuju tidak setuju, Menjodohkan, lsian, dan Uraian. Guru dapat memilih minimal tiga bentuk soal tertulis tersebut.

2. Praktik.

3. Portofolio.

4. Penugasan, dan/ atau .

5. Bentuk lain yang ditetapkan oleh madrasah.

Madrasah dapat memilih salah satu atau gabungan beberapa bentuk asesmen sesuai dengan karakteristik kompetensi yang akan diukur.

Materi Asesmen Madrasah

Berdasarkan POS Asesmen Madrasah Tahun 2024, disampaikan bahwa materi Asesmen Madrasah Tahun 2024 adalah sebagai berikut.

1. Madrasah menyusun materi asesmen untuk mata pelajaran umum pada Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka mengacu pada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

2. Materi asesmen untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab pada madrasah pelaksana Kurikulum 2013 mengacu pada KMA Nomor 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab.

3. Materi asesmen untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab pada madrasah pelaksana Kurikulum Merdeka mengacu pada Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 32 11 Tahun 2022 tentang Capaian Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab.

Kisi-kisi Asesmen Madrasah

Kisi-kisi Asesmen Madrasah Tahun 2024 disusun berdasarkan kriteria pencapaian kompetensi lulusan, standar isi, dan lingkup materi pada kurikulum yang berlaku.

Kisi-kisi AM disusun oleh guru mata pelajaran dan ditetapkan oleh madrasah penyelenggara AM dalam bentuk Surat Keputusan Kepala Madrasah.

Kisi-kisi AM mata pelajaran Al-Qur ‘an-Hadis, Akidah Akhlak, Fikih, SKI, dan Bahasa Arab disusun oleh Kementerian Agam.a RI.

Naskah soal Asesmen Madrasah Tahun 2024 disusun oleh guru mata pelajaran mengacu pada kisi-kisi AM. Naskah soal yang dikembangkan disesuaikan dengan bentuk asesmen yang dipilih. Naskah soal AM disusun oleh guru mata pelajaran pada satuan pendidikan.

Dalam hal di madrasah terdapat keterbatasan sumber daya, maka guru madrasah yang bersangkutan dapat melakukan sharing pengetahuan dengan madrasah lain pada forum KKG/MGMP.

Naskah soal dan jawaban tidak boleh mengandung unsur SARA dan menimbulkan perbedaan mazhab (khilafiyah), politik praktis, pornografi, provokasi, bertentangan dengan Pancasila, UUD 45, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI.

Pemeriksaan dan Pengolahan Hasil Asesmen Madrasah

Proses pemeriksaan dan pengolahan hasil AM diatur sebagai berikut.

1. Asesmen Madrasah Berbasis Komputer (AMBK)

Jika asesmen dilaksanakan berbasis komputer, pemeriksaan dan pengolahan hasil ujian dilakukan secara komputerisasi.

2. Asesmen Madrasah Berbasis Kertas Pensil/Pulpen (AMKP)

a. Soal bentuk Pilihan Ganda

b. Soal AM bentuk pilihan ganda dapat diperiksa secara manual atau menggunakan alat pemindai.

c. Soal bentuk Uraian

d. Soal bentuk uraian diperiksa secara manual oleh guru sesuai mata pelajarannya, mengacu pada pedoman penskoran.

3. Bentuk asesmen lainnya

Apabila asesmen dilaksanakan dalam bentuk portofolio, penugasan, praktik dan sejenisnya, maka pemeriksaan dan pengolahan hasil asesmen mengacu pada pedoman penskoran yang dibuat oleh guru mata pelajaran atau panitia AM.

Pengolahan Hasil AM

Nilai AM dalam bentuk angka dengan rentang nilai 0 (nol) s.d 100 (seratus). Apabila asesmen dilaksanakan lebih dari satu bentuk tes, maka madrasah dapat membuat pembobotan antara nilai tertulis, portofolio, penugasan, praktik, dan lain sebagainya.Pembobotan nilai ditentukan oleh masing-masing madrasah penyelenggara Asesmen Madrasah.

Jadwal Asesmen Madrasah TP 2023/2024

Di dalam POS Asesmen Madrasah Tahun 2024 diinformasikan bahwa waktu pelaksanaan Asemen Madrasah Tahun Pelajaran 2023/2024 ditentukan oleh masing-masing madrasah penyelenggara AM, dengan memperhatikan ketuntasan kurikulum, Kalender pendidikan masing-masing madrasah, dan juga hari libur nasional/keagamaan.

Ketiga hal ini menjadi pedoman bagi masing-masing madrasah untuk menentukan jadwal AM Tahun Pelajaran 2023/2024. 

Selain ketiga hal tersebut, penetapan hari dan tanggal penyelenggaraan Asesmen Madrasah juga perlu memperhatikan rentang waktu pelaksanaan Asesmen Madrasah Tahun Pelajaran 2023/2024 sesuai ketentuan dalam POS Asesmen Madrasah 2024.

Berikut ini adalah rentang waktu penyelenggaraan Asesmen Madrasah Tahun 2024 untuk jenjang MI, MTS, dan MA.

a. Rentang waktu Asesmen Madrasah Tahun 2024 utuk MI adalah tanggal 29 April sampai dengan 18 Mei 2024.

b. Rentang waktu Asesmen Madrasah Tahun 2024 untuk MTs adalah tanggal 22 April sampai dengan 11 Mei 2024.

c. Rentang waktu Asesmen Madrasah Tahun 2024 untuk MA adalah tanggal 4 Maret sampai dengan 30 Maret 2024.

Pemeriksaan dan Pengolahan hasil Asesmen Madrasah

Proses pemeriksaan dan pengolahan hasil AM berdasarkan POS Asesmen Madrasah (AM)  Tahun 2024 diatur sebagai berikut.

1. Asesmen Madrasah Berbasis Komputer. Asesmen yang dilaksanakan berbasis komputer, pemeriksaan dan pengolahan hasil Asesmen dilakukan secara komputerisasi.

2. Asesmen Madrasah Berbasis Kertas

a. Soal Bentuk Pilihan Ganda

Soal AM bentuk pilihan ganda dapat diperiksa secara manual atau menggunakan alat pemindai.

b. Soal Bentuk Uraian

Soal bentuk uraian diperiksa secara manual oleh guru sesuai mata pelajarannya, mengacu pada pedoman penskoran.

3. Bentuk Asesmen lainnya

Asesmen yang dilaksanakan dalam bentuk portofolio, penugasan, praktik dan sejenisnya, maka pemeriksaan dan pengolahan hasil asesmen mengacu pada pedoman penskoran yang d.ibuat oleh guru mata pelajaran atau panitia Asesmen.

4. Pengolahan Hasil AM

a. Nilai AM dalam bentuk angka dengan rentang nilai 0 (nol) s.d 100 (seratus).

b. Asesmen yang dilaksanakan lebih dari satu bentuk tes, maka madrasah dapat membuat pembobotan antara nilai tes tulis, portofolio, penugasan, praktik dan bentuk lainnya.

c. Pembobotan nilai d.itentukan oleh masing-masing madrasah penyelenggara Asesmen.

Jadwal Pengumuman Kelulusan

Pengumuman kelulusan peserta didik dilakukan oleh masing-masing madrasah.

1. Pengumuman kelulusan MA/MAK diperkirakan minggu pertama Mei 2024.

2. Pengumuman kelulusan MI dan MTs diperkirakan minggu kedua Juni 2024.

Pengumuman kelulusan menyesuaikan dengan kebijakan dari pemerintah pusat dan/ atau 3. pemerintah daerah.

Latihan Soal Asesmen Madrasah Geografi MA Tahun 2024

Asesmen Madrasah adalah asesmen sumatif yang diselenggarakan pada akhir jenjang pendidikan madrasah untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik sesuai Standar Kompetensi Lulusan yang telah ditetapkan.

Fungsi dari asesmen madrasah salah satunya adalah untuk penentuan kelulusan peserta didik dari madrasah. Oleh karena itu kualitas instrumen atau soal asesmen menjadi sangat penting.

Latihan soal AM Geografi jenjang MA Tahun Pelajaran 2023/2024 yang dibagikan ini dapat menjadi referensi untuk satuan madrasah yang akan menyelenggarakan Asesmen dalam bentuk soal asesmen tertulis.

Baca : Unduh Kisi-kisi Asesmen Madrasah Tahun 2024 Mapel PAI dan Bahasa Arab

Latihan soal Asesmen Madrasah (AM) Geografi MA Tahun Pelajaran 2023/2024 selengkapnya dapat di unduh pada tautan berikut ini.

Latihan Soal AM Geografi  MA Tahun 2024 – Unduh

Demikian contoh soal Asesmen Madrasah (AM) Geografi jenjang Madrasah Aliyah (MA) TP 2023/2024. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan