Latihan Soal PAS Gasal Ke-NU-an Kelas 11 SMA MA Tahun 2022

Latihan Soal PAS Gasal Ke-NU-an Kelas 11 SMA MA Tahun 2022

Gurubagi.com. Berikut ini kami bagikan latihan soal Penilaian Akhir Semester PAS gasal  untuk ke-NU-an kelas 11 SMA MA Tahun Pelajaran  2022/2023.

Latihan soal PAS gasal ke0NU-an kelas 11 SMA MA ini untuk membantu belajar peserta didik dalam melaksanakan PAS ke-NU-an Tahun  pelajaran 2022/2023.

Bentuk latihan soal PAS gasal ke-NU-an kelas 11 SMA/MA Tahun Pelajaran 2022/2023 ini adalah Pilihan Ganda dengan lima alternatif jawaban dan sudah tersedia kunci jawabannya yang dapat di unduh dengan mudah.

Soal nomor 1

Menyekutukan Allah dalam hal ketuhanan, yakni menuhankan dzat lain selain Allah, padahal tidak ada yang mampu menyamai Allah SWT. Menurut Ibnu Manzhur, ungkapan tersebut mencerminkan perbuatan ….

A. kafir

B. murtad

C. sirik

D. munafik

E. ahli bid’ah

Soal nomor 2

Berikut ini yang bukan termasuk kata kunci perbuatan syirik menurut KH. Saifudin Halim adalah ….

A. memberi sifat kepada selain Allah dengan sifat yang khusus hanya milik Allah

B. beribadah kepada selain Allah

C. berpikiran bahwa ada makhluk yang memiliki kemampuan sebagaimana milik Allah

D. mengabdi hanya kepada Allah

E. semua salah

Soal nomor 3

Kata kafir dalam kamus Al-Munjid diartikan sebagai ….

A. memasukkan

B. menutupi

C. mengeluarkan

D. membenarkan

E. menyalahkan

Soal nomor 4

Di dalam QS. Ibrahim : 07 Allah berfirman:

Arti kata yang bergaris bawah diatas adalah ….

A. keluar dari islam

B. menentang agama islam

C. tidak mengucap syahadat

D. mengingkari nikmat Allah

E. mensyukuri nikmat Allah

Soal nomor 5

Para ulama membagi kufur menjadi dua bagian, yaitu salah satunya kufur Akbar yang terbatas pada hal ….

A. aqidah

B. ibadah

C. muamalah

D. akhlak

E. hakikat

Soal nomor 6

Sejarah mencatat bahwa pertama kali kelompok yang mentradisikan menuduh mukmin sebagai kafir dan menghalalkan darahnya adalah ….

A. Syiah

B. Khawarij

C. Mu’tazilah

D. Wahabi

E. Ahmadiyah

Soal nomor 7

Banyak dari kelompok-kelompok tertentu dari zaman dahulu selalu memvonis kafir kepada sesama orang Islam.

Hal ini dikarenakan …

A. salah menempatkan ayat-ayat tentang kafir untuk orang Islam

B. antipati terhadap orang-orang diluar kelompoknya

C. fanatisme berlebihan terhadap kelompoknya

D. terikat dengan misi dari kelompoknya

E. ada kepentingan dunyawi yang selalu diperjuangkan

Soal nomor 8

Ciri pokok yang membedakan antara orang muslim dan kafir itu sendiri adalah ….

A. pekerjaan

B. keyakinan

C. perbuatan

D. ucapan

E. muamalah

Soal nomor 9

“Wajib menahan diri dari mengkafirkan para ahli takwil karena sesungguhnya menghalalkan darah orang yang shalat dan bertauhid itu sebuah kekeliruan”.

Ungkapan ini adalah pernyataan dari ….

A. Imam Sanusi

B. Qadhi Iyad

C. Ibnu Arabi

D. Imam Asy’ari

E. Ibnu Sina

Soal nomor 10

Konsekuensi dari menuduh kafir terhadap orang mukmin, menurut hadis nabi jika salah dalam menuduh maka tuduhan tersebut kembali kepada ….

A. orang tuanya

B. dirinya sendiri

C. anak-anaknya

D. keluarganya

E. orang lain

Soal nomor 11

Dibalik ucapan mengkafirkan orang lain itu sebenarnya tersembunyi perasaan ….

A. rendah hati

B. pemaaf

C. sombong

D. pemurah

E. riya’

Soal nomor 12

Berikut ini yang bukan termasuk konsekuensi dari menuduh kafir terhadap orang mukmin bila tuduhannya salah sesuai aturan syariat, akibat yang diterima di dunia dan akhirat adalah ….

A. dibunuh bila tidak taubat

B. hilang hak warisnya

C. rusak pernikahannya

D. dikembalikan hartanya

E. mendapatkan azab yang pedih

Soal nomor 13

Pada awal masa Islam Rasulullah shalallahu alaihi wassalam pernah melarang umatnya untuk berziarah kubur. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga ….

A. ibadah umat Islam

B. muamalah umat Islam

C. aqidah umat Islam

D. keyakinan kaum jahiliyah

E. tradisi kaum Arab

Soal nomor 14

Hadits yang menjelaskan tentang Rasulullah awalnya melarang ziarah kubur, kemudian memperbolehkannya diriwayatkan oleh ….

A. Imam Abu Dawud

B. Imam Bukhari

C. Imam Muslim

D. Imam Turmudzi

E. Imam An-Nasa’i

Soal nomor 15

Umat Islam yang melakukan ziarah kubur, bukan berarti ia menyembah kuburan atau nisan melainkan mereka mengingat ….

A. harta benda

B. dunia

C. kematian

D. amal

E. pahala

Soal nomor 16

Terdapat suatu riwayat bahwa Rasulullah melakukan ziarah kubur setiap awal tahun kepada ….

A. ayah dan bunda Rasulullah

B. paman Rasulullah

C. kakek Rasulullah

D. para nabi dan rasul terdahulu

E. para syuhada perang Uhud

Soal nomor 17

Segala sesuatu yang menjadi sebab sampainya kepada tujuan disebut dengan ….

A. istighosah

B. tabarruk

C. tawakal

D. tawasul

E. tawajjuh

Soal nomor 18

Dasar diperbolehkannya bertawasul tercantum dalam ayat Al Quran surat ….

A. Al-Maidah : 34

B. Al-Maidah : 35

C. Al-Maidah : 36

D. Al-Maidah : 37

E. Al-Maidah : 38

Soal nomor 19

Menurut Ibnu Taimiyah, tawassul dan istighosah dengan orang Sholeh yang sudah wafat merupakan ….

A. bid’ah dholalah

B. bid’ah sayyi’ah

C. perbuatan syirik

D. perbuatan kufur

E. bukan kemungkaran

Soal nomor 20

Pengertian tabarruk dari segi bahasa adalah ….

A. berkembang

B. bersambung

C. berjalan

D. menyampaikan

E. berkah

Soal nomor 21

Lafadz yang bergaris bawah pada potongan ayat dari QS. Maryam:31 di bawah ini memiliki arti…

A. tempat yang diberkahi

B. orang yang diberkahi

C. pemberi barokah

D. hasil barokah

E. manfaat barokah

Soal nomor 22

Hadits adalah dalil tentang ….

A. bolehnya membawa azimat secara muthlak

B. bolehnya membawa azimat untuk keperluan

C. colehnya membawa azimat yang mengandung Al-Qur’an

D. tidak dibolehkannya azimat yg menyalahi aturan syariat

E tidak dibolehkannya azimat secara muthlak

Soal nomor 23

Pernyataan di bawah ini yang tidak benar adalah ….

A. ngalap barokah hanya sebagai perantara

B. hakikat yang memberi adalah Allah

C. meyakini wali hanya sebagai perantara

D. meyakini tempat keramat bisa memberi kekayaan

E. satu-satunya dzat yang memberi barokah adalah Allah

Baca :

Soal nomor 24

Nama lain dari shalawat nariyah adalah ….

A. Shalawat Munjiyat

B. Shalawat Fatih

C. Shalawat Nuril Anwar

D. Shalawat Tibbil Qulub

E. Shalawat Tafrijiyah Qurthubiyyah

Soal nomor 25

Muallif (pengarang) shalawat nariyah adalah ….

A. Syekh Ali Jumah

B. Syekh Abdullah al-Ghummar

C. Syekh Ahmad At-Tazi Al-Maghribi

D. Syekh Muhammad At-Tunisi

E. Syekh Yasin Al-Fadani

Soal nomor 26

Hukum menjadikan ayat-ayat Al-Quran, dzikir dan doa sebagai tameng atau pelindung diri adalah ….

A. wajib

B. sunnah

C. haram

D. makruh

E. boleh

Soal nomor 27

Ketika membaca dalailul khoirot tidak ada perayaan maulid seperti mahallul qiyam dan sebagainya.

Hal ini karena ….

A. dalailul khoirot bukan kitab maulid

B. dalailul khoirot berisikan shalawat

C. dalailul khoirot bukan dari Indonesia

D. dalailul khoirot tidak dibaca ketika maulid

E. tidak ada narasi khusus tentang proses kelahiran nabi

Soal nomor 28

Penyusun kitab dalailul khoirot adaah ….

A. Syekh Abdul Qodir  Al-Jilani

B. Syekh Muhammad bin Sulaiman Al-Jazuli

C. Syekh Ahmad Al-Tazi

D. Syekh Mahfudz Al-Turmusi

E. Syekh Nawawi Al-Bantani

Soal nomor 29

Niat adalah menyengaja melakukan sesuatu pekerjaan yang disertai pekerjaan tersebut. selain itu niat menjadi dasar….

A. keabsahan ibadah

B. kesempurnaan ibadah

C. ketergantungan ibadah,

D. keajaiban ibadah

E. tambahan ibadah

Soal nomor 30

Di dalam niat yang menentukan keabsahannya apabila ….

A. diucapkan oleh lisan

B. diucapkan oleh hati

C. ditandai dengan pekerjaan awal ibadah

D. dilakukan di tengah-tengah ibadah

E. dilakukan setelah ibadah

Soal nomor 31

Kesunahan mengucapkan niat sebelum shalat oleh para sebagian ulama diqiyaskan atau disamakan dengan hadits, yaitu ….

A. Nabi pernah mengucapkan niat dalam bentuk talbiyah untuk haji atau umroh

B. Nabi pernah mengucapkan niat ketika puasa

C. Nabi pernah mengucapkan niat ketika zakat

D. Nabi pernah mengucapkan niat ketika jihad

E. Nabi pernah mengucapkan niat ketika muamalah

Soal nomor 32

Sunnah hukumnya mengucapkan niat sesaat sebelum takbir, dengan tujuan lisan dapat menuntun hati agar lebih mantap dalam niat.

Hal ini adalah pendapat dari ….

A. Imam Maturidi

B. Imam Asy’ari

C. Imam Romli

D. Imam Syaukani

E. Imam Yusuf Qordlowi

Soal nomor 33

Mengucapkan niat dengan lisan sebelum shalat hukumnya menurut madzhab Hanafi adalah ….

A. wajib

B. sunnah

C. makruh

D. mubah

E. haram

Soal nomor 34

Niat yang diucapkan dengan lisan sebelum memulai ibadah bukanlah bentuk ibadah mandiri atau mengganti tempatnya niat yang memang di hati itu ke lisan melainkan sebagai ….

A. dasar ibadah

B. tujuan ibadah

C. perantara hati

D. pokok ibadah

E. hakikat ibadah

Soal nomor 35

“Tidaklah dua orang muslim bertemu kemudian keduanya bersalaman, kecuali diampuni dosanya sebelum mereka berpisah”.

Hadits tersebut diriwayatkan oleh ….

A. Abdullah bin Masud

B. Abdullah bin Abbas

C. Al-Barra’ bin Azib

D. Anas bin Malik

E. Bukhari Muslim

Soal nomor  36

Perhatikan do’a di bawah ini!

Kalimat di atas adalah doa Rasulullah setelah selesai….

A. makan

B. tidur

C. shalat

D. berpakaian

E. bepergian

Soal nomor 37

Imam Nawawi dalam kitab Al-Adzkar menyatakan bahwa hukum mengusap wajah setelah shalat adalah ….

A. wajib

B. sunnah

C. mubah

D. makruh

E. haram

Soal nomor 38

Berjabat tangan setelah shalat menjadi kegiatan rutin oleh warga Nahdliyin, hal ini selain untuk menambah rasa cinta di antara sesama muslim juga untuk ….

A. mengikat pondasi persaudaraan di antara mereka

B. memberi motifasi untuk menyegarkan suasana hati

C. menambah kekuatan jasmani dan rohani

D. menambah kebutuhan materi

E. memperoleh informasi terkini

Soal nomor 39

Perhatikan hadis di bawah ini!

Hadis yang diriwayatkan Yazid bin Aswad diatas menjadi salah satu dalil tentang ….

A. bersalaman setelah sholat

B. berzikir setelah shalat

C. makan bersama setelah shalat

D. membaca Alquran setelah shalat

E. tausiah setelah shalat

Soal nomor 40

Menurut Imam Nawawi dalam fatawinya, berjabat tangan setelah shalat hukumnya sunnah dikarenakan ….

A. orang yang selesai shalat dianggap telah suci dari dosa

B. orang yang selesai shalat dianggap mendapatkan banyak pahala

C. orang yang selesai shalat dianggap bersih jasmani dan rohaninya

D. orang yang selesai shalat dianggap orang yang baru bertemu

E. orang yang selesai shalat selalu berseri-seri wajahnya

Kunci Jawaban – Unduh

Demikian yang dapat kami bagikan mengenai latihan soal PAS gasal Ke-Nu-an kelas 11 Tahun 2022. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan