Latihan Soal Pretest PPG 2022 Kompetensi Pedagogik dan Kunci Jawaban

Latihan Soal Pretest PPG 2022 Kompetensi Pedagogik dan Kunci Jawaban

Gurubagi.com. Latihan soal pretest Pendidikan Profesi Guru PPG tahun 2022 Kompetensi Pedagogik dan kunci jawabannya ini kami bagikan sebagai bahan referensi belajar peserta PPG dalam mengikuti pretest PPG.

Tahap awal yang dilakukan Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan sebagai upaya untuk mengetahui capaian kompetensi awal peserta PPG adalah pretes PPG.

Soal pretes PPG terbagi dalam tiga bentuk, yaitu soal tes Kompetensi Pedagogik, soal tes Kompetensi Kepribadian dan Sosial, serta soal tes Kompetensi Profesional.

Hasil pretest PPG tersebut akan digunakan sebagai pedoman pemetaan kompetensi guru untuk Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).

Melalui Program Pendidikan Guru (PPG), guru dapat menguasai kompetensi secara utuh sesuai dengan standar nasional pendidikan, sehingga diperoleh Sertifikat Pendidik Profesional.

Program PPG diselenggarakan oleh perguruan tinggi yang memiliki lembaga pendidikan tenaga kependidikan yang telah memenuhi persyaratan.

Baca :

Tujuan umum program Pendidikan Profesi Guru (PPG) adalah sesuai dengan yang diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 3, yaitu untuk menghasilkan calon guru yang memiliki kemampuan mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Latihan Soal Pretest PPG Tahun 2022 Kompetensi Pedagogik

Kompetensi pedagogik merupakan kemampuan guru dalam hal pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.

Indikator pengukuran kompetensi pedagogik guru berdasarkan Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 adalah sebagai berikut.

1. Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual.

2. Menguasai teori belajar dan prinsip–prinsip pembelajaran yang mendidik.

3. Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan bidang pengembangan yang diampu.

3. Menyelenggarakan kegiatan pengembangan yang mendidik.

4. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan penyelenggaraan kegiatan pengembangan yang mendidik.

5. Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.

6. Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik.

7. Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.

8. Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran.

9. Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran.

Latihan soal Kompetensi Pedagogik pretest PPG yang dibagikan ini sudah dilengkapi dengan kunci jawabannya. Soal berbentuk pilihan ganda dengan empat alternatif jawaban.

Latihan soal pretest Pendidikan Profesi Guru kompetensi pedagogik dan kunci jawabannya selengkapnya dapat di unduh pada tautan berikut ini.

Latihan soal PPG Pedagogik – Unduh

Kunci Jawaban – Unduh

Demikian yang dapat kami bagikan mengenai latihan soal pretest program PPG kompetensi pedagogik tahun 2022 dan kunci jawabannya. Semoga bermanfaat

You May Also Like

Tinggalkan Balasan