Manfaat Kunyit untuk Kecantikan Kulit, Salah Satunya Mengobati Jerawat

Manfaat Kunyit untuk Kecantikan Kulit, Salah Satunya Mengobati Jerawat

Manfaat Kunyit untuk Kecantikan Kulit, Salah Satunya Mengobati Jerawat

Gurubagi.com. Kunyit termasuk salah satu tanaman herbal yang sering digunakan dalam pengobatan tradisional. Selain untuk kesehatan  kunyit juga dapat digunakan untuk perawatan kecantikan kulit wajah Anda.

Kunyit diketahui mengandung zat-zat yang bermanfaat diantaranya vitamin C, kalsium, magnesium, fosfor dan sebagainya. Kunyit juga memiliki sifat antioksidan, antiinflamasi, dan antimikroba. Senyawa inilah yang memberikan khasiat bagi kulit wajah.

Kunyit biasanya dihgunakan sebagai bahan masker wajah. Masker kunyit diketahui dapat memberikan beragam kebaikan bagi kulit wajah, mulai dari mencerahkan kulit hingga mengatasi jerawat.

Tidak hanya itu, selain kunyit banyak bisa Anda temukan, perawatan dengan herbal bumbu dapur ini juga bisa dengan mudah membuatnya. Berikut ini manfaat kunyit bagi kecantikan kulit Anda salah satunya mengobati jerawat.

1. Mencerahkan kulit

Manfaat kunyit yang pertama adalah dapat mencerahkan kulit wajah. Penggunaan masker kunyit secara rutin bisa membuat kulit wajah tampak lebih cerah..

Hal ini karena kandungan antioksidan dalam kunyit yang mampu melawan radikal bebas sebagai salah satu penyebab kulit kusam.

2. Mengobati jerawat

Manfaat kunyit untuk  mengatasi jerawat, bisa dengan cara membuat masker wajah dari kunyit.  Caranya dengan mencampurkan satu sendok makan bubuk kunyit atau 3 sendok makan air perasan kunyit segarbahkan  sedikit yogurt dan madu.

Kemudian aduk merata hingga menjadi pasta yang kental. Jika sudah, ratakan hasil campuran tadi ke bagian wajah selama kurang lebih 15 menit.

3. Menyamarkan kantung mata

Manfaat berikut kunyit dapat menyamarkan kantung mata. Sifat antiradang pada kunyit dapat menimbulkan atau memicu sirkulasi darah sampai membantu menyamarkan kantung mata.

Kunyit juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit, sehingga membantu menyamarkan lingkaran hitam pada kantung mata.

4. Menyamarkan bekas jerawat

Tak hanya mampu menyamarkan kantung  mata,  masker kunyit juga diyakini dapat menyamarkan bekas luka jerawat. Bahkan, sifat antioksidan dari kunyit juga dipercaya mampu menurunkan risiko kanker kulit.

5. Memperlambat Penuaan Kulit

Manfaat kunyit untuk kulit wajah berikutnya yaitu membantu memperlambat penuaan kulit.  Tanda-tanda penuaan pada kulit bisa terjadi karena berbagai faktor, seperti terkena sinar UV dan polusi lingkungan.

Biasanya, tanda penuaan pertama kali muncul di sekitar mata, dahi, dan leher. Kurkumin dalam kunyit menjadi senyawa antioksidan tinggi, yang meningkatkan produksi kolagen dan memperkuat elastisitas kulit.

6. Mengatasi kulit berminyak

Manfaat berikutnya masker kunyit dapat mengatasai kulit berminyak. Manfaat kunyit bagi wajah mampu mengontrol kelebihan produksi minyak dan sebum di pori-pori kulit.

Anda bisa membuat masker kunyit dengan cara mencampurkan 2 sendok makan bubuk kunyit dengan 3 sendok makan air jeruk lemon atau jeruk nipis  matang.

Pakail campuran tadi sebagai masker di bagian wajah dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat hingga bersih.

Baca : Kluwek, Bumbu Dapur Tradisional yang Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Cara Membuat Masker Kunyit

Menggunakan masker kunyit secara teratur merupakan salah satu cara untuk memperoleh manfaat kunyit untuk wajah secara optimal. Anda pun bisa membuatnya sendiri di rumah.

Berikut ini adalah salah satu cara membuat masker kunyit yang Anda bisa terapkan, antara lain:

  • Siapkan 1 sendok teh kunyit yang telah dihaluskan dan 1 sendok makan gel lidah buaya.
  • Campurkan kunyit dan lidah buaya hingga mengental.
  • Oleskan pada wajah hingga merata.
  • Diamkan selama 15–20 menit.
  • Bilas dengan air hangat.

Biasanya setelah menggunakan masker kulit berwarna kekuningan. Agar bekas kekuningan pada kulit wajah cepat menghilang, Anda dapat menggunakan pembersih wajah yang mengandung scrub.

Demikian manfaat kunyit untuk kecantikan kulit, salah satunya mengobati jerawat. Semoga bermanfaat

You May Also Like

Tinggalkan Balasan