Maskot Kompetisi Sains Madrasah KSM Nasional 2024 dan Maknanya

Maskot Kompetisi Sains Madrasah KSM Nasional 2024 dan Maknanya

Maskot Kompetisi Sains Madrasah KSM Nasional 2024 dan Maknanya

Gurubagi.com. Penyelenggara KSM tingkat nasional tahun 2024 telah menetapkan Maskot Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Nasional 2024.

Kompetisi Sains Madrasah 2024 mengusung tagline baru Madrasah, yaitu “Madrasah Maju, Bermutu, Mendunia”. Melalui tagline tersebut, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam selaku penyelenggara KSM 20224 menyampaikan bahwa pelaksanaan KSM tahun 2024 mempunyai beberapa distingsi, diantaranya adalah kompetisi yang bersifat merit-based, yaitu menjadikan kualifikasi dan kompetensi peserta sebagai pertimbangan penilaian.

KSM Tahun 2024 juga menambahkan kompetisi beregu di mana penekanan diberikan pada kerja-kerja kolaborasi yang merupakan hal penting dalam kegiatan saintifik di Abad 21.

Selain itu, Kompetisi Sains Madrasah 2024 meneguhkan pula rekognisi madrasah yang lebih luas baik nasional maupun internasional. Hal ini dilakukan dengan pembuatan soal yang bersifat kontekstual, mengacu kepada isu-isu sains internasional, variasi soal pilihan ganda, esai singkat dan uraian, serta melibatkan juri-juri tingkat nasional dan mengundang juri mitra internasional.

Secara umum, pelaksanaan KSM Tahun 2024 bertujuan untuk memperteguh akhlak mulia, kreatif, inovatif, berwawasan kebangsaan, cerdas, sehat, disiplin serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

Sedangkan secara khusus tujuan KSM Tahun 2024 adalah sebagai berikut.

1. Menyediakan wahana bagi siswa madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains.

2. Memotivasi siswa madrasah agar selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual berdasarkan nilai-nilai agama.

3. Menumbuhkembangkan budaya kompetitif dan kolaboratif untuk maju bersaman-sama meraih prestasi di kalangan siswa madrasah.

4. Menjaring siswa-siswi terbaik di madrasah dalam bidang sains dan teknologi untuk meneruskan studi lanjut sarjana di perguruan tinggi terkemuka nasional dan perguruan tinggi internasional.

Bidang KSM Tahun 2024 untuk jenjang MI, MTs, dan MA selengkapnya adalah sebagai berikut.

Maskot KSM Nasional 2024 dan Maknanya

Maskot KSM Nasional Tahun 2024 tercantum di dalam Lampiran Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 2313 tahun 2024 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah Tahun 2024.

Baca : Petunjuk Teknis  Juknis Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2024

KSM Nasional 2024 akan dilaksanakan pada tanggal 3 s.d. 8 September 2024 bertempat di lokasi KSM di Maluku Utara.

Maskot KSM Nasional tahun 2024 di Provinsi Maluku Utara adalah burung BIDADARI. Burung bidadari sebagai salah satu species burung endemik langkah yang berada di Pulau Halmahera dan menjadi salah satu ikon Maluku Utara.

Burung bidadri halmahera dengan nama latin samioptera wallaci dalam mascot KSM Nasional tahun 2024 memiliki makna sebagai berikut.

1. Sang bidadari menggunakan tuala polulu (penutup kepala) berwarna kuning menggambarkan bahwa masyarakat (bala kusu sekano-kano) Moluku Kie Raha siap mensukseskan event Kompetisi Sains Madrasah dan My RessTahun 2024. Warna kuning melambangkan aura kehangatan, optimisme, keceriaan dalam mengembangkan semangat edukatif.

Baca : Materi Soal Kompetisi Sains Madrasah KSM MI MTS MA 2024

2. Baju warna putih yang dikenakan sang bidadari melambangkan kesucian, kebeningan hati dan penuh keakraban masyarakat maluku utara dalam menerima duta kompetensi sains madrasah yang akan berlomba di negeri para Raja Moluku Kie Raha.

3. Sang bidadri menggunakan salempang berwarna merah menandakan kehangatan dan persahabatan serta keluhuran budi, keteguhan para pemimpin dan rakyat moloku kierraha dalam menjaga bingkai keimanan dan bingkai kehidupan bernegara agar kokoh dalam satu NKRI yang dijabarkan dalam semboyan jou se ngofa ngare.

4. Warna hitam melambangkan ketegasan, keteguhan dan profesionalitas dalam bersaing pada event kompetisi sains madrasah dengan tetap menjunjug tinggi nilai-nilai sportifitas.

5. Warna hijau adalah simbol kemakmuran dan kesuburan yang mengingatkan kita pada keluhuran budi, kebaikan moral serta mampu menjadi insan yang senantiasa mencintai alam sebagai bentuk rasa syukur atas karunia Allah SWT. Bahwa alam harus dijaga keindahannya dan dipertahankan demi kelangsungan kehidupan anak cucu pada masanya.

6. Simbol jempol pada burung bidadari menunjukan bahwa madrasah siap menjadi lembaga pendidikan yang mampu melahirkan generasi muda yang beriman dan berilmu pengetahuan

7. Tulisan KSM Maluku Utara 2024 adalah kesiapan maluku utara menjadi tuan rumah pada pelaksanaan kompetisi sains madrasah (KSM) dan My Ress tingkat nasional tahun 2024.

Demikian maskot KSM Nasional 2024 dan maknanya. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan