Media Kartu Pada Pembelajaran Kimia dan Penggunaannya

Media Kartu Pada Pembelajaran Kimia dan Penggunaannya

Media Kartu Pada Pembelajaran Kimia dan Penggunaannya

Gurubagi.Com. Media pembelajaran kimia secara umum merupakan alat bantu untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan peserta didik, sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam proses pembelajaran.

Kita selaku  guru dituntut  mampu menggunakan media pembelajaran yang dapat disediakan oleh sekolah, dan tidak tertutup kemungkinan bahwa alat-alat tersebut sesuai dengan perkembangan dan tuntutan zaman.

Ketepatan           dalam                     penggunaan       metode pembelajaran oleh guru dapat membangkitkan motivasi dan minat peserta didik terhadap mata pelajaran kimia yang diberikan.

Baca :

Keunggulan dari media kartu ini secara umum mudah cara pembuatannya, harganya juga lebih terjangkau, penggunaannya tidak terlalu rumit, mudah untuk dibawa, dan dapat menarik minat peserta didik.

Media kartu sangat cocok untuk materi kimia, dan dapat menghidupkan suasana pembelajaran, karena penggunaanya media kartu ini umumnya berkelompok atau lebih dari 2 anak.

Media kartu ini merupakan permainan yang berisikan pertanyaan atau perintah yang harus peserta dididk kerjakan secara jujur.

Selain untuk pelajaran kimia, media kartu juga menarik untuk pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam lainnya seperti Biologi dan Fisika.

Media Pembelajaran Kartu

Berikut ini adalah materi kimia yang dapat menggunakan media kartu saat pembelajaran.

1. Kartu Domino Materi Koloid

Kartu domino kimia hampir sama dengan kartu domino pada umumnya. Perbedaanya yaitu menggantikan bulatan-bulatan dengan jumlah tertentu atau balak yang ada dalam kartu domino dengan gambar yang berhubungan materi kimia koloid.

Aturan permainan sama dengan permainan domino biasanya. Kartu soal berisi soal-soal yang mencakup seluruh materi koloid dan peserta didik harus menjawab soal dalam kartu kosong yang telah tersedia.

Guru atau Peserta didik dapat membuat kartu soal sendiri dengan cara menggunakan kertas karton berukuran 6 x 10 cm.

2. Kartu Kuartet Materi Asam Basa

Media kartu kuartet menyajikan materi secara menarik, berisikan tentang konsep asam, basa dan garam, sehingga peserta didik dapat bermain sambil belajar dan menghilangkan kejenuhan.

Kartu Kuartet berupa kertas tebal seperti karcis yang berkelompok empat. Terdiri atas beberapa jumlah kartu bergambar dan tertera keterangan berupa tulisan yang menerangkan gambar tersebut.

Permainan kartu ini membuat pasangan kartu berjumlah 4 sebagai satu pasangan. Peserta didik dapat menggunakan satu set kartu kuartet untuk permainan yang terdiri dari 24 atau bisa juga 32 lembar kartu.

Setiap lembar kartu komposisinya terdiri dari gambar dan sebuah tema utama dengan menuliskannya pada bagian tengah atas.

Pada bagian  bawah tulisan tema tersebut tertulis 4 anggota kelompok tema dengan aturan susunan, tulisan yang paling atas dan dicetak tebal adalah nama dari gambar yang tertera.

3. Kartu Berpasangan Materi Ikatan Kimia

Kartu Berpasangan atau Index card match yaitu sejumlah kartu berukuran 10×4 cm atau  guru dapat membentuk kartu  sesuai keingan.

Agar menarik kartu dapat  terdiri dar dari dua warna, semisal biru untuk kartu dengan isi nama unsur logam bermuatan positif, dan warna putih untuk kartu dengan unsur non logam bermuatan negatif.

Media ini mengajak peserta didik untuk bermain dengan memasangkan antara kartu biru dan kartu putih sesuai pasangan ion, secara tidak langsung juga peserta didik dapat belajar menysun senyawa kimia.

Peserta didik menuliskan reaksi kimia dan menyebutkan nama senyawa dari  temuan pasangan kartu yang mereka dapatkan.

Sebelum pembelajaran dengan media kartu ini peserta didik terlebih dahulu mendapatkan tugas untuk mempelajari materi pembelajaran, sehingga ketika masuk kelas mereka sudah memiliki bekal pengetahuan .

4. Kartu Soal Materi  Sistem Periodik Unsur

Media kartu soal merupakan kartu yang berisi soal-soal, sehingga peserta didik harus menjawabnya.

Kartu soal ini melatih peserta didik  mengerjakan soal sambil berdiskusi dengan kelompoknya, sehingga dapat meningkatkan pemahaman tentang materi yang  guru ajarkan.

Kartu soal ini dapat terbuat dari kertas karton atau manila berwarna, agar lebih menarik. Ukuran kertas karton 10×20 cm atau dapat menyesuaikan sesuai keinginan, selanjutnya menuliskan pertanyaan dari materi periodik unsur tersebut.

Setiap kelompok yang mendapatkan kartu wajib dapat menjawab pertanyaan yang sudah tertera dalam kartu soal secara diskusi.

Penerapan media kartu soal merupakan alternatif untuk meningkatkan keefektifan proses dan hasil belajar.

Demikian sekilas pembahasan mengenai media kartu pada pembelajaran Kimia dan penggunaannya. Semoga bermanfaat.

 

You May Also Like

Tinggalkan Balasan