Modul PJJ Kelas 5 SD Semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2022

Modul PJJ Kelas 5 SD Semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2022

Modul PJJ Kelas 5 SD Semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2022

Gurubagi.com. Modul Pembelajaran Jarak Jauh PJJ Kelas 5 SD Semester 2 telah diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan melalui Direktorat Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan, Kemdikbud.

Modul PJJ Kelas 5 SD Semester 2 ini merupakan bahan ajar yang dirancang untuk digunakan dalam belajar mandiri berbasis akivitas pada tahun pelajaran 2021/2022.

Pembelajaran jarak jauh masih akan diberlakukan pada tahun pelajaran 2021/2022, sehinigga Modul PJJ Berbasis Aktivitas ini sangat menunjang dalam kegiatan pembelajaran tersebut,

Modul ini akan membantu dan memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi peserta didik untuk mencapai kompetensi yang dituju secara mandiri.

Sebagai bahan ajar, maka unsur­-unsur pokok modul PJJ Berbasis Aktivitas ini terdiri atas : tujuan pembelajaran, aktivitas pembelajaran, dan evaluasi.

Tujuan pembelajaran menjadi sasaran penguasaan kompetensi yang dituju dalam belajar. Aktivitas pembelajaran berupa aktivitas­-aktivitas yang dilakukan peserta didik agar mem­peroleh pengalaman­pengalaman belajar yang bermakna dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Evaluasi adalah proses penentuan kesesuaian antara proses dan hasil belajar dengan tujuan pem­belajaran. Di dalam hal ini, evaluasi bertujuan untuk memberikan latihan sekaligus mengukur tingkat ketercapaian kompetensi yang diperoleh peserta didik sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan pada bagian awal modul.

Modul ini menggunakan pendekatan belajar tuntas. Di dalam hal ini peserta didik harus mencapai tingkat ketuntasan kompetensi ter­tentu sebelum melanjutkan untuk pencapaian kompetensi selanjutnya pada modul berikutnya.

Aktivitas pembelajaran dalam modul ini berpusat pada diri peserta didik, bukan pada guru maupun materi ajar. Peserta didik merupakan subjek yang aktif dan bertanggung jawab dalam pem­belajarannya sendiri sesuai dengan kecepatan belajar masing-masing.

Strategi pembelajaran dalam modul ini memfasilitasi pengala­man belajar bermakna. Selain memperoleh kompetensi utama, yaitu kompetensi yang ditetapkan pada tujuan pembelajaran, peserta didik juga akan memperoleh pengalaman belajar terkait dengan pengembangan karakter, literasi, berpikir kritis, kreativitas, kola­borasi, dan komunikasi efektif.

Pembelajaran yang berorientasi pada aktivitas peserta didik ini menekankan kepada aktivitas peserta didik secara optimal, artinya pembelajaran yang menghendaki keseimbangan antara aktivitas fisik, mental, termasuk emosional dan aktivitas intelektual.

Pembelajaran berbasis aktivitas merupakan proses pembelajaran yang mendorong dan mengembangkan keaktifan peserta didik dalam pemahaman konsep maupun teori melalui berbagai aktivitas pengalaman pada berbagai lingkungan belajar.

Presiden Republik Indonesia menetapkan Pandemi Covid-19 ini sebagai kedaruratan kesehatan dan bencana nasional non-alam.

Sesuai dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Menteri Agama (Menag), Menteri Kesehatan (Menkes), dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), sebagai upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19 serta mengutamakan kesehatan dan keselamatan warga pendidikan, maka dilakukan Pembelajaran Jarak Jauh dalam bentuk Belajar Dari Rumah.

Baca : Media Ajar PPT Tematik SD MI K13 Tahun Pelajaran 2021/2022

Peserta didik akan banyak melakukan aktivitas belajar selama di rumah dengan memanfaatkan berbagai lingkungan belajar.

Di dalam rangka meringankan kesulitan pembelajaran di masa pandemi, Pemerintah, khususnya Kemendikbud telah menghadirkan beberapa inisiatif untuk mendukung pelaksanaan belajar dari rumah melalui kurikulum darurat.

Kurikulum darurat (dalam kondisi khusus) yang disiapkan Kemendikbud merupakan penyederhanaan dari kurikulum nasional.

Kurikulum darurat ini, mengalami pengurangan pada kompetensi dasar untuk setiap mata pelajaran, sehingga guru dan peserta didik dapat fokus pada kompetensi esensial dan kompetensi prasyarat untuk kelanjutan pembelajaran di tingkat berikutnya.

Modul PJJ Kelas 5 SD Semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2022

Modul PJJ Kelas 5 SD Semester 2 ini, merupakan salah satu bentuk dukungan pembelajaran peserta didik masa pandemi Covid-19.

Modul Pembelajaran Berbasis Aktivitas ini dapat dijadikan sebagai sebuah alternatif Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) peserta didik jenjang SD semester genap tahun pelajaran 2021/2022.

Modul PJJ Kelas 5 SD Semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2022 ini juga diharapkan dapat membantu guru dapat menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh selama pandemi Covid-19, agar pembelajaran berlangsung secara efektif.

Modul PJJ Berbasis Aktivitas Kelas 5 SD Semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2022 selengkapnya dapat dibaca dan di unduh pada tautan di bawah ini.

Modul Pembelajaran Berbasis Aktivitas Kelas 5 SD Semester 2.

Modul PJJ Berbasis Aktivitas SD Semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2022 lainnya dapat dibaca dan di unduh pada tautan di bawah ini.

  • Modul Pembelajaran Jarak Jauh Kelas 1 SD Semester 2 – Unduh
  • Modul Pembelajaran Jarak Jauh Kelas 2 SD Semester 2 – Unduh
  • Modul Pembelajaran Jarak Jauh Kelas 3 SD Semester 2 – Unduh
  • Modul Pembelajaran Jarak Jauh Kelas 4 SD Semester 2 – Unduh
  • Modul Pembelajaran Jarak Jauh Kelas 6 SD Semester 2 – Unduh

Demikian yang dapat dibagikan mengenai Modul PJJ SD Kelas 5 Semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2022. Semoga bermanfaat

You May Also Like

Tinggalkan Balasan