Panduan BDR di TVRI Minggu Ke-12 Tahun 2021 (22-26 Maret 2021)

Panduan BDR di TVRI Minggu Ke-12 Tahun 2021 (22-26 Maret 2021)

Gurubagi.com. Berikut ini dibagikan panduan Belajar Dari Rumah BDR di TVRI untuk minggu ke-12, yang mulai dari tanggal 22 sampai dengan 26 Maret 2021.

Program Belajar Dari Rumah (BDR) merupakan bentuk Kemendikbud bekerjasama dengan selama masa pandemi Covid-19 untuk membantu penyelenggaraan Pembelajaran Jarak Jauh.

Pandemi Covid-19 berdampak pada seluruh aspek kehidupan, tidak terkecuali di bidang pendidikan. Selama pandemi Covid-19, Kemendikbud meminta peserta didik untuk melaksanakan pembelajaran di rumah sebagai upaya mencegah meluasnya penyebaran virus tersebut.

Penyelenggaran Program Belajar Dari Rumah tersebut dapat secara daring (dalam jaringan, online) maupun luring (luar jaringan, offline).

Di dalam kondisi darurat akibat pandemi, Kemendikbud tetap memastikan agar pendidikan tetap berjalan. Peserta didik harus terus mendapatkan kesempatan untuk belajar, meskipun penyelenggaraanya dari rumah.

Program BDR di TVRI menjadi alternatif untuk pembelajaran yang tidak bisa secara daring (dalam jaringan). Untuk wilayah yang mengalami kendala jaringan internet, dapat memanfaatkan program BDR TVRI ini dalam pelaksanaan pembelajaran di rumah.

Program BDR TVRI untuk peserta didik dari semua jenjang pendidikan, mulai PAUD sederajat sampai dengan SMA sederajat. Beberapa program juga ada yang khusus untuk guru dan orangtua.

Tujuan Program BDR di TVRI

Program Belajar Dari Rumah di TVRI bertujuan untuk memperkuat kompetensi literasi dan numerisasi peserta didik. Kedua kompetensi tersebut sangat dibutuhkan dalam pembelajaran abad 21.

Pembelajaran abad 21 merupakan bentuk pembelajaran yang mempersiapkan generasi abad 21 dengan tiga subjek utama dalam pembelajaran, yaitu : (1) keterampilan belajar dan berinovasi; (2) Keterampilan memperoleh informasi, media, dan teknologi; dan (3) Keterampilan hidup dan berkarir.

Penguasaan keterampilan berpikir peserta didik dalam pendidikan pada abad 21 adalah berpikir kreatif, kritis, pemecahan masalah, dan pengambilan keputusan.

Kompetensi literasi dan numerisasi yang dimiliki peserta didik menjadi syarat untuk menguasai keterampilan tersebut.

Program Belajar Dari Rumah di TVRI juga bertujuan untuk membangun kelekatan dan ikatan emosional dalam keluarga, khususnya antara orang tua/wali dengan anak.

Bentuk kelekatan dan ikatan emosional tersebut adalah melalui kegiatan-kegiatan yang menyenangkan serta menumbuhkan karakter positif.

Selain materi pembelajaran jenjang PAUD hingga pendidikan menengah, program tersebut juga menayangkan materi bimbingan untuk orangtua dan guru.

Kemendikbud telah menyiapkan 720 episode dalam pelaksanaan program Belajar Dari Rumah di TVRI.  Materi pelajaran dari berbagai sumber, akan tetapi sebagian besar materinya merupakan produksi dari Kemendikbud melalui program Televisi Edukasi.

Beberapa program kebudayaan tersebut berbentuk talkshow (gelar wicara), podcast, kesenian, dan magazine mengenai perkembangan budaya pada seluruh wilayah Indonesia.

Terdapat juga tayangan film Indonesia pilihan pada malam hari untuk berbagai genre, seperti film anak-anak, drama, dan juga dokumenter.

Panduan BDR di TVRI Minggu Ke-12 Tahun 2021

Kemendikbud melalui laman resminya telah menerbitkan Panduan BDR di TVRI Minggu Ke-12 Tahun 2021 (22 – 26 Maret 2021)

Memasuki penyelenggaraan pembelajaran pada semester genap tahun ajaran dan tahun akademik 2020/2021, Kemendikbud menyiapkan program Belajar dari Rumah (BDR) Televisi Republik Indonesia (TVRI).

Program Belajar Dari Rumah di TVRI pada Minggu Keduabelas tahun 2021 ini khusus untuk jenjang pendidikan PAUD dan Sekolah Dasar (SD).

Tayangan tersebut mulai dari bulan Januari sampai dengan Maret 2021, Senin sampai dengan Jumat, pukul 08.00 sampai 11.30 WIB.

Pada jenjang PAUD tayangan pembelajaran mulai pukul 08.00 sampai dengan 08.30 WIB. Jenjang SD kelas 1 pukul 08.30 sampai dengan 09.00 WIB dan SD kelas 2 pukul 09.00 sampai dengan 09.30 WIB.

SD kelas 3 pukul 09.30 sampai dengan 10.00 WIB, dan SD kelas 4 pukul 10.00 sampai dengan 10.30 WIB. SD kelas 5 pukul 10.30 sampai dengan 11.00 WIB, sedangkan SD kelas 6 pukul 11.00 sampai dengan 11.30 WIB.

Tayangan pada jenjang pendidikan SD mengikuti modul pembelajaran sesuai kurikulum (darurat) dengan mengutamakan pemenuhan kompetensi literasi, numerasi, dan penguatan karakter.

Kemendikbud mengajak para pendidik, dan peserta didik serta orang tua untuk memanfaatkan kanal atau alternatif pembelajaran yang telah tersedia tersebut.

Di dalam Panduan Belajar Dari Rumah BDR di TVRI Minggu Keduabelas tahun 2021, terdapat beberapa program acara yang menarik untuk dilihat oleh peserta didik.

Program acara tersebut dapat dimanfaatkan oleh guru untuk membantu pelaksanaan pembelajaran dari rumah, yang tidak dapat dilakukan secara online.

Terkait dengan jadwal cara BDR di TVRI, dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan penyiaran TVRI dan Kemendikbud. Perubahan jadwal akan diinformasikan lebih lanjut.

Program acara BDR di TVRU tersebut tidak bersifat wajib dan hanya merupakan alternatif belajar dari rumah.

Panduan BDR di TVRI Minggu Ke-12 Tahun 2021 (22-26 Maret 2021) selengkapnya dapat Anda unduh pada link di bawah ini.

 

Unduh

Demikian panduan BDR di TVRI Minggu ke-12 tahun 2021 (22-26 Maret 2021). Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan