Panduan Teknis Pelaksanaan OSN SMP Tahun 2022

Pedoman Teknis OSN SMP 2022

Panduan Teknis Pelaksanaan OSN SMP Tahun 2022

Gurubagi.com. Panduan Teknis Juknis Pelaksanaan OSN SMP Tahun 2022 telah diterbitkan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kemendikbudristek.

Pelaksanaan OSN SMP Tahun 2022 berupaya untuk dapat menghasilkan anak-anak berprestasi di bidang Matematika, IPA, dan IPS dan mampu berdaya saing nasional maupun global.

Mengingat situasi dan kondisi Indonesia masih berjuang untuk menghadapi pandemi Covid-19 terutamanya varian omicron, maka kegiatan OSN SMP 2022 diselenggarakan secara daring.

Perubahan merupakan sesuatu yang kekal, oleh sebab itu kita semua harus siap terhadap perubahan itu sendiri termasuk di dalamnya perkembangan informasi dan teknologi yang pesat.

Pelaksanaan OSN secara daring sangat erat kaitannya dengan teknologi informasi yang bukan menjadi hal baru bagi peserta didik, dikarenakan sudah memiliki pengalaman dalam dua tahun terakhir belajar secara daring melalui penggunaan laptop maupun handphone.

Panduan Teknis Pelaksanaan OSN SMP Tahun 2022 ini diharapkan dapat memberikan informasi secara komprehensif kepada peserta didik, para guru Pembina, dan masyarakat luas untuk menyiapkan peserta didik mengikuti OSN SMP secara daring.

Tujuan

1. Tujuan Umum

OSN SMP tahun 2022 diselenggarakan bertujuan sebagai wahana olimpiade bidang ilmu Matematika, IPA, dan IPS bagi peserta didik SMP dan/atau sederajat dalam rangka meningkatkan mutu Pendidikan khususnya bidang sains yang berasaskan Pendidikan karakter, meliputi regligiusitas, integritas, nasionalisme, kemandirian, dan gotong royong.

Pada sisi lain, OSN SMP ini sebagai upaya dalam menumbuhkembangkan berpikir kritis dan meningkatkan jiwa analisis, kreativitas, dan motivasi untuk meningkatkan prestasi peserta didik.

2. Tujuan Khusus

Adapun tujuan khusus OSN SMP adalah sebagai berikut.

1. Meningkatkan kemampuan spiritual, emosional,dan intelektual berdasarkan norma dan tata nilai yang baik.

2. Mengaplikasikan pengetahuan bidang Matematika, IPA, dan IPS dalam kehidupan sehari-hari.

3. Memotivasi guru untuk meningkatkan kualitasdan kreavitivas pembelajaran Matematika, IPA, dan IPS di SMP dan/atau sederajat.

4. Memotivasi institusi/lembaga Pendidikan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan

Tema

Tema penyelenggaraan OSN SMP tahun 2022 adalah sebagai berikut.

TALENTA SAINS UNTUK INDONESIA MAJU

Saaran

Sasaran OSN SMP tahun 2022 adalah peserta didik yang terdaftar sebagai siswa SMP dan/atau yang sederajat kelas 7 dan 8 pada tahun ajaran 2020/202 serta berusia maksimal 16 tahun per 31 Desember 2022.

Ruang Lingkup

Ruang lingkup OSN SMP tahun 2022 ini meliputi sebagai berikut.

1. Bidang yang dilombakan adalah Matematika, IPA, dan IPS.

2. Jangkauan sekolah sasaran meliputi SMP dan/atauyang sederajat di seluruh Kabupaten/Kota di Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN).

3. Pihak-pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan OSN SMP 2022 adalah Pusat Prestasi Nasional, Akademisi dan tim teknologi Informasi.

Baca : Silabus Olimpiade Sains Nasional OSN SMP Tahun 2022

Lingkup proses:

1. Penyiapan pedoman pelaksanaan OSN SMP tahun 2022 sesuai protokol kesehatan Covid-19.

2. Pelaksanaan olimpiade oleh peserta dari rumahatau sekolah dengan mekanisme daring/online dengan tetap mematuhi protokol

3. Pengawasan lomba oleh orang tua, sekolah, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, panitia pusat, dan tim teknologi

4. Penilaian dilakukan oleh tim juri dari Pusat Prestasi .

5. Pengambilan keputusan peringkat dan juara, serta pengumumannya dari Pusat Prestasi

Pengertian dan Batasan Umum

1. Sains adalah istilah yang digunakan yang merujukpada rumpun ilmu di mana obyeknya adalah benda- benda alam dengan hukum-hukum yang pasti dan umum, berlaku kapan pun dan di mana pun.

2. OSN SMP adalah suatu kegiatan berkelanjutan yangdiadakan oleh Pusat Prestasi Nasional, bersifat olimpiade di bidang Matematika, IPA, dan IPS antar Peserta Didik SMP dan atau yang sederaat,

3. Lomba secara daring/online ialah lomba yang menggunakan sarana jaringan internet sebagai media transfer data dan informasi, dimana pengiriman dan penerimaannya seketika (real-time) ataupun tertunda (tersimpan di server cloud) sebelum di unduh.

4. Protokol kesehatan Covid-19 adalah suatu proseduratau tata cara yang diatur oleh Kementerian Kesehatan dalam rangka menyikapi pandemi virus Covid-19 agar terhindar dari penularan virus Covid- 19 dari satu orang ke orang lain.

Pembiayaan

Biaya pelaksanaan OSN SMP tahun 2022 dibebankan pada Rencana Kerja Anggaran Kementerian dan Lembaga (RKAKL) Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Tahun 2022.

Panduan Teknis Pelaksanaan OSN SMP Tahun 2022 selengkapnya dapat dibaca dan di unduh pada tautan berikut ini.

 

Unduh

Kelengkapan ketentuan pelaksanaan OSN SMP Tahun 2022 lainnya dapat di unduh pada tautan berikut ini.

  • Panduan Registrasi OSN – Unduh
  • Surat Keterangan Sekolah – Unduh
  • Surat Pernyataan Peserta – Unduh
  • Silabus OSN SMP – Unduh

Demikian Panduan Teknis OSN SMP Tahun 2022. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan