Pengaruh Suhu Terhadap Laju Reaksi Beserta Contoh Soalnya

Pengaruh Suhu Terhadap Laju Reaksi Beserta Contoh Soalnya

Pengaruh Suhu Terhadap Laju Reaksi Beserta Contoh Soalnya

Gurubagi.com. Setiap reaksi kimia berlangsung dengan laju kecepatan dan kondisi tertentu. Konsep ini disebut dengan laju reaksi.

Secara matematis, laju reaksi adalah perubahan konsentrasi tiap perubahan waktu dengan kata lain laju reaksi adalah kecepatan suatu reaktan bereaksi hingga habis. Laju reaksi juga berarti seberapa cepat reaksi kimia membentuk zat baru.

Reaksi kimia dapat dapat berlangsung secara cepat maupun lambat. Di dalam laju reaksi, umumnya penyebutan satuan dinyatakan dengan M/s (molaritas per detik) atau yang disebut juga dengan molaritas.

Laju reaksi dapat berjalan lambat atau cepat. Didalam kehidupan sehari-hari misalnya ketika menyalakan kompor, ada reaksi yang terjadi karena pertemuan gas dan percikan api dari pemantik. Reaksi tersebut berlangsung cepat.

Akan tetapi, ada juga reaksi yang membutuhkan waktu lama bahkan ribuan tahun seperti terbentuknya minyak dari fosil atau perkararan besi.

laju reaksi dipengaruhi oleh beberapa fakor, salah satunya suhu. Kenaikan suhu mempercepat laju reaksi karena kenaikan suhu menyebabkan gerakan partikel semakin cepat.

Gerakan ini menyebabkan energi kinetik partikel-partikel bertambah sehingga makin banyak kemungkinan terjadinya tumbukan yang efektif. Dengan demikian makin banyak partikel-partikel yang bereaksi.

Perhatikan gambar di bawah ini, yang berhungan dengan suhu terhadap laju reaksi.

Jika suhu dinaikkan, maka energi kinetik dalam molekul reaktan juga bertambah. Adanya energi kinetik yang tinggi mengakibatkan gerakan antarmolekul semakin cepat dan acak.

Akibatnya, frekuensi tumbukan yang terjadi semakin besar, dan tumbukan efektif juga akan semakin banyak sehingga reaksi semakin cepat berlangsung.

Pada umumnya, setiap kenaikan suhu 100C, maka laju reaksi akan menjadi dua kali lebih cepat.

Dengan menggunakan hubungan ini, jika laju awal reaksi pada suhu tertentu diketahui, maka kita dapat meramalkan berapa besar laju reaksi lain jika suhunya ditingkatkan bisa mengunakan persamaan berikut ini.

Baca : Contoh Soal Kimia Laju Reaksi Kelas 11 SMA MA dan Kunci Jawabannya

Soal dan Pembahasan Pengaruh Suhu Terhadap Laju Reaksi

Soal nomor 1

Laju suatu reaksi menjadi dua kali lebih cepat pada setiap kenaikan suhu 10o Bila pada suhu 20oC reaksi berlangsung dengan laju reaksi 2 x 10-3 mol L-1 s-1, maka berapa laju reaksi yang terjadi pada suhu 50oC adalah …

Pembahasan :

Dikeahui :

T1 = 10oC

T2 = 20oC

v2 = 2 x 10-3

Ditanyakan :

laju reaksi pada suhu 50oC

 

 

 

Maka laju reaksi pada suhu 50oC adalah 1,6.10-2 mol L-1s-1

Soal nomor 2

Dalam suatu reaksi kimia, setiap kenaikan suhu 10°C reaksi menjadi dua kali lebih cepat. Beberapa kali lebih cepat reaksi pada 80° C dibandingkan pada suhu 20°

Pembahasan :

Diketahui :

Reaksi menjadi 2x lebih cepat → n = 2 pada setiap ΔT = 10oC

T1 = 20 oC

T2 = 80oC

Ditanyakan :

Bearapa x lebih cepat laju reaksi T1 dan T2

 

 

 

Demikia pengaruh suhu terhadap laju reaksi beserta contoh soalnya. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan