Pengertian Katalis, Jenis, Fungsi, dan Peranannya Dalam Kehidupan 

Pengertian Katalis, Jenis, Fungsi, dan Peranannya Dalam Kehidupan

Pengertian Katalis, Jenis, Fungsi, dan Peranannya Dalam Kehidupan

Gurubagi.com. Katalis merupkan bahan kimia yang sangat penting dalam kehdupan, bahkan  hampir selalu dgunakan dalam bidang perindustrian.

Katalis sangat penting dalam bidang industri karena dapat menurunkan energi aktivasi reaksi dan dapat meningkatkan laju reaksi.

Dengan kata lain pengertian katalis adalah suatu zat yang dapat mempercepat terjadinya reaksi kimia tanpa dikonsumsi oleh reaksi tersebut.

Kebutuhan akan katalis dalam berbagai proses industri cenderung mengalami peningkatan. Hal ini terjadi karena proses kimia yang menggunakan katalis cenderung lebih ekonomis.

Pemanfaatan katalis dalam industri kimia memainkan peranan yang sangatkrusial karena aplikasinya yang sangat luas dalam industri, sehingga katalis memiliki berbagai macam bentuk, yaitu katalis heterogen dalam bentuk padatanberpori dan katalis homogen.

Jenis Katalis

Berdasarkan kelarutan dalam fasa zat yang direaksikan dan/atau produk yang dihasilkan. Katalis dibagi menjadi dua yaitu katalis homogen dan katalis heterogen.

1. Katalis homogen

Katalis homogen adalah katalis yang larut dalam reaktan dan/atau hasil reaksi. Katalis ini hanya bisa digunakan pada skala dilaboratorium.

Penggunaan katalis homogen saat ini dihindari karena biasanya bersifat korosif dan tidak bisa digunakan kembali, sehingga tidak ramah lingkungan.

Beberapa contoh katalis homogen misalnya hidrolisis ester oleh asam (cair-cair), oksidasi SO2 oleh NO2 (uap-uap) dan dekomposisi potasium khlorat dengan MnO2 (padat-padat).

2. Katalis heterogen

Katalis heterogen merupakan ktalis yang tidak larut dalam reaktan dan/atau hasil reaksi. Katalis ini berada dalam fasa yang berbeda dengan reaktan. Biasa katalis ini berupa padatan dan interaksi pada permukanaan padat-gas atau padat-cair.

Katalis heterogen sering menjadi pilihan untuk mengatasi kekurangan pada katalis homogen dikarenakan katalis ini dapat didaur ulang.

Banyak penelitian dilakukan orang untuk menyediakan katalis heterogen dalam berbagai ragam kebutuhan jenis reaksi yang membutuhkan serta kemampuan katalis.

Fungsi Katalis

Fungsi katalis merupakan suatu zat yang yang mempercepat reaksi tanpa mengalami perubahan kimia yang permanen.

Katalis mempercepat reaksi dengan cara mengubah jalannya reaksi, dimana jalur reaksi yang dilalui tersebut mempunyai energi aktivasi yang lebih rendah daripada jalur reaksi yang biasanya ditempuh.

Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa katalis berperan dalam menurunkan energi aktivasi. Berikut ini fungsi katalais, yaitu sebagai berikut.

  1. Mempercepat laju reaksi.

  2. Mengubah jalannya reaksi sehingga energi aktivasinya turun,

Baca :   Pengertian Hidrokarbon, Identifikasi, dan Kekhasan Atom Karbon

Peran katalis dalam kehidupan

1. Peran Katalis bagi Mahluk Hidup

Pada tubuh makhluk hidup terdapat banyak katalis yang biasa disebut sebagai enzim. Enzim adalah katalis biologi untuk proses biokimia dalam tubuh makhluk hidup.

Menurut penelitian dalam tubuh manusia banyak sekali ditemukan enzim seperti enzim amylase didalm mulut (air liur) yang berfungsi untuk memecah molekul karbohidrat menjadi gula.

Kemudian ada enzim protease yang berfungsi untuk memecah protein, dan juga enzim lipase yang berfungsi untuk memecah lemak.

Enzim sebagai biokatalis sangat berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup. Contoh katalis lainnya adalah saat kamu mengupas buah dan membiarkannya beberapa menit, buah tersebut akan berubah warna menjadi kekuningan lalu kecoklatan.

Hal ini dikarenakan adanya enzim oksidase. Enzim oksidase adalah enzim yang mempercepat proses oksidasi.

b. Peran katalis dalam bidang industri

Katalis juga memegang peranan penting dalam perkembangan industri kimia. Dewasa ini, hampir semua produk industri dihasilkan melalui proses yang memanfaatkan jasa katalis, baik satu atau beberapa proses.

Satu yang harus diketahui tentang prinsip kerja katalis adalah bahwa katalis tersebut tetap ikut dalam jalannya reaksi, tetapi pada kondisi akhir, katalis akan keluar lagi dalam bentuk yang sama. Sifat-sifat kimia katalis akan sama sebelum dan sesudah mengkatalis suatu reaksi.

Di dalam bidang industri, katalis digunakan untuk mempercepat reaksi kimia tanpa harus menaikkan suhu ataupun mengganggu kesetimbangan kimia.

Penggunaan katalis dapat mereduksi biaya produksi dan juga menghemat energi. Dalam bidang industri, contohnya katalis digunakan dalam pembuatan asam sulfat dan juga ammonia.

Pembentukan asam sulfat berupa reaksi kimia yang berlangsung sangat lambat. Sehingga digunakan katalis vanadium oksida (silika) untuk mempercepatnya.

Pembentukan ammonia juga sangat tidak stabil sehingga katalis besi digunakan agar gas ammonia tidak kembali terurai menjadi gas hidrogen dan nitrogen. Contoh lainya di dalam industri penerbangan, katalis digunakan untuk memurnikan nafta atau bahan bakar pesawat.

Katalis platinum dan renium digunakan untuk menghilangkan molekul non-hidrokarbon, sulfur, nitrogen, oksigen dan juga logam organik yang masih terkandung di dalam nafta. Oleh karena itu, bisa dihasilkan bensin dengan mutu tinggi.

Demikian ulasan menganai pengertian katalis, jenis, fungsi, dan peranannya dalam kehidupan Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan