Pengertian Pemanasan Global dan Cara Mencegahnya

Pengertian Pemanasan Global dan Cara Mencegahnya

Gurubagi.com. Pemanasan global merupakan suatu fenomena global yang dipicu oleh kegiatan manusia terutama yang berkaitan dengan penggunaan bahan fosil dan kegiatan alih guna lahan.

Pemanasan global menghasilkan gas-gas yang semakin lama semakin banyak jumlahnya di atmosfer, terutama gas karbon dioksida (CO2) melalui proses yang disebut efek rumah kaca. Kemunculan gejala ketidakseimbangan alam ini tidak secara tiba-tiba, akan tetapi terjadi dalam jangka periodik yang cukup lama.

Dengan kata lain pemanasan global adalah istilah yang merujuk kepada keadaan lingkungan yang disebabkan oleh terlalu banyak ‘gas rumah kaca’ atau gas yang memerangkap panas dan menghangatkan planet di atas atmosfer.

Membakar bahan bakar fosil seperti gas alam, batu bara, minyak, dan bensin meningkatkan tingkat karbon dioksida di atmosfer, dan karbon dioksida merupakan kontributor utama efek rumah kaca dan pemanasan global.

Dampak pemanasan global ini dapat kita lihat secara nyata. Meskipun berbagai upaya untuk mengurangi laju pemanasan global tengah gencar dilakukan pemerintah di berbagai negara maupun PBB, kita secara pribadi bisa berperan juga.

Bahkan, bila jutaan orang melakukan hal ini, dampak positifnya akan sangat besar terhadap kesehatan bumi kita. Berikut ini yang bisa kita lakukan untuk mencegah terjadinya  pemanasan global.

1. Gunakan transportasi umum dan sepeda

Mengatasi pemanasan global yang paling utama adalah batasi penggunaan mobil dan sepeda motor untuk menempuh jarak jauh, untuk jarak dekat bisa memulai kebiasaan berjalan kaki atau menggunakan sepeda, sehingga akan membatasi peningkatan karbon dioksida dan karbon monoksida di atmosfer.

Sementara untuk pergi ke jarak yang lebih jauh, jika memungkinkan gunakan angkutan umum. Apa bila diharuskan menggunakan kendraan pribadi, gunakan bersama-sama secara bergantian bersama dengan teman atau saudara yang kebetulan searah atau setujuan.

2. Gunakan barang hemat energi

Langkah penanggulangan pemanasan global berikutnya adalah dengan mulai membeli dan menggunakan barang-barang yang hemat energi.

Saat ini, sudah banyak tersedia barang-barang peralatan rumah tangga yang diklaim lebih hemat energi.  Anda bisa beralih ke model-model barang ini untuk kebutuhan sehari-hari.

Untuk lampu, Anda bisa memilih  lampu LED yang dirancang untuk memberikan cahaya yang tampak lebih alami dengan menggunakan energi yang jauh lebih sedikit daripada bola lampu standar.

Beberapa produk elektronik seperti AC, dan mesin cuci juga banyak tersedia dalam bentuk hemat energi. Hindari produk yang dikemas dengan kemasan berlebih, terutama plastik dan kemasan yang tidak dapat didaur ulang.

Masih dalam upaya menghemat listrik, mengurangi penggunaan AC adalah langkah selanjutnya dalam upaya penanggulangan pemanasan global. Dalam kondisi planet yang semakin memanas, menggunakan dan memproduksi peralatan pendingin udara dapat memperburuk perubahan iklim.

3. Matikan perangkat elektronik saat tidak terpakai

Cara Mengatasi Pemanasan Global berikutnya adalah dengan matikan lampu, kipas, AC, komputer, TV, dan semua alat elektronik saat tidak digunakan.

Menggunakan lampu LED adalah cara cerdas untuk meningkatkan efisiensi energi. Apalagi harga lampu LED sekarang sudah terjangkau, pilihlah yang memiliki sensor cahaya sehingga bisa mati secara otomatis.

Anda bisa memilih beberapa jenis perangkat elektronik, seperti TV dan komputer, memiliki fitur standby (mode siaga).

4. Minimalkan penggunaan peralatan mengandung CFC

Cara mengatasi pemanasan global selanjutnya adalahmeminimalkan penggunaan CFC (Cloro Four Carbon). CFC merupakan senyawa-senyawa yang mengandung atom karbon dengan klorin dan fluorin terikat padanya.

Baca : Pemansan Global : Penyebab dan Dampaknya Bagi Kehidupan

CFC umumnya dihasilkan oleh peralatan pendingin udara, perlu diketahui bahwa saat ini CFC menyumbangkan 20% dalam proses terjadinya efek rumah kacam mka joka terpaksa harus menggunakan AC, gunakan AC non CFC atau ramah lingkungan.

Karenanya dalam mengatasi suhu ruang yang panas, kita dapat merancang sebuah bangunan yang mempunyai banyak ventilasi udara sehingga tidak perlu memakai pendingin ruang atau AC.

Begitu juga dengan kulkas, sebaiknya kita memakai kulkas non CFC untuk menghindari efek rumah kaca serta agar pemanasan global agar tidak semakin memburuk dan merugikan manusia.

5. Terapkan Reduce, Reuse, Recycle

Langkah penanggulangan pemanasan global yang terakhir yang bisa Anda lakukan sendiri adalah dengan mulai menerapkan program reduce, reuse, dan recycle langkah yang sederhana yang bisa kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Reduce adalah kegiatan menggunakan produk kemasan, terutama plastik seminimal mungkin. Langkah ini juga akan membantu mengurangi pemborosan. Reduce juga bisa dilakukan dengan membeli produk yang dapat digunakan kembali alih-alih yang sekali pakai.

Sementara reuse adalah langkah menggunakan kembali benda-benda bekas seperti kantong plastik atau botol plastik.

Recycle adalah kegiatan mendaur ulang barang yang sudah tidak terpakai menjadi berguna lagi, Kamu bisa mendaur ulang kertas, plastik, koran, kaleng kaca dan limbah lainnya menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Demikian pengertian pemanasan global, dan cara mencegahnya. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan