Pengertian Perubahan Fisika dan Kimia Serta Manfaatnya Bagi Kehidupan

Pengertian Perubahan Fisika dan Kimia Serta Manfaatnya Bagi Kehidupan

Pengertian Perubahan Fisika dan Kimia Serta Manfaatnya Bagi Kehidupan

Gurubagi.com. Perubahan yang terjadi pada suatu benda dapat kita amati secara langsung atau tidak langsung dan membutuhkan waktu lama, terjadi perlahan sampai bisa terlihat perubahannya secara fisik.

Kondisi materi atau zat bisa dikenali berdasarkan ciri fisis dan kimianya. Ciri fisis suatu materi bisa diketahui dari kemampuan untuk melakukan perubahan atau reaksi kimia.

Perubahan fisika dan kimia dapat kita kenali dari keadaan awal materi yang berbeda dengan keadaan akhirnya setelah materi tersebut telah mengalami perubahan.

Perbedaan dari kedua gejala tersebut dapat dilihat dari sifat dan komposisinya. Hal tersebut menandakan sifat- sifat setiap materi memiliki gejala sebelum dan sesudah terjadinya perubahan.

Gejala materi tersebut dapat dikenali lewat sifat fisika atau sifat kimianya. Perubahan fisika dan kimia pun berhubungan, dimana sifat fisika pada materi tertentu bisa diketahui melalui kemampuan melakukan perubahan atau reaksi kimia.

Pengertian Perubahan fisika dan kimia

Berikut ini akan dibahas satu persatu apa pengertian perubahan fisika dan kimia:

 Perubahan Fisika

Perubahan fisika adalah bentuk perubahan pada zat suatu benda yang hanya dapat dilihat dan diamati dari tampilan fisiknya saja atau penampilan luar.

Perubahan fisika ini tidak mengubah komposisi kimianya dalam zat benda tersebut. Perubahan fisika tidak sama sekali merubah materi atau membentuk zat yang jenisnya baru pada sebuah benda.

Sifat perubahan fisika adalah dapat dilihat dan diamati perubahannya dari luar dan juga dapat kembali menjadi keadaan semula setelah zat tersebut berubah.

Misalnya dapat kita lihat pada saat  mencairkan es batu dari freezer, kemudian cairan tersebut bisa menjadi es kembali jika dimasukan lagi  ke dalam freezer.

2. Perubahan Kimia

Perubahan kimia adalah salah satu perubahan yang terjadi pada bentuk dan ukuran zat yang kemudian menghasilkan zat baru.

Perubahan materi ini menghasilkan jenis dan sifat materi yang berbeda atau baru dari zat semula dan kemudian disebut juga dengan istilah reaksi kimia atau reaksi.

Reaksi kimia ini menimbulkan substansi atau komposisi penyusun zat yang berubah menjadi rumus kimia yang baru.

Reaktan adalah unsur dari suatu reaksi, sedangkan hasil akhir dari reaksi tersebut adalah produk. Dalam praktiknya perubahan kimia akan mengalami penyusutan zat saat berubah. Contohnya pada campuran hidrogen dan oksigen akan menghasilkan air.

Baca :

Contoh perubahan fisika dan kimia

Di dalam praktiknya perubahan fisika dan kimia memiliki berbagai macam jenis saat terjadi pada zat benda tertentu.

Keduanya memiliki perbedaan jenis yang sangat mencolok dilihat dari proses terjadinya perubahan tersebut, seperti berikut ini:

1. Perubahan Fisika

  • Membeku adalah bentuk perubahan fisika yang terjadi pada wujud zat cair menjadi padat dengan melepaskan energi panas.
  • Mencair adalah bentuk perubahan fisika yang terjadi pada wujud zat dari padat menjadi cair dengan mengandalkan energi panas
  • Mengkristal adalah bentuk perubahan fisika yang terjadi pada wujud gas menjadi padat dengan melepaskan energi panasnya
  • Menguap adalah bentuk perubahan fisika yang terjadi pada wujud cair menjadi gas dengan bantuan energi panas
  • Menyumblim adalah bentuk perubahan fisika yang terjadi pada wujud padat menjadi gas dengan bantuan energi panas
  • Mengembun adalah bentuk perubahan fisika yang terjadi pada wujud gas menjadi cair dengan melepaskan energi panas

2. Perubahan Kimia

  • Keterbakaran adalah salah satu sifat perubahan kimia yang tidak dapat mengembalikan zat menjadi bentuk bentuk awalnya
  • Membusuk adalah perubahan kimia yang dapat ditandai dengan perubahan warna, ukuran dan kemunculan bau karena terjadi perubahan zat yang terkandung dalam benda tersebut yang dipengaruhi oleh suhu dan cuaca
  • Kereaktifan adalah perubahan kimia karena adanya reaksi logam dan oksigen yang dapat merubah zat benda dengan bantuan kelembaban atau suhu
  • Mudah meledak adalah salah satu sifat perubahan kimia karena zat- zat aktif yang bisa saja berubah dalam kondisi tertentu
  • Beracun adalah salah satu sifat perubahan kimia karena zat- zat kimia memiliki banyak senyawa atau unsur-unsur yang berbahaya atau beracun
  • Terlarut adalah gejala perubahan kimia karena sifatnya yang membuat zat bisa tercampur sempurna sehingga tidak dapat lagi dipisahkan atau dikembalikan pada bentuk semula

Manfaat Perubahan Fisika dan Kimia

Perubahan fisika dan kimia dalam kehidupan sehari-hari memiliki manfaat bagi kehidupan. Berikut ini beberapa manfaat perubahan fisika dan kimia.

a. Manfaat perubahan fisika

  • Penguapan

Menjemur pakaian termasuk dalam perubahan fisika. Adanya pross penguapan agar pakaian menjadi kering air pada pakaian harus dijemur agar menguap

  • Proses ekstraksi

Ekstraksi merupakan proses pengeluaran zat-zat yang terkandung dalam suatu bahan atau materi. Contohnya proses ekstraksi senyawa tanin dari daun teh atau kafein dari seduhan kopi.

Proses ekstraksi dilakukan supaya senyawa-senyawa dalam bahan minuman itu larut ke dalam air panas yang sudah dipersiapkan dan akan membawa manfaat ketika dikonsumsi penikmatnya.

  • Memasak air

Membuat air hangat, jika cuaca dingin kita bisa membuat air hangat dimana airnya harus dididihkan terlebih dahulu  yang memanfaatkan perubahan fisika.

  • Menyublim

Menyublim termasuk perubahan kimia dari padat menjadi gas. Dapat kita lihat dari manfaat kamper untuk mengusir rayap, termasuk memanfaatkan perubahan fisika

b. Manfaat Perubahan kimia

  • Pembakaran

Memasak dengan kayu bakar. Orang tua biasanya menggunakan kayu bakar untuk memasak. Kegiatan ini memanfaatkan perubahan kimia yaitu pembakaran.

  • Peragian

Proses peragian termasuk perubahan kimia, yang dapat kita manfaatkan pada saat pembuatan tape, baik tape ketan maupun tape singkong atau pun membuat tempe.

  • Pembuatan plastik

Proses pembuatan plastik yang memanfaatkan zat-zat organik dari gas alam dan minyak bumi, seperi Polietilen (PE), Polipropilen (PP), dan Polivynilklorida (PVC).

  • Pelapukan

Daun yang berguguran lambat laun akan lapuk dan dapat kita manfaatkan untuk membuat pupuk organik atau kompos.

Demikian pengertian perubahan fisika dan kimia serta manfaatnya bagi kehidupan. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan