Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi LHO dan Ciri-cirinya

Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi LHO dan Ciri-cirinya

Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi LHO dan Ciri-cirinya

Gurubagi.com. Teks laporan hasil observasi  (LHO) hampir menyerupai teks deskripsi karena sama-sama menyampaikan informasi berdasarkan fakta tentang suatu objek.apa yang ditangkap oleh indra penglihatan, indra pendengaran, indra perasa,  maupun indra penciuman dapat memperjelas isi teks.

Di dalam teks laporan hasil observasi, penulis memberikan informasi secara umum secara fakta berdasarkan pengamatan secara langsung.

Pengamatan atau observasi itu kita lakukan secara langsung dengan tujuan memdapatkan informasi yang benar-benar nyata.Informasi itu dapat meliputi objek seperti keadaan alam maupun keadaan lingkungan.

Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi

Banyak difinisi untuk teks laporan hasil observasi. Difinisi teks yang sering kita sebut dengan LHO ini pada intinya tidak jauh berbeda. Kalian bisa memilih yang paling mudah untuk kita pahami.

Teks laporan hasil observasi  adalah teks yang berfungsi untuk memberikan informasi tentang suatu objek atau situasi secara nyata.

Pengertian lain dari teks laporan hasil observasi adalah teks yang memberikan informasi secara umum tentang sesuatu berdasarkan fakta dan hasil pengamatan secara langsung.

Teks laporan hasil observasi adalah teks yang kita susun berdasarkan hasil pengamatan secara langsung sebuah objek sehingga  bisa diakui kebenarannya.

Ciri-ciri Teks Laporan Hasil Observasi

Untuk membedakan teks hasil observasi dengan teks yang lain berikut ini adalah ciri-ciri teks laporan hasil observasi.

1. Sistematis

 Tek laporan hasil observasii kita susun secara berurutan sesuai dengan struktur teks laporan hasil observasi. Adapun struktur teks laporan hasil obsernasi adalah pernyataan umum, deskripsi bagian,dan deskripsi manfaat.

2. Faktual

Teks laporan hasil observasi menyajikan data dari hasil pengamatan yang benar-benar ada atau sesuai fakta.

3. Objeknya harus jelas

Teks laporan hasil observasi berisi informasi mengenai suatu objek atau situasi tertentu yang kita bahas secara umum.

Objeknya ini bisa beraneka ragam, misalnya makhluk hidup, seperti manusia, hewan, tumbuhan, atau hal lainnya, seperti ekosistem, sosial, dan budaya. Objek harus benar-benar real dan bisa kita amati.

4.  Rincian bagian objek

Perincian bagian atau objek yang kita tulis dalam teks laporan hasil observasi ini berupa klasifikasi dan informasi ciri-ciri objek. Informasi objek dapat kita tuliskan secara detail dalam struktur teks hasil observasi ke dalam deskripsi bagian dan deskripsi manfaat.

5. Menggunakan bahasa baku

Teks laporan hasil observasi harus kita tulis menggunakan bahasa yang baku. Tentu saja walaupun menggunakan bahasa baku harus tetap sisajikan secara menarik baik dari segi kata, bahasa maupun susunnanya.

6. Bersifat objektif, global, dan universal

Teks laporan hasil observasi harus bersifat objektif yang artinya menyajikannya dengan keadaan yang sebenarnya tampa opini penulis.

Baca : Contoh Soal PTS 1 Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP MTs K13 Tahun 2021

Global bermakna secara menyeluruh, apa yang kita tuliskan dalam teks laporan hasil observasi harus bisa memberikan informasi sejelas-jelasnya kepada pembaca.secara Sedangkan universal mengandung makna secara umum.

7. Tidak terdapat penutup dan kesimpulan

Karena teks laporan hasil observasi kita susun berdasarkan hasil pengamatanyang nyata dari suatu objek,, maka pada bagian akhir penulis tidak bisa membuat bagian akhir dan menyimpulkan sendiri hasil pengamatanya.

Demikian pengertian teks laporan hasil observasi LHO dan ciri-cirinya.  semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan