Unduh Pedoman Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) Dikti Tahun 2024

Unduh Pedoman Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) Dikti Tahun 2024

Unduh Pedoman Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) Dikti Tahun 2024

Gurubagi.com. Pedoman Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) Dikti Tahun 2024 telah diterbitkan Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Kemendikbudristek.

Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) adalah sebuah ajang talenta di bidang Sains, Riset, dan Inovasi yang diselenggarakan untuk jenjang pendidikan tinggi. BPTI/Puspresnas memberikan dukungan penuh dan berkelanjutan terhadap pelaksanaan KMHE, dan dalam kesempatan ini mengundang seluruh perguruan tinggi di Indonesia untuk berpartisipasi dalam KMHE Tahun 2024 dalam semangat kolaborasi positif.

Pedoman KMHE Perguruan Tinggi 2024 ini disusun untuk memberikan informasi dan gambaran berbagai aspek penyelenggaraan ajang Kontes Mobil Hemat Energi kepada para peserta, pendamping, pembina, juri, dan para pemangku kepentingan lainnya.

Mahasiswa sebagai agent of change didorong untuk berpartisipasi aktif dalam upaya penanggulangan krisis energi dunia ini, khususnya dalam skup Indonesia. Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2024 merupakan sebuah lomba kendaraan yang berfokus pada penghematan bahan bakar pada tingkat nasional.

Pada tahun 2024 ini, KMHE diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) Republik Indonesia bekerja sama dengan tuan rumah perguruan tinggi.

Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong generasi muda bangsa utamanya para mahasiswa untuk melahirkan teknologi otomotif yang hemat energi dan bermanfaat bagi kemajuan bangsa dan negara Indonesia.

Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa dari seluruh Universitas/Institut/Politeknik di Indonesia yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh panitia. Kemampuan untuk merancang dan membangun kendaraan yang irit, aman, dan ramah lingkungan merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh seluruh peserta dalam kegiatan ini.

Peserta dituntut agar mampu menggunakan kreativitasnya dalam mewujudkan karya nyata berupa kendaraan yang akan dilombakan dalam dua kategori, yaitu sebagai berikut.

1. Prototype : Kendaraan masa depan dengan desain khusus yang memaksimalkan efisiensi.

Kelas mesin pengerak : Motor Pembakaran Dalam (MPD) Bensin, MPD Diesel, MPD Etanol, Motor Listrik.

2. Urban concept : Kendaraan roda empat yang tampilannya mirip mobil pada umumnya dan sesuai untuk berkendara di jalanan.

Kelas mesin pengerak : MPD Bensin, MPD Diesel, MPD Etanol, Motor Listrik

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi solusi yang positif untuk menjawab tantangan energi masa depan dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mendukung upaya penghematan energi. Adapun untuk kegiatan KMHE 2024 ini akan dilaksanakan secara daring(online) dan luring (offline).

Proses seleksi Laporan Desain Kendaraan dan seleksi Video Virtual Technical Inspection akan dilakukan secara daring (online) untuk memilih tim terbaik yang akan mengikuti lomba di sirkuit secara luring (offline).

Tujuan

Tujuan penyelenggaraan Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) Tahun 2024 adalah sebagai berikut.

1. Mendapatkan dan mengembangkan mahasiswa bertalenta dan berkarakter dalam bidang mendesain, mengembangkan dan mengkonstruksi mobil hemat energi baik dalam bentuk prototype & model mobil dengan konsumsi bahan bakar sangat efisien.

2. Mendorong pemerataan prestasi untuk memaksimalkan penemuan mahasiswa bertalenta dan berkarakter dari seluruh perguruan tinggi di seluruh Negara Kesatuan Republik Indonesia.

3. Melatih mahasiswa untuk melakukan kerja sama team, pembagian tugas, serta komunikasi yang akan memberi bekal soft skill untuk kemajuan internal mahasiwa dan bekal kepemimpinan bangsa dan negara di masa yang akan datang.

4. Menciptakan atmosfer berkompetisi dan berprestasi yang sehat, serta mendorong tumbuh kembangnya budaya silih asuh di perguruan tinggi dan semua pemangku kepentingan dalam rangka menuju Manajemen Talenta Nasional (MTN) yang berkesinambungan.

5. Turut berpartisipasi dalam pemikiran dan inovasi desain, konstruksi mobil hemat energi baik dalam bentuk prototype & model mobil dengan konsumsi bahan bakar sangat efisien.

6. Meningkatkan daya saing bangsa dalam menghadapi globalisasi melalui pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta menghasilkan mahasiswa intelektual, ilmuwan, dan/atau profesional yang berbudaya dan kreatif, toleran, demokratis, berkarakter tangguh, serta berani membela kebenaran untuk kepentingan bangsa.

7. Meningkatkan dan mengembangkan mahasiswa bertalenta dalam rangka mewujudkan tujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora serta pembudayaan dan pemberdayaan bangsa Indonesia yang berkelanjutan.

Tema Perlombaan

Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) Tahun 2024 memilih tema sebagai Berikut:

“Hemat Energi untuk Negeri”

Sasaran

Sasaran penyelenggaraan Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) Tahun 2024 adalah seluruh mahasiswa dari seluruh Perguruan Tinggi yang terdapat di Republik Indonesia, yang terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi. Kontes Mobil Hemat Energi terbatas pada Perguruan Tinggi yang berada dalam lingkungan Kemendikbudristek.

Kategori dan Kelas Bahan Bakar

Penyelenggaraan Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) Tahun 2024 mempertandingkan 2 (dua) kategori, yaitu sebagai berikut.

1. Kategori Prototype

Kendaraan masa depan dengan desain khusus yang memaksimalkan efisiensi, dengan kelas mesin pengerak:

a. Motor Pembakaran Dalam (MPD) Bensin,

b. MPD Diesel,

c. MPD Etanol,

d. Motor Listrik.

2. Kategori Urban Concept

Kendaraan roda empat yang tampilannya mirip mobil pada umumnya dan sesuai untuk berkendara di jalanan, dengan kelas mesin pengerak:

a. MPD Bensin,

b. MPD Diesel,

c. MPD Etanol,

d. Motor Listrik.

Penyelenggara

Penyelenggara Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) tahun 2024 adalah Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Unsur Penyelenggara

Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) Tahun 2024 diselenggarakan atas kerjasama/kolaborasi antara Balai Pengembangan Talenta Indonesia dengan Perguruan Tinggi. Unsur penyelenggara KMHE Tahun 2024 antara lain:

1. panitia pusat dan panitia perguruan tinggi

2. tim juri

3. penyedia aplikasi dan/atau platform lomba

4. tim pendukung (tim media dan publikasi, tim medis, dll).

Jadwal Pelaksanaan

Berikut adalah jadwal dan agenda pelaksanaan Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) Tahun 2024.

Pedoman Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) Dikti Tahun 2024 selengkapnya dapat dibaca dan di unduh pada tautan berikut ini.

Unduh

Baca : SE Daftar Jemaah Haji Reguler Masuk Alokasi Kuota 1445 H/2024 M 

Demikian Pedoman Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) Dikti Tahun 2024. Semoga bermanfaat

You May Also Like

Tinggalkan Balasan