Aplikasi Buku Kerja Guru K13 Tahun 2021 dan Contoh Pengisiannya

Aplikasi Buku Kerja Guru K13 Tahun 2021 dan Contoh Pengisiannya

Aplikasi Buku Kerja Guru K13 Tahun 2021 dan Contoh Pengisiannya

Gurubagi.com. Pembelajaran membutuhkan desain yang terstruktur sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Hal ini bertujuan agar pembelajaran dapat berlangsung secara efektif untuk mencapai tujuan yang diharapkan.

Guru perlu memiliki sebuah pedoman atau pembelajaran untuk mencapai tujuan tersebut yang disebut dengan Buku Kerja Guru.

Guru membutuhkan Buku Kerja sebagai panduan pelaksanaan pembelajaran pada Kurikulum 2013 (K13). Seiring pemberlakukan Kurikulum 2013, guru dituntut untuk menyiapkan kelengkapan pembelajaran, salah satunya adalah Buku Kerja Guru K13 tersebut.

Buku Kerja Guru menjadi komponen penting yang harus guru miliki sebagai ujung tombak pelaksanaan Kurikulum 2013. Dengan berpedoman pada Buku Kerja Guru, maka proses pembelajaran sesuai dengan standar Kurikulum 2013.

Selain itu, guru juga akan dapat melakukan evalusi pembelajaran secara lebih mudah berdasarkan rencana yang sudah tertuang pada Buku Kerja Guru.

Baca :

Istilah Buku Kerja Guru ini secara sederhana disebut juga perangkat pembelajaran. Buku Kerja Guru dapat diartikan sebagai buku panduan yang dibuat oleh guru berisi pedoman kerja untuk pelaksanaan pembelajaran.

Oleh karena itu, Buku Kerja Guru K13 berisi seperangkat berkas terkait tugasnya sebagai guru kelas atau guru mata pelajaran dalam implementasi Kurikulum 2013.

Buku Kerja Guru memuat semua komponen penyelenggaraan pembelajaran, yaitu mulai dari perencanaan, pelaksanaan, penilaian, hingga tindak lanjut pembelajaran yang dilakukan guru.

Penyusunan Buku Kerja Guru ini sebagai tindak lanjut dari revisi terhadap Standar Isi, Buku Guru, dan Buku Siswa yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). .

Apliasi Buku Kerja Guru K13

Di dalam membantu guru menyusun perencanaan, pelaksanaan, penilaian, dan tindak lanjut pembelajaran, maka berikut ini kami bagikan aplikasi Buku Kerja Guru Kurikulum 2013 (K13).

Aplikasi Buku Kerja Guru ini berbasis Excel dan sudah tersedia data diri guru serta data diri peserta didik yang harus diisikan.

Semua komponen yang terkait dengan kebutuhan guru dalam pembelajaran sudah terintegrasi pada aplikasi tersebut, sehingga menjadi satu kesatuan perangkat pembelajaran.

Baca : Juknis Tata Cara Penulisan Blangko Ijazah SD SMP SMA SMK 2021

Di dalam aplikasi Buku Kerja Guru ini, sudah kami sertakan contoh pengisiannya yang dapat diganti dan lengkapi datanya sesuai kebutuhan. Petunjuk menggunakan aplikasi juga sudah tersedia dalam aplikasi.

Aplikasi Buku Kerja Guru Kurikulum 2013 terbagi dalam empat komponen, yaitu Buku Kerja 1, Buku Kerja 2, Buku Kerja 3, dan Buku Kerja 4.

Berikut ini adalah fitur dari aplikasi Buku Kerja Guru Kurikulum 2013 (K13).

1. Menu utama

2. Data Isian Siswa

3. Daftar Isi

4. Cover Buku

Buku Kerja 1

a. Analisis Standar Kompetensi Lulusan (SKL)

b. Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)

c. Silabus

d. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

e. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)

Buku Kerja 2

a. Kode Etika

b. Ikrar Guru

c. Tata Tertib (Tatib)

d. Pembiasaan

e. Kalender Pendidikan (Kaldik)

f. Alokasi Waktu

g. Program Tahunan (Prota)

h. Program Semester (Promes)

Buku Kerja 3

a. Absensi

b. Jadwal Mengajar

c. Penilaian

d. Daya Serap Siswa

e. Jurnal Pembelajaran

f. Daftar Buku Pegangan Guru/Siswa

g. Analisi Butir Soal Ulangan Akhir Semester (UAS)

h. Analisis Ulangan dan Pengayaan

i. Soal dan Kisi-kisi Soal

Buku Kerja 4

a. Program Evaluasi Diri

b. Program Tindak lanjut

c. Daftar Pustaka

Aplikasi Buku Kerja Guru Tahun 2021 dan contoh pengisiannya secara lengkap dapat Anda unduh pada link berikut ini.

Buku Kerja Guru 2021 – Unduh

Demikian yang dapat kami bagikan mengenai Buku Kerja Guru Kurikulum 2013 (K13) tahun 2021 dan contoh pengisiannya. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

3 Comments

  1. Terima kasih sudah berbagi tanpa mempasword sehingga mudah digunakan oleh siapa saja, semoga menjadi amal ibadah

  2. Trimakasih banyak ibu, aplikasi aplikasinya sangat membantu saya, sehat selalu ya ibu, dan ditunggu karya berikutnya

Tinggalkan Balasan