Bilangan Kuantum : Pengertian, Jenis, Beserta Penjelasannya

Bilangan Kuantum : Pengertian, Jenis, Beserta Penjelasannya

Gurubagi.com. Sejarah tentang kuantum berawal dari bebera penemuan ilmuwan, yang pada akhirnya tahun 1926, Erwin Schrodinger  dikenal sebagai pencetus model atom mekanika kuantum. Berikut ini akan kita bahas mengenai pengertian bilangan kunatum dan jenisnya

Erwin Schrodinger  sebagai penemu teori kuantum telah berhasil merumuskan persamaan gelombang untuk menggambarkan bagaimana bentuk serta tingkatan energi orbital.

Model Erwin Schrodinger  ini, pada energi, model atom akan sama dengan model atom Bohr akan tetapi untuk lintasan elektron yang dimilikinya akan berbentuk elips bukan lingkaran seperti pada umumnya dan kita kenal dengan istilah  orbital.

Orbital adalah daerah kebolehjadian atau wilayah ruang disekitar inti atom yang memiliki kemungkinan tertinggi untuk bisa menemukan elektron.

Dengan kata lain analogi model atom mekanika adalah atom yang digambarkan sebagai tata surya dimana matahari merupakan inti atom yang mencakup proton dan neutron, sementara elektron dianalogikan dengan planet-planet yang mengelilinginya.

Atom dikelilingi elektron-elektron yang tersebar secara teratur pada sebuah orbital. Penyebaran elektron ini bisa rapi karena diatur berdasarkan bilangan kuantum.

Pengertian dari Bilangan kuantum adalah gambaran kedudukan posisi elektron dalam model atom mekanika kuantum yang dapat menjelaskan sifat-sifat atom dengan jelas.

Bilangan kuantum biasanya akan mampu menjelaskan mengenai sistem fisik seperti atom, nucleus maupun  subatomik.

Bilangan kuantum juga akan berguna untuk menyatakan suatu kondisi elektro yang ada di dalam atom dan diwakili oleh suatu nilai.  Pada konfigurasi elektron model mekanika kuantum akan ada empat jenis bilangan kuantum.

Keberadaan dari setiap jenis bilangan kuantum akan mampu menjelaskan mengenai letak elektron suatu atom. Berikut ini jenis-jenis bilangan kuantm beserta penhelasannya.

Baca : Contoh Soal Bilangan Kuantum Kimia Kelas 10 SMA MA dan Kunci Jawabannya

1.Bilangan Kuantum Utama (n)

Bilangan kuantum utama merupakan bilangan yang dapat menjelaskan mengenai tingkat energi utama elektron yang terdapat pada atom. Bilangan kuantum utama akan dinyatakan dalam bentuk bilangan bulat positif. Misalnya seperti bilangan 1, 2, 3 dan seterusnya.

2. Bilangan kuantum azimuth (l)

Bilangan kuantum azimuth atau bilangan kuantum momentum sudut orbital adalah bilangan yang akan digunakan untuk menjelaskan mengenai bentuk orbital atau subkulit atom.

Dalam penulisannya, bilangan kuantum azimuth akan ditulisakan dalam bentuk bilangan bulat, seperti berikut ini.

3. Bilangan kuantum magnetik

Bilangan kuantum magnetik adalah bilangan yang akan menjelaskan mengenai orientasi orbital yang ada di ruang tiga dimensi.

Nilai dari bilangan kuantum magnetik ini ditentukan dari harga yang ada di bilangan azimuth dengan rentan angka satuan bulat, seperti dalam tabel berikut.

 

 

 

 

 

4. Bilangan kuantum spin

Bilangan kuantum spin merupakan bilangan yang dapat menggambarkan tentang arah putaran elektron, sehingga nilai bilangan kuantum spin atau s tidak akan bergantung pada jenis bilangan kuantum lainnya.

Wolfgang Paul seorang  fisikawan Australia menjelaskan jika elektron adalah partikel bermuatan dengan gerak berputar pada porosnya. Dimana pada sebuah elektron akan mampu bertemu dengan dua jenis spin, seperti gambar du bawah ini.

Ketika hasilnya positif, maka elektron akan memiliki arah ke putaran arah dan jika hasilnya negatif, maka elektron akan memiliki arah putaran ke bawah.

Demikian Pengertian bilangan kuantum, jenis dan penjelasannya. Semoga bermanfaat

You May Also Like

Tinggalkan Balasan