Inilah Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Inilah Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Inilah Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Gurubagi.com. Buah bit berasal dari keluarga Amaranthaceae-Chenopodiaceae atau masih satu keluarga dengan sayuran lobak dan sayuran berakar lainnya.

Bit sebenarnya bukan termasukn jenis buah, melainkan tanaman umbi-umbian yang tumbuh di dalam tanah layaknya singkong dan ubi, karena bentuk dan warnanya, bit sering kali disangka sebagai buah-buahan.

Pada umumnya, buah ini hanya digunakan akarnya saja yang terasa manis untuk obat kesehatan. Akan tetapi lama kelamaan, daging buah dan daunnya juga dikonsumsi.

Buah bit sangat bermnfaat bagi kesehatan. Hal tersebut dikarenakan buah bit mengansung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti vitamin C, kalium, magnesium, folat, mineral, natrium, karbohidrat, protein, zat besi dan masih banyak lagi kandungan nutrisi buat bit lain.

Biasanya buah bit dikonsumsi dengan cara dijus atau diolah lagi menjadi santapan dengan tekstur lembut. Berikut ini beberapa manfaat buah bit bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Mengobati masalah pencernaan

Manfaat buah bit yang pertama dapat mengobati masalah pencernaan. Buah bit merupakan buah kaya kandungan serat yang menyediakan 3,8 gram pada satu porsi cangkir buah bit.

Kandungan serat berfungsi untuk membantu makanan bergerak melalui usus cerna. Serat juga bisa membantu melunakkan tinja sehingga bisa membuat buang air besar atau BAB Anda nyaman, sehat, dan teratur.

Baca :

Sebuah penelitian menemukan, bahwa asupan serat dalam buah bisa membuat tingkat BAB orang yang punya kondisi sembelit, atau susah buang air besar, jadi lancar.

Ppenelitian lain juga menunjukkan bahwa asupan serat dari manfaat buah bit dapat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan dengan cara lain juga dan dapat melindungi kondisi seperti infeksi pada usus, wasir dan GERD atau asam lambung.

2. Memiliki kandungan antioksidan yang tinggi

Antioksidan merupakan senyawa yang membantu menetralkan masuknya radikal bebas yang berbahaya di dalam tubuh.

Antioksidan juga bisa mencegah terjadinya stres oksidatif dan merusak sel-sel baik di dalam tubuh dan melindungi tubuh terhadap banyak jenis penyakit kronis.

Manfaat buah bit secara alami juga terdapat pada tingginya kandungan fitonutrien yakni, betalain untuk melawan penyakit, antioksidan, vitamin dan mineral dan mampu membantu melindungi beberapa perkembangan jenis kanker dan penyakit lainnya di tubuh Anda.

3.  Mencegah Anemia

Manfaat bit yang ketiga dapat mencegah anemia. Mengonsumsi buah bit dapat mencegah anemia, karena buah bit mengandung banyak zat besi dan asam folat.

Kandungan tersebut yang membantu dalam pembentukan sel darah merah yang membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh bagian tubuh untuk memastikan jumlah darah yang sehat.

4. Menjaga kesehatan otak

Buah bit juga mengandung cukup banyak boron, yang berhubungan dengan produksi hormon seks manusia, membantu meningkatkan fungsi otak dan daya konsentrasi.

Oksida nitrat dan boron yang ditemukan dalam buah bit efektif untuk melancarkan aliran darah dan meningkatkan fungsi kognitif seiring bertambahnya usia.

5. Bisa mejadi bahan pewarna alami

Kandungan betaninnya yang menghasilkan warna merah terang dapat dipakai untuk pewarna alami makanan, misalnya es krim, kue basah atau kue kering, dan jelly.

Selain itu buah bit dapat digunakan sebagai pewarna alami untuk rambut. Bila Anda akan mewarnai rambut dengan bubuk henna, coba pilih warna hitam dan kemudian dicampur dengan jus akar bit merah.

Hasilnya, rambut Anda akan hitam dengan gradasi burgundy dan alami. Lebih sehat dan tetap cantik alami.

6. Mengatasi peradangan dalam tubuh

Peradangan merupakan respons alami tubuh untuk melawan benda asing. Namun, peradangan yang berlangsung lama atau kronis bisa menyebabkan kerusakan pembuluh darah dan jaringan tubuh.

 Anda bisa mengonsumsi buah bit secara rutin. Berbagai kandungan nutrisi di dalam buah bit diketahui dapat mengatasi peradangan dan mencegah kerusakan yang dapat terjadi.

Demikian manfaat buah bit untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan