Manfaat Buah Kupa, Salah Satunya dapat Mencegah Penuan Dini

Manfaat Buah Kupa, Salah Satunya dapat Mencegah Penuan Dini

Manfaat Buah Kupa, Salah Satunya dapat Mencegah Penuan Dini

Gurubagi.com. Kupa termasuk tanaman dari suku Myrtaceae (jambu-jambuan). Memiliki  bentuk bulat sedikit gepeng berwarna ungu.

Daging buah kupa berwarna putih atau merah keunguan, mengandung sari buah yang berasa masam atau asam manis agak sepat.

Buah kupa senang bergerombol di batang pohon dengan kelopak tetap menempel di bagian ujungnya. buah ini mempunyai beberapa sebutan lokal di setiap daerah, seperti adalah gowok (Betawi), kupa, kupa beunyeur (Sunda), dompyong (Jawa), dan kaliasem (Bali).

Buah kupa memiliki kandungan polifenol dan saponin yang bisa mengusir penyakit maag dan berbagai penyakit lainnya. Berikut ini manfaat buah kupa, salah satunya dapat mencegah penuaan dini.

1. Mencegah penuaan dini

Manfaat buah kupa bagi kesehatan yang pertama, yaitu mencegah penuaan dini. Adanya kandungan antioksidan dan vitamin C dalam buah gowok, memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan.

Antioksidan dan vitamin C yang terdapat dalam buah gowok membantu mencegah penuaan dini dari sel-sel kulit yang mati akibat polusi dan radikal bebas.

2. Membersihkan tubuh dari racun

Buah gowok atau buah kupa ini juga dikenal mampu membantu detoksifikasi racun yang berada di dalam tubuh.

Zat-zat yang tidak baik itu masuk lewat makanan maupun minuman atau segala macam polutan selama beraktivitas.Adanya antioksidan dalam buah ini mampu mengusir radikal bebas yang ada pada tubuh.

Baca :

3. Mencegah stroke

Di dalam  uah kupa terdapat kandungan fosfor. Fosfor adalah mineral penting yang menjaga peredaran darah tetap lancar dan tekanan darah tetap normal.

buah kupa juga mampu mencegah peradangan pada pembuluh darah.  Peredaran darah yang lancar akan memperkecil kemungkinan seseorang terserang stroke dan penyakit kardiovaskular.

4. Mengobati  penyakit kulit

Manfaat buah gowok atau kupa  selanjutnya adalah mengobati kudis dan penyakit kulit. Memang kudis dan penyakit kulit tidak termasuk ke dalam golongan penyakit mematikan.

Akan tetapi keberadaan kudis pada tubuh dapat menimbulkan rasa gatal yang dapat mengganggu aktivitas.

Anda bisa gunakan daun buah gowok untuk mengobati kudis dengan cara ditumbuk halus lalu oleskan ke bagian kulit yang bermasalah.

5. Mengobati Diare

Meski banyak tanaman herbal maupun obat yang mampu mengatasi masalah diare, tetapi Anda juga wajib mencoba buah kupa untuk mengatasi diare. Daun ini memiliki manfaat mengobati diare karena mengandung saponin.

Selain itu, buah kupa mengandung vitamin dan mineral yang ampuh membasmi bakteri akibat diare, sehingga mudah mengatasi diare dengan cepat.

6. Mengatasi jerawat

Manfaat terakhir dari buah kupa adalah dapat mengobati jerawat. Buah gowok yang dihaluskan dan dijadikan masker sangat baik mengatakan jerawat.

Akan tetepai jangan mengaplikasikannya pada jerawat yang meradang.  Setelah didiamkan hingga mengering segera bersihkan wajah dan lanjutkan dengan perawatan kulit seperti biasa.

Demikian manfaat buah kupa , salah satunya dapat mencegah penuan dini. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan