Kenali Manfaat Serai, Salah Satunya Sebagai Antioksidan

Kenali Manfaat Serai, Salah Satunya Sebagai Antioksidan

Kenali Manfaat Serai, Salah Satunya Sebagai Antioksidan

Gurubagi.com. Serai (Cymbopogon citratus) termasuk tanaman suku rumput-rumputan bisa tumbuh tinggi, memiliki tangkai, memiliki aroma unik seperti lemon segar dan rasa jeruk.

Tanaman ini biasa digunakan untuk bumbu masak  atau penyedap rasa makanan hingga bisa dikonsumsi menjadi minuman herbal, minyak atsiri, dan aromaterapi.

Serei mengandung berbagai senyawa kimia seperti, citronellal, geranial dan neral. Senyawa-senyawa ini memiliki aroma yangb kuat dan menyegarkan.

Selain sebagai pengobatan, sereh bisa dipakai untuk bahan kecantikan seperti deodoran, sabun, dan kosmetik.

Di Indonesia, batang dan daun sereh bermanfaat untuk pengobatan penyakit seperti menurunkan menurunkan demam, meredakan nyeri dan bengkak, dan melancarkan menstruasi. Berikut ini beberapa manfaat serai bagi sekehatan tubuh

1. Mengobati penyakit kulit

Sereh memiliki sifat antijamur sehingga efektif untuk pencegahan penyakit kulit. Batang serai memiliki sifat antiseptik sehingga mampu membunuh jamur dan bakteri.

Hampir semua jeis jamur bisa diatasi, terutama jamur penyebab penyakit kulit. Cara memanfaatkannya adalah dengan menumbuk batang ini dan menggunakannya sebagai obat oles.

Penelitian menemukan 2,5 persen larutan minyak serai efektif melawan jamur. Sifat antijamur ini efektif mencegah jenis jamur yang menyebabkan kurap dan gatal di selangkangan.

2. Kaya Antioksidan

Serai mengandung antioksidan yaitu asam klorogenat, isoorientin, dan swertia japonica. Kandungan ini bisa membantu mencegah kelainan fungsi sel di dalam pembuluh darah jantung.

Penelitian tahun 2015, menemukan serai bisa dijadikan obat kumur. Obat kumur ini mengandung antioksidan yang bisa digunakan untuk terapi radang gusi.

3. Mengurangi kolesterol

Kolesterol bisa menyebabkan serangan jantung dan stroke. Serai bisa menjadi obat herbal untuk mengobati kolesterol.Batang serai dipercaya mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) tanpa menurunkan kadar kolesterol baik (HDL).

Selain itu, anti-kolesterol yang ada pada batang tanaman serai akan menghalangi penyerapan kolesterol di usus besar sehingga kadar kolesterol dalam darah tetap terjaga. sifat anti-aterosklerosis pada batang tanaman serai juga kan menghambat proses pembentukan plak darah oleh lemak sehingga resiko jantung koroner dapat diminimalisir.

4. Meningkatkan sel darah merah

Hasil penelitian menyebutkan bahwa meminum air rebusan serai setiap hari selama 30 hari dapat meningkatkan konsentrasi hemoglobin, volume sel, dan jumlah sel darah merah dalam tubuh.

Para peneliti melakukan tes darah dari 105 subjek manusia pada awal penelitian, dan kemudian pada hari ke 10 dan 30 setelah penelitian. Mereka menyimpulkan bahwa minum teh serai meningkatkan pembentukan sel darah merah.

5. Mengatasi diare

Diare sering kali menyebabkan masalah bagi beberapa orang. Penyakit ini bisa menyebabkan dehidrasi atau kekurangan cairan pada tubuh.

Serei bisa menjadi obat alami mengurangi diare. Anda bisa membuat minuman hangat dari serai untuk mengobati diare.

6. Meredakan stress dan kecemasan

Sebuah penelitian mengatakan aromaterapi dari bahan serei bisa mengurangi stress dan kecemasan. Anda bisa menggunakan aroma terapi dan pijat untuk relaksasi tubuh.

Anda juga bisa membuat minuman hangat dari serai setiap pagi. Teh serai bisa membuat rileks dan mengurangi kecemasan. Penelitian lain menemukan bahwa mencium serai dan minyak atsiri bisa mengurangi stress dan kecemasan.

7. Meredakan sakit kepala

Penelitian dari Australia menemukan bahwa serai bisa meredakan sakit kepala atau migrain. Dari hasil penelitian ini ditemukan kandungan eugenol dalam serai yang fungsinya mirip aspirin.

Eugenol berguna untuk mencegah trombosit darah menggumpal. Kandungan ini bisa melepaskan hormon serotonin yang mengatur suasana hati, tidur, nafsu makan, dan fungsi kognitif.

8. Mencegah Infeksi

Hasil penelitian menunjukkan serai mungkin memiliki beberapa kemampuan mencegah infeksi. Misalnya, ramuan ini tampaknya mengurangi timbulnya sariawan, infeksi jamur yang umumnya menyerang orang dengan sistem kekebalan yang lemah, seperti pengidap HIV

baca : Kenali Manfaat Daun Saga, Salah Satunya Atasi Asma

9. Anti kanker

Manfaat batang serai berikutnya adalah sebagai anti kanker. Batang ini mengandung senyawa citral yang mampu membunuh sel rusak atau sel yang berkembang secara abnormal.

Uniknya lagi, senyawa citral akan membiarkan sel sehat tetap hidup tanpa mempengaruhi kinerjanya.

Demikian manfaat serai bagi kesehatan, salah satunya anti oksidan. Semoga bermanfaat

You May Also Like

Tinggalkan Balasan