Latihan Soal PSAJ PJOK SMP Tahun Ajaran 2023/2024

Latihan Soal PSAJ PJOK SMP Tahun Ajaran 2023/2024

Latihan Soal PSAJ PJOK SMP Tahun Ajaran 2023/2024

Gurubagi.com. Contoh soal Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ) PJOK SMP Tahun Ajaran (TA) 2023/2024 berikut ini dibagikan sebagai bahan refernsi peserta didik dalam pelaksanaan PSAJ.

Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ) merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mengukur capaian kompetensi hasil belajar siswa pada indikator pengetahuan dan keterampilan dari ujian masing-masing pelajaran.

Penilaian (asesmen) Sumatif dapat dilakukan dalam bentuk tes tulis, tugas unjuk perfoma (berupa praktik, menghasilkan produk, melakukan proyek), portofolio (kumpulan dokumen hasil penilaian, penghargaan, dan karya peserta didik dalam bidang tertentu yang mencerminkan perkembangan (reflektif-integratif) dalam kurun waktu tertentu), atau kombinasi.

Teknis pelaksanaan asesmen sumatif diserahkan sepenuhnya kepada pihak sekolah sesuai dengan kondisi sekolah maupun peserta didik.

Asesmen sumatif, yaitu asesmen yang dilakukan untuk memastikan ketercapaian keseluruhan tujuan pembelajaran. Asesmen ini dilakukan pada akhir proses pembelajaran untuk satu tujuan pembelajaran atau dapat juga dilakukan sekaligus untuk dua atau lebih tujuan pembelajaran, sesuai dengan pertimbangan pendidik dan kebijakan satuan pendidikan

Asesmen sumatif menjadi bagian dari perhitungan penilaian di akhir semester, akhir tahun ajaran, dan/atau akhir jenjang.

Oleh karena itu Penilaian Sumatif Akhir Jenjang merupakan salah satu bentuk asesmen sumatif bertujuan untuk menilai pencapaian hasil belajar peserta didik sebagai dasar kelulusan

Dasar Hukum Penilaian Sumatif Akhir Jenjang  (PSAJ)

Adapun dasar dari pelaksanaan PSAJ tersebut sesua dengan peratutan pemerintah diantaranya

1. Permendikbud 23 Tahun2016 Standar Penilaian Penddidikan

Menurut Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016, penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik.

2. Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 4 Tahun 2022

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 4 Tahun 2022 Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Disebutkan dalam PP 4/2022 diantaranya sebagai berikut:

Standar kompetensi lulusan pada Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan menengah umum difokuskan pada:

a) persiapan Peserta Didik menjadi anggota masyarakat yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia;

b) penanaman karakter yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila; dan

c) pengetahuan untuk meningkatkan kompetensi Peserta Didik agar dapat hidup mandiri dan mengikuti Pendidikan lebih lanjut.

Standar kompetensi lulusan pada Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan menengah kejuruan difokuskan pada:

a) persiapan Peserta Didik menjadi anggota masyarakat yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia;

b) penanaman karakter yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila; dan

c) keterampilan untuk meningkatkan kompetensi Peserta Didik agar dapat hidup mandiri dan mengikuti Pendidikan lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya.

Peserta didik dinyatakan lulus dari satuan/program pendidikan setelah menyelesaikan seluruh program pembelajaran dan mengikuti penilaian sumatif yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan (salah satunya Penilaian Sumatif Akhir Jenjang).

Prinsip Asesmen

Berikut ini beberapa prinsip yang harus diperhatikan dalam menyusun PSAJ sebagai bagian dari asesmen pembelajaran.

Asesmen merupakan bagian terpadu dari proses pembelajaran, fasilitasi pembelajaran, dan penyediaan informasi yang holistik, sebagai umpan balik untuk pendidik, peserta didik, dan orang tua/wali agar dapat memandu mereka dalam menentukan strategi pembelajaran selanjutnya.

Asesmen dirancang dan dilakukan sesuai dengan fungsi asesmen tersebut, dengan keleluasaan untuk menentukan teknik dan waktu pelaksanaan asesmen agar efektif mencapai tujuan pembelajaran..

Perancangan asesmen secara adil, proporsional, valid, dan dapat dipercaya (reliable) untuk menjelaskan kemajuan belajar serta menentukan keputusan tentang langkah dan sebagai dasar untuk menyusun program pembelajaran selanjutnya.

Laporan kemajuan belajar dan pencapaian peserta didik bersifat sederhana dan informatif dan memberikan informasi yang bermanfaat tentang karakter dan kompetensi yang dicapai, serta strategi tindak lanjut.

Hasil asesmen digunakan oleh peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, dan orang tua/wali sebagai bahan refleksi untuk meningkatkan mutu pembelajaran.

Fungsi dan Tujuan PSAJ

Penyelenggaraan PSAJ sebagai asesmen hasil belajar bertujuan sebagai berikut.

a. Untuk mengetahui tingkat penguasaan kompetensi.

b. Untuk menetapkan ketercapaian penguasaan kompetensi.

c. Untuk menetapkan program perbaikan atau pengayaan berdasarkan tingkat penguasaan kompetensi.

d. Untuk memperbaiki proses pembelajaran.

Sedangkan fungsi PSAJ sebagai bentuk asesmen hasil belajar adalah sebagai berikut.

a. Digunakan untuk memantau kemajuan belajar, memantau hasil belajar, dan mendeteksi kebutuhan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan.

b. Penguatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP)/Kelompok Kerja Guru (KKG)/Forum Tutor dalam pengembangan dan perakitan naskah soal.

c. Sebagai dasar pemetaan, pembinaan, dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan.

d. Untuk pemerataan dan peningkatan mutu pendidikan.

e. Untuk memenuhi fungsi sumatif dalam penilaian.

Latihan Soal PSAJ PJOK SMP TA 2023/2024

Latihan Soal PSAJ PJOK SMP Tahun Ajaran 2023/2024

Peserta didik diharapkan dapat mempersiapkan diri sejak awal untuk belajar mengerjakan soal Penilaian Sumatif Akhir Jenjang tahun 2024.

Contoh soal PSAJ PJOK SMP TA 2023/2024 ini daoat menjadi referensi belajar peserta didik, jika satuan pendidikan menyelenggarakan PSAJ dalam bentuk tes tertulis.

Baca : Latihan Soal Asesmen Madrasah (AM) MA Tahun 2024

Berikut adalah contoh soal Penilaian Sumatif Akhir Jenjang PJOK SMP/MTs tahun ajaran 2023/2024 selengkapnya.

  • Contoh Soal Ujian Sekolah PJOK SMP/MTs  – Unduh
  • Kunci Jawaban Contoh Soal Ujian Sekolah PJOK SMP/MTs – Unduh

Demikian contoh soal Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ) PJOK SMP Tahun Ajaran 2023/2024. Semoga bermanfaat

You May Also Like

Tinggalkan Balasan