Pembelajaran Online di Masa Pandemi dan Media Pembelajarannya

Pembelajaran Online dan Pilihan Aplikasi Pembelajarannya

Pembelajaran Online di Masa Pandemi dan Media Pembelajarannya

Gurubagi.com. Penyebaran Covid-19 yang semakin meluas membuat pemerintah berpikir keras dalam menangani situasi saat ini, termasuk mengatasi masalah pada dunia pendidikan

Pemerintah juga telah membuat Undang-Undang Nomor 6 tahun 2018 terkait Karantina Kesehatan, kemudian Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020 dan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 9Ttahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Baca :

Kebijakan pemerintah untuk menyelenggarakan pembelajaran dari rumah sudah berjalan hampir dua  tahun ini.

Hal ini juga memungkinkan dunia pendidikan kita berubah 180 derajat, dari pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran daring (online),

Adaptasi baru yang dihadapi oleh guru dan peserta didik ini tentu akan menghadapi berbagai kendala. Pembelajaran online dituntut masuk ke dalam era digital baru agar peserta didik dapat berkembang secara inovatif.

Pengertian Pembelajaran Online

Pembelajaran online atau lebih dikenal dengan pembelajaran virtual secara umum merupakan pembelajaran yang dilakukan secara elektronik dengan menggunakan media bernbasis komputer atau jaringan.

Pembelajaran ini membutuhkan imajinasi dan kecerdikan dari guru untuk menyampaikannya secara efektif  kepada peserta didik. Guru harus dapat mendesain pembelajaran online yang ringan berdasarkan konten yang mereka ajarkan.

Guru harus efektif dalam menerapkan media pembelajaran online, karena peserta didik akan membutuhkan budaya belajar mandiri dengan menggunakan alat atau perangkat

Pembelajaran online juga memberikan peluang besar untuk menjelajahi konten yang disediakan dan bisa disimpan untuk jangka waktu yang lama.

Media Pembelajaran online

Pembelajaran di rumah menuntut guru dan peserta didik dapat menggunakan media teknologi. Berikut ini beberapa media pembelajaran online  yang dapat dijadikan pilihan guru saat  peserta didik melakukan pembelajaran di rumah .

1. WhatssApp Group

Media Pembelajaran Online yang pertama dan paling banyak digunakan adalah whatsapp group. Aplikasi ini memiliki fitur untuk membuat group percakapan belajar, sehingga guru dan peserta didik dapat berkomunikasi layaknya dalam kelas tanpa tatap muka.

Di dalam Whatssapp Group ini, pengguna dapat mengirim berbagai dokumen seperti video, foto bahkan file presentasi. Dengan demikian, anggota grup bisa saling berbagi materi. Selain itu, fitur voice note juga bisa bermanfaat untuk menjelaskan materi pembelajaran.

2. Google Suite for Education

Media pembelajaran online selanjutnya berasal dari Google, yaitu Google Suite for Education. Peserta didik dapat mengakses Google Suite for Education ini secara online maupun offline.

Fitur untuk media belajar ini  adalah Classroom. Guru dapat membuat kelas untuk aktifitas pembelajaran dan peserta didik dapat mengikuti kelas tesebut.

Guru memberikan tugas, penilaian dan percakapan tertulis, selain itu, classroom juga mendukung streaming video yang memungkinkan guru memberika materi secara langsung melalui video.

3. Ruangguru

Ruangguru ini menyediakan materi pelajaran mulai dari kelas 1 SD. Media inibisa menjadi media belajar online di rumah. Selain itu, Ruangguru juga menyediakan materi yang lengkap di semua jenjang.

Aplikasi ini dapat menjadi media untuk belajar online, baik saat sekolah sedang diliburkan atau pun tidak sedang libur.

4. Rumah Belajar

Rumah Belajar merupakan aplikasi belajar daring yang di kembangkan olek kemendikbud dengan tujuan menyediakan alternatif sumber belajar dengan menggunakan teknologi.

5. ICANDO

ICANDO merupakan aplikasi pendidikan anak yang memiliki program pembelajaran sesuai dengan Kurikulum 2013.

Pengembangan program secara komprehensif melalui ratusan minigames yang akan meningkatkan motivasi belajar anak-anak di jenjang PAUD.

6. Zenius

Media pembelajaran online yang bisa menjadi pilihan selanjutnya adalah zenius. Peserta didik dapat mengakses secara gratis sedia belajar ini melalui layanan belajar mandiri.

Pengguna dapat mengakses video materi zenius secara gratis dari berbagai jenjang pendidikan. Oleh karena itu, pengguna tidak perlu menghabiskan banyak kuota untuk belajar online. Tentu saja hal ini membuat belajar online menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

7. Microsoft Office 365

Microsoft Office 365 menyediakan layanan office 365 yang pembaharuannya dapat  dilakukan secara realtime, termasuk Word, Exel, PowerPoint, OneNote, dan Microsoft Team, serta fitur ruang kelas lainnya.

Aplikasi ini sangat sederhana, karena guru dan peserta didik hanya menyiapkan alamat email dan domain sekoah.

Beberapa aplikasi tersebut dapat menjadi pilihan guru saat melaksanakan pembelajaran online di masa pandemi Covid-19 saat ini.

You May Also Like

2 Comments

Tinggalkan Balasan