Tabel Periodik Unsur Serta Penentuan Golongan dan Periode

Tabel Periodik Unsur Serta Penentuan Golongan dan Periode

Tabel Periodik Unsur Serta Penentuan Golongan dan Periode

Gurubagi.com. Sistem periodik unsur atau tabel sistem periodik unsur berfungsi untuk mengetahui nomor atom, konfigurasi elektron, dan sifat setiap unsur.

Sistem periodik unsur kimia adalah susunan unsur-unsur berdasarkan nomor atom dan kemiripan sifat-sifatnya. Tabel ini dinamakan periodik, karena memiliki kemiripan pada unsur dan susunannya.

Dengan tabel periodik ini, maka kita dapat mengetahui nomor atom, nomor masa, konfigurasi elektron, dan sifat-sifat  setiap unsur yang terdapat dalam tabel sistem periodik.

Baca :

1. Perkembangan Sistem Periodik

Sistem periodik unsur yang digunakan sekarang merupakan puncak dari rangkaian upaya para ahli dalam melakukan penelitian.

Berikut ini  adalah tahapan-tahapan sejarah pengelompokan unsur kimia.

a. Pengelompokan atas logam dan non logam

Pada tahun 1769, Lavoiser mengelompokan daftar unsur-unsur dan membaginya pada unsur logam maupun unsur non logam.

Perbedaan antara unsur logam dan non logam menurut Lavoiser adalah sebagai berikut.

Unsur Logam

  • Wujudnya padat pada suhu kamar, kecuali raksa
  • Mengkilap saat di gosok-gosokan
  • Konduktor yang baik
  • Dapat ditempa
  • Penghantar panas yang baik

Unsur Non Logam

  • Wujud zat berupa zat padat, cair atau gas pada suhu kamar
  • Bukan konduktor yang baik
  • Pada umumnya rapuh terutama berwujud padat
  • Bukan penghantar panas yang baik.

b. Triade dari Dobereiner

Johann Wolfgang Dobereiner seorang profesor kimia dari Jerman, merupakan orang pertama yang menemukan hubungan sifat dengan massa atom.unsur-unsur.

Dobereiner mengambil kesimpulan dengan mengelompokan unsur-unsur ke dalam tiga kelompok unsur yang ia sebut dengan Triade.  Berikui ini adalah bentuk tabel unsur Triade

 

 

 

Meskipun tidak berhasil menyusun cukup banyak Triade, akan tetapi gagasan Dobereiner ini merupakan upaya pertama dalam penggolongan unsur berdasrkan sifat-sifat yang lebih rinci.

c. Hukum Oktaf Newlands

Ilmuwan  J.A.R Newlands mengklasifikan unsur berdasar kenaikan berat atomnya. Mengenali unsur ini dengan cara  nomor urut dan membaginya dalam tujuh golongan.

Ketujuh golongan tersebut ialah Hidrogen, Litium, Berilium, Karbon, Nitrogen, Boron serta Oksigen. Hubungan ketujuh golongan ini terkenal sebagai hukum oktaf.

Hukum Oktaf Nelwlands ternyata hanya berlaku untuk unsur-unsur ringan, dan jika berlanju , ternyata seperti terlalu memaksakan kemiripan sifat unsur. Misalkan unsur Ti memiliki sifat yang jauh berbeda dengan C mauoun S.

d. Dmitri Mendeleev

Pada tahun 1869 seorang sarjana asli Rusia bernama Dmitri Ivanovich Mendeleev melakukan pengamatan 63 unsur dan mendapatkan hasil bahwa sifat dari massa atom itu relatif.

Mendeleev menempatkan unsur yang memiliki kemiripan sifat dalam satu jalur  vertikal (golongan) dan lajur-lajur horizontal (periode), yaitu bedasarkan kenaikan massa atom relatifnya.

Mendeleev mempublikasikan daftar periodik unsur tahun 1872. Berikut ini bentuk tabel penemuan Mendeleev.

Mendeleev masih mengosongkan beberapa tempat untuk menempatkan kemiripan sifat dalam golongan, karena dia yakin  masih ada unsur lain yang nantinya akan menempati ruang kosong.

e. Sistem Periodik Modern

Pada awal abad ke-20, setelah panemuan struktur atom Henry Moseley menunjukan bahwa urutan-urutan unsur dalam sistem periodik Mendeleev sesusai dengan kenaikan nomor atomnya.

Penempatan Telerium (Ar =128) dan iodin (Ar =127) yang tidak sesuai dengan kenaikan massa atom relatif, ternyata sesuai dengan kenaikan nomor atomTe =52.

Moseley mengatakan bahwa sifat-sifat unsur merupakan fungsi dari nomor atomnya periodik. Berikut ini adalah model periodik unsur modern .

 2. Penentuan golongan dan periode

a. Membaca tabel sistem periodik

Cara mengenal unsur dalam  tabel periodik dapat melihat penjelasan dari gambar di bawah ini.

b. Golongan dan periode

Letak periode dapat melihat dari kulit terluar yang diisi elektron. Sedangkan letak golongan dari elektron valensinya.

Periode dan golongan yang dapat dietentukan berdasarkan konfigurasi elektron.  Berikut ini penentuan golongan dan periode dengan menggunakan konfigurasi elektron.

Demikian ulasan tentang Tabel Periodik Unsur serta penentuan Golongan dan Periode. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan