Kenali Berbagai Manfaat Sereh Bagi Kesehatan

Kenali Berbagai Manfaat Sereh Bagi Kesehatan

Kenali Berbagai Manfaat Sereh Bagi Kesehatan

Gurubagi.com. Serai atau sereh termasuk bumbu dapur memiliki manfaat bagi kesehtan sebagai obat herbal. Tanaman ini bisa tumbuh tinggi dan memiliki tangkai, dan memiliki aroma unik seperti lemon segar dan rasa jeruk.

Sereh mengandung berbagai senyawa kimia seperti citronellal, geranial, dan neral. Senyawa-senyawa ini memiliki aroma yang kuat dan menyegarkan bagi manusia.

 Selain kandungan kimianya, sereh juga memiliki sifat repelan alami terhadap serangga, termasuk nyamuk, sehingg dapat menghalau nyamuk tanpa membunuhnya.

Selain sebagai obat herbal, dan dapat mengusir serangga sereh juga bisa dipakai untuk bahan kecantikan seperti deodoran, sabun, dan kosmetik.

Untuk lebih jelas berikut ini penjelasan berbagai manfaat sereh bagi kesehatan

Kenali Berbagai Manfaat Sereh Bagi Kesehatan

1. Meredakan sakit kepala

Manfaat pertama sereh dapat meredakan sakit kepala. Menurut Penelitian dari Australia menemukan bahwa serai bisa meredakan sakit kepala atau migrain.

Dari hasil penelitian ini ditemukan kandungan eugenol dalam serai yang fungsinya mirip aspirin. Eugenol berguna untuk mencegah trombosit darah menggumpal.

Kandungan ini bisa melepaskan hormon serotonin yang mengatur suasana hati, tidur, nafsu makan, dan fungsi kognitif.

2. Sereh dapat mengatasi bekas jerawat

Rempah ini memiliki sifat antibakteri yang berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit. Salah satunya bisa membantu untuk memudarkan dan mengurangi bekas jerawat.

Cobalah untuk mencuci muka dengan air rebusan sereh. Kandungannya mampu membantu untuk membersihkan pori-pori serta kotoran pada kulit wajah.

3. Mengurangi diare

Diare sering kali menyebabkan masalah bagi beberapa orang. Penyakit ini bisa menyebabkan dehidrasi atau kekurangan cairan pada tubuh.

Diare bisa disembuhkan ketika mengkonsumsi obat diare. Tetapi beberapa obat diare punya efek samping seperti sembelit.

4. Kaya antioksidan

Antioksidan bisa melawan radikal bebas yang merusak sel. Sebuah penelitian menyebutkan, serai mengandung antioksidan. Antioksidan dalam serai yaitu asam klorogenat, isoorientin, dan swertia japonica.

Kandungan ini bisa membantu mencegah kelainan fungsi sel di dalam pembuluh darah jantung. Penelitian tahun 2015, menemukan serai bisa dijadikan obat kumur. Obat kumur ini mengandung antioksidan yang bisa digunakan untuk terapi radang gusi.

5. Menurunkan risiko kanker

Manfaat sereh berikutnya, dapat menurunkan risiko kanker. Tanaman rempah ini mampu mengoptimalkan sistem imun tubuh karena kandungan nutrisi di dalamnya.

Ketika imun tubuh optimal, maka kondisi ini bisa membantu dalam mencegah munculnya sel abnormal pemicu kanker dalam tubuh dan mencegah perkembangan dan pertumbuhan kanker.

Baca : Kenali Manfaat Daun Saga, Salah Satunya Atasi Asma

6. Meredakan nyeri menstruasi

Bagi wanita, mengalami nyeri menjelang menstruasi menjadi suatu kondisi yang dapat menyebabkan rasa tidak nyaman. Bahkan, kondisi ini kerap menyebabkan gangguan aktivitas.

Tidak ada salahnya untuk mencoba mengonsumsi air rebusannya untuk membantu meredakan nyeri menstruasi. Hal ini karena rempah ini bersifat antiinflamasi sehingga menurunkan peradangan dalam tubuh.

7. Mengobati penyakit kulit

Sereh memiliki sifat antijamur sehingga efektif untuk pencegahan penyakit kulit. Mengutip dari healthline.com, minyak serai efektif mencegah penularan jamur di area kulit.

Penelitian menemukan 2,5 persen larutan minyak serai efektif melawan jamur. Sifat antijamur ini efektif mencegah jenis jamur yang menyebabkan kurap dan gatal di selangkangan.

8. Mengurangi kolesterol

Manfaat terakhir serei adalah dapat mengurangi kolesterol. Kolesterol bisa menyebabkan serangan jantung dan stroke. Serai bisa menjadi obat herbal untuk mengobati kolesterol.

Penelitian yang diterbitkan Advanced Pharmaceutical Technology & Research, menemukan serai bisa menurunkan kolesterol pada hewan. Tetapi penurunan kolesterol ini tergantung dosis.

Demikian manfaat sereh bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan