Kenali Manfaat Buah Tin Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Kenali Manfaat Buah Tin Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Kenali Manfaat Buah Tin Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Gurubagi.com. Buah tin (Ficus carica) biasanya tumbuh di wilayah tropis atau subtropis, terutama di negara-negara Timur Tengah dan Mediterania.

Buah tin memiliki rasa yang manis serta tampilan dan teksturnya yang unik. Daging buah tin berwarna merah muda dengan ratusan biji kecil yang menghasilkan tekstur renyah.

Buah tin bisa dinikmati dengan berbagai cara, mulai dari dimakan langsung, dikeringkan, dijus, hingga diambil ekstraknya.

Buah tin mengandung berbagai vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan saluran pencernaan hingga mencegah terjadinya penyakit kanker.

Berikut ini kenali manfaat buah tin bagi kesehatan tubuh Anda yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Meningkatkan kepadatan tulang

Buah tin kaya kandungan kalsium dan kalium. Kedua mineral ini dapat berkerjasama dalam meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah pengeroposan tulang seperti oesteoporosis.

Kalium dapat menjaga kesehatan tulang dan mengurangi risiko kerusakan tulang. Sementara kalsium merupakan komponen penting untuk menyusun struktur tulang.

Menyantap makanan kaya kalium dan kalsium dapat mengoptimalkan perkembangan struktur tulang pada anak-anak dan remaja.

Baca :

2. Menjaga kesehatan kulit

Antioksidan pada ekstrak buah tin juga diduga baik untuk menjaga kesehatan sel kulit, mencegah kerusakan kolagen, dan memperbaiki kerutan pada kulit.

Menggunakan krim yang mengandung ekstrak buah tin kering dipercaya dapat mengatasi gejala dermatitis, seperti kulit kering dan gatal.

Buah tin juga bisa menyebabkan gejala alergi, meski hal ini jarang terjadi. Bila Anda memiliki alergi terhadap buah nangka, Anda mungkin juga akan mengalami reaksi alergi terhadap buah tin.

Selama tidak berlebih, mengonsumsi buah tin adalah salah satu cara terbaik untuk menambahkan serat dan nutrisi ke dalam makanan Anda.

3. Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Buah tin dapat mengatasi gangguan pencernaan, seperti sembelit berkat kandungan serat di dalamnya yang berfungsi sebagai prebiotik.

Serat mendukung pertumbuhan bakteri baik di saluran cerna, sehingga meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.

Buah tin juga dipercaya dapat mengatasi gejala irritable bowelsyndrome (IBS) maupun kolitis ulseratif. Penelitian berhasil membuktikan manfaat buah tin dalam mengurangi gejala IBS, seperti sembelit, diare, kembung, hingga kram perut.

4. Mencegah perkembangan sel kanker

Selain menjaga salura pencernaan, antioksidan dalam buah tin juga dipercaya dapat mencegah perkembangan penyakit kanker. Caranya dengan menangkal efek negatif radikal bebas berlebih dalam tubuh.

Selain punya manfaat terkait pencernaan, buah tin juga berpotensi mencegah pertumbuhan sel kanker, terutama jenis kanker usus.

Satu buah tin segar mengandung zat antioksidan seperti flavonoid yang dapat mencegah kerusakan sel karena serangan zat radikal bebas.

5. Menjaga kesehatan jantung

Khasiat lainnya bila mengonsumsi buah tin yaitu membantu melancarkan aliran darah serta mengurangi berbagai risiko penyakit yang menyerang jantung dan stroke.

Dalam 100 g buah tin kering terdapat 232 mg kalium, 0,07 mg tembaga, dan 2,03 mg zat besi. Ketiga mineral ini memiliki fungsi vital dalam sistem kardiovaskuler. Kalium merupakan komponen penting yang membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah.

Sementara tembaga dan zat besi diperlukan dalam produksi sel darah merah tubuh. Selain itu, buah tin memiliki potensi dalam meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah.

Demikian kenali manfaat buah tin bagi kesehatan tubuh Anda. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan