Kenali Manfaat Kapulaga, Salah Satunya dapat Obati Bau Mulut

Kenali Manfaat Kapulaga, Salah Satunya dapat Obati Bau Mulut

Kenali Manfaat Kapulaga, Salah Satunya dapat Obati Bau Mulut

Gurubagi.com. Kapulaga termasuk dalam satu tanaman rempah yang memiliki rasa kuat sehingga memiliki nilai ekonomi cukup tinggi. Tidak heran jika kapulaga ini memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan.

Jenis tanaman kapulaga yang banyak ditanam di Indonesia adalah Kapulaga Jawa dengan warna buahnya merah dan berbentuk bulat.

Biji, minyak dan ekstrak kapulaga memiliki khasiat penyembuhan dan kerap digunakan dalam pengobatan tradisional.

Kandungan dalam kapulaga mampu mengobati kejang usus, membunuh beberapa bakteri yang tidak baik, mengurangi pembengkakan, dan membantu sistem kekebalan tubuh.

Kapulaga sering digunakan sebagai bumbu makanan, bahan pembuatan sabun, krim kecantikan, dan parfum. Berikut ini manfaat kapulaga bagi kesehatan tubuh, salah satunya, dapat mencegah bau mulut.

1.  Mengobati Infeksi

Manfaat pertama kapulaga dapat mengobati infeksi. Kapulaga memiliki efek antibakteri dan dapat mengobati infeksi.

Minyak esensial dan ekstrak kapulaga diduga lebih efektif dibandingkan obat medis standar yang kerap digunakan melawan E. coli dan Staphylococcus; bakteri yang dapat menyebabkan keracunan makanan.

Minyak esensial kapulaga dapat melawan bakteri Salmonella yang menyebabkan keracunan makanan dan Campylobacter yang berkontribusi terhadap peradangan perut.

2. Mengobati bau mulut

Manfaat kapulaga berikutnya dapat mengobati bau mulut. Rempah ini juga kerap digunakan untuk mengobati bau mulut dan meningkatkan kesehatan mulut termasuk mencegah gigi berlubang.

Kapulaga dapat membantu menyegarkan napas karena kemampuannya untuk melawan bakteri termasuk bakteri penyebab bau mulut.

3. Menurunkan tekanan darah

Mengonsumsi rempah ini juga dapat membantu mengatasi tekanan darah tinggi. Antioksidan pada kapulaga dikaitkan dengan penurunan tekanan darah. Rempah-rempah semacam kapulaga dapat menurunkan tekanan darah karena efek diuretiknya.

Artinya, manfaat kapulaga ini dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil untuk menghilangkan air yang menumpuk di tubuh, termasuk di sekitar jantung.

4. Mengurangi nyeri perut.

Manfaat kapulaga berikuttnya dapat mengurangi nyeri perut. Mengonsumsi kapulaga dapat membantu meredakan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang mungkin Anda rasakan di perut.

Kapulaga memiliki sifat analgesik dan anti-inflamasi yang membuatnya efektif dalam mengatasi nyeri perut.

Baca : Manfaat Daun Beluntas, Salah Satunya Mencegah Penuaan Dini

5. Meningkatkan Pernapasan dan Penggunaan Oksigen

Senyawa dalam kapulaga dapat membantu meningkatkan aliran udara ke paru-paru dan meningkatkan pernapasan.Itulah sebabnya mengapa kapulaga dapat membantu mengobati asma.

Ketika digunakan dalam aromaterapi, kapulaga dapat memberikan bau yang menyegarkan yang meningkatkan kemampuan tubuh untuk menggunakan oksigen selama berolahraga.

Demikian manfaat kapulaga bagi kesehatan, salah satunya menghilangkan bau mulut. Semoga bermmaat

You May Also Like

Tinggalkan Balasan