Pedoman Olimpiade Sains Nasional OSN SMA Tahun 2023

Pedoman Olimpiade Sains Nasional OSN SMA Tahun 2023

Pedoman Olimpiade Sains Nasional OSN SMA Tahun 2023

Gurubagi.com. Pedoman Olimpiade Sains Nasional OSN Jenjang SMA Tahun 2023 telah diterbitkan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional, Kemendikbudristek.

Pedoman OSN SMA 2023 ini merupakan norma, prosedur, dan kriteria OSN yang dapat menjadi pegangan peserta didik untuk mengikuti OSN dengan baik.

Pedoman OSN SMA Tahun 2023 ini juga merupakan acuan bagi sekolah, Dinas Pendidikan serta pemangku lainnya untuk ikut serta memastikan para siswa dapat dibimbing dan diantarkan untuk meraih prestasi tinggi di bidang sains.

Latar Belakang

Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan nilai integritas tinggi merupakan salah satu syarat utama kemajuan sebuah bangsa.

Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi telah melakukan berbagai upaya dalam rangka pengembangan bakat dan minat peserta didik SMA/ MA, SMP/MTs dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN) dalam ilmu pengetahuan dan teknologi.

Upaya-upaya tersebut dilakukan melalui berbagai kompetisi baik nasional maupun internasional. OSN ini diharapkan dapat mengantarkan peserta didik untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

Kompetisi ini juga merupakan bagian penting dalam pemerataan prestasi dan memaksimalkan potensi peserta didik bertalenta dan berkarakter dari seluruh pelosok Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selain sebagai sebuah strategi untuk meningkatkan mutu pendidikan, kompetisi sains telah menempatkan Indonesia pada posisi yang kompetitif di berbagai ajang internasional bergengsi
dalam penguasaan sains dan teknologi oleh peserta didik.

Oleh karena itu, melalui sistem kompetisi yang sistematis dan berjenjang ini diharapkan terbangun ruang seluas-luasnya bagi peserta didik untuk mengeksplorasi kemampuan dalam bidang sains dan teknologi serta mencapai puncak potensi terbaiknya.

Pencapaian prestasi yang maksimal akan ditunjukkan dengan lahirnya juara-juara kompetisi sains yang mumpuni dan berdaya saing tinggi yang siap berkompetisi pada tingkat internasional.

Pedoman OSN SMA Tahun 2023

Tujuan

Tujuan umum penyelenggaraan OSN SMA Tahun 2023 berdasarkan Pedoman Olimpiade Sains Nasional OSN SMA Tahun 2023 adalah sebagai berikut.

1. Mendapatkan dan mengembangkan peserta didik bertalenta dan berkarakter dengan prestasi internasional, sehingga mampu berkontribusi sebagai perintis pembangunan melalui ilmu pengetahuan dan teknologi, untuk mewujudkan bangsa yang unggul.

2. Mendorong pemerataan prestasi untuk memaksimalkan penemuan peserta didik bertalenta dan berkarakter dari seluruh pelosok Negara Kesatuan Republik Indonesia.

3. Menciptakan atmosfer berkompetisi dan berprestasi yang sehat, serta mendorong tumbuh kembangnya budaya silih asuh di sekolah dan semua pemangku kepentingan.

4. Menguatkan kelembagaan dalam rangka menuju Manajemen Talenta Nasional (MTN) yang berkesinambungan.

Sedangkan tujuan Khusus penyelenggaraan OSN SMA Tahun 2023 sebagai berikut.

1. Menyelenggarakan seleksi peserta didik secara berjenjang dimulai dari tingkat sekolah, tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi, dan tingkat nasional yang mempunyai kompetensi/ kemampuan dalam bidang Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi.

2. Mendapatkan calon peserta untuk mewakili Indonesia pada kompetisi sains tingkat internasional.

3. Membangun basis data nasional peserta didik yang bertalenta dalam bidang sains.

Hasil yang Diharapkan

Hasil yang diharapkan dari OSN SMA 2023 sesuai Pedoman Olimpiade Sains Nasional OSN SMA Tahun 2023 adalah sebagai berikut.

1. Terselenggaranya seleksi peserta OSN bidang Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi secara berjenjang dimulai dari tingkat sekolah, tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi, sampai ke tingkat nasional.

2. Terpilihnya calon peserta Olimpiade Sains Nasional tingkat kabupaten/kota (OSN-K) untuk diikutsertakan ke tingkat provinsi (OSN-P), terseleksinya pemenang OSN-P untuk diikutsertakan ke tingkat nasional (OSN).

3. Terpilihnya peserta didik terbaik dari OSN yang akan dipersiapkan untuk mengikuti olimpiade sains tingkat internasional.

4. Terciptanya basis data talenta nasional dalam bidang sains.

Tema dan Tagar

OSN Tahun 2023 mengusung tema “Berprestasi Membangun Kolaborasi ”, dengan tagar #berprestasimembangunkolaborasi #MERDEKA BERPRESTASI Talenta Sains Mengispirasi

Sasaran

Sasaran pelaksanaan OSN ini adalah peserta kompetisi pada jenjang SMA/MA/Sederajat dan SMP/MTs yang telah lolos melalui seleksi OSN-K (ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi dan Balai Pengembangan Talenta Indonesia) dan OSN-P (Ditetapkan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia).

Bidang Lomba

Bidang lomba dalam kompetisi sains tingkat kabupaten/kota, provinsi dan nasional adalah:

1. Matematika

2. Fisika

3. Kimia

4. Informatika/Komputer

5. Biologi

6. Astronomi

7. Ekonomi

8. Kebumian

9. Geografi

Persyaratan Umum Peserta

1. Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan dokumen resmi seperti Kartu Pelajar/KTP/SIM/Paspor.

2. Berminat dan memiliki nilai baik dari bidang sains yang dipilih.

3. Mendapat persetujuan dari orang tua/wali, dan apabila peserta memiliki kebutuhan khusus berkaitan dengan kesehatan harus mendapatkan persetujuan dari pihak yang berwenang.

4. Setiap peserta didik hanya dapat mengikuti salah satu bidang sains dan diusulkan oleh Kepala Sekolah berdasarkan hasil seleksi tingkat sekolah.

5. Belum pernah meraih medali emas OSN jenjang SMA di bidang sains yang sama.

6. Belum pernah mengikuti kompetisi sains tingkat internasional jenjang SMA di bidang sains yang sama (Lampiran D: Daftar Olimpiade Sains Internasional).

7. Peraih medali OSN bersedia mengikuti pembinaan dan seleksi ke kompetisi tingkat internasional yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional.

8. Untuk beberapa bidang sains, peserta didik yang pernah mengikuti pembinaan tingkat internasional dapat langsung mengikuti OSN dengan merujuk kepada persyaratan khusus sesuai pada bidang sains masing-masing.

9. Menyetujui Pakta Integritas Pelaksanaan OSN-K, OSN-P, dan OSN pada aplikasi kompetisi.

10.Untuk peserta yang mengalami pindah sekolah ke kabupaten/kota dan/atau provinsi lain, status kepesertaannya tetap didasarkan pada surat keputusan Dinas Pendidikan Provinsi sebelumnya.

11.Memiliki nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk semua mata pelajaran dan memiliki sikap yang baik.

12.Mampu mengoperasikan komputer

13.Tidak terlibat dan/atau memakai narkoba

J. Keikutsertaan Kompetisi Sains Internasional Tahun 2024

Hasil OSN tahun 2023 akan dipersiapkan mewakili Indonesia pada ajang kompetisi sains internasional tahun 2024.

Baca : Pedoman Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia OPSI SMP SMA 2023

Tempat pelaksanaan kompetisi sains tingkat internasional tahun 2024 adalah:

1. International Mathematical Olympiad (IMO): Britania Raya

2. International Physics Olympiad (IPhO): Iran

3. International Chemistry Olympiad (IChO): Arab Saudi

4. International Olympiad in Informatics (IOI): Mesir

5. International Biology Olympiad (IBO): Astana, Kazakhstan.

6. International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA): to be announced (TBA).

7. International Economics Olympiad (IEO): to be decided (TBD).

8. International Earth Science Olympiad (IESO): to be decided (TBD).

9. International Geography

Pedoman OSN Jenjang SMA Tahun 2023 selengkapnya dapat di unduh pada tautan di bawah ini,

Unduh

Baca :

Demikian Pedoman Olimpiade Sains Nasional OSN Jenjang SMA Tahun 2023. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan