Polimer : Pengertian,Tata Nama, dan Kegunaannya

Polimer : Pengertian,Tata Nama, dan Kegunaannya

Polimer : Pengertian,Tata Nama, dan Kegunaannya

Gurubagi.com. Pengertian polimer adalah material yang berbentuk rantai molekul panjang dan berulang. Hasil ini didapatkan dari proses yang bernama polimerisasi.

Polimer sebenarnya merupakan suatu material yang begitu dekat dengan keseharian kita. Mungkin kita sendiri sudah sering menggunakan material polimer dalam berbagai macam benda tanpa  kita sadari.

Polimer terdiri dari berbagai macam dengan karakteristik yang berbeda-beda. Semuanya tergantung dari sifat molekul yang membentuk serta bagaimana proses pembentukannya.

Polimer tersusun dari molekul-molekul sederhana (monomer), membentuk molekul yang sangat besar (makromolekul) melalui reaksi polomerisasi.

1. Polimerisasi

Polimerisasi dibedakan menjadi dua macam, yaitu sebagai berikut.

a. Polimerisasi kondensasi

Polimerisasi konensasi, yaitu pembentukan polimer disertai pelepasan molekul kecil seperti H2O.

b. Polimerisasi adisi

Polimerisasi adisi yaitu adisi monomer-monomer membentuk polimer tanpa melepas atom-atom atau gugus atom.

2. Pengglongan Polimer

a. Berdasarkan sumbernya

1) Polimer alam

Polimer alam terbentuk secara alamiah, seperrti karet alam, selulosa/pati dan asam amino

2) Polimer sintetis

Polimer sintetis adalah polimer yang diperoleh dari hasil sintetis senyawa organik dalam kondisi tertentu.

Polimer sintetis ada yang terbentk melalui reaksi polimerisasda juga yang melalui  adisi, seperti teflon dan PVC. Ada juga yang memlalui proses polimerisasi kondensasi, seperti dakron dan nilon-66.

b. Berdasarkan Jenis Monomer Pembentuknya

1) Homopolimer

Monomer pembentuk polimer ini hanya terdiri dari satu jenis monomer seperti PVC,karet alam, dan polietilena.

2) Kopolimer

Polimer jenis ini terbentuk dari dua jenis monomer, misalkan dakron, nilon-66, bakalit , dan SBR (stirena dan butadiena)

c. Berdasarkan Sifatnya terhadap Panas

1) Polimer termoplastik

Polimer plastik bersifat ringan, kuat dan tranparan. Misalnya PVC, polietena, dan polistirena.

2) Polimer Termosetting

Jenis polimer ini memiliki bentuk permanen dan akan mengeras bila dipanaskan. Hal ini terjadi karena adanya ikatan-ikatan kovalen yang banyak jumlahnya dan sangat kuat gaya antar rantainya. Ikatan tersebut akan hancur dan polimer ini akan terbakar jika dipanaskan pada suhu tinggi.

3. Struktur dan Tata Nama Polimer

Pengertian polimer merupakan ilmu pengetahuan yang berkembang secara aplikatif. Kertas, plastik, ban sert-serat alamiah merupakan produk polimer.

Polimer merupakan ilmu yang sangat dinamis, sehingga sangat dibutuhkan pengetahuan  yang baik tentang konsep-konsep dasar dasar polimer agar dapat memahami dan mengembangkan ilmu polimer.

Baca :

Berbagai barang yang  dibuat dari bahan plastik disebut polimer. Polimer berasal dari bahasa Yunani Poly (banyak) dan mer (bagian), yang artiya suatu makromolekul yang terdiri dari monomer-monomernya.

Polimer terdiri dari molekul-molekul kecil/sederhana (monomer) sehingga menghasilkan satu molekul yang lebih besar (makromolekul)

4. Kegunaan Polimer

dari Penjelasan pengertian polimer diatas dapat kta ketahui kegunaannya. Polimer sangat erat hubungan dalam kehidupan sehari-hari, berikut beberapa ini kegunaan polimer.

a. Polietilena

Polietilena adalah polimer adisi yang tediri  atas monomer etilena. Polimer ni tidak memiliki bau, tidak berwarna dan juga tidak beracun.

Polimer yang satu in banyak digunakan  digunakan untuk membuat akntong palstik, jas hujan  pembungkus makanan, dan sejenisnya.

b. Polipropilena

Polipropilena adalah polimer adisi yang terdiri atas monomer propilena yang serupa dengan polietilena, akan tetapi lebih kuat. Polimer jenis ini sering kali digunakan untuk membuat barang untuk karper dan baju.

c.  Polivinil klorida (PVC)

Poli adalah polimer adisi yang terdiri atas vinilklorida. Polimer jenis ini biasanya diproduksi kedua setelah polietilena.

PVC sering digunakan untuk membuat pipa, pelapis lantai, jalan kereta, kantong sampah, keset dan sejenisnya.

d. Poliakrilonitril

Poliakrilonitril adalah polimer adisi yang terdiri atas monomer akrolonitril. Polimer ini disebut juga orion yang banyak digunakan sebagai bahan membuat baju, kaos kaki, karpet.

e. Teflon

Teflon adalah nama dagang dari politerfluoroetilena yang sifatnya tahan panas dan anti lengket. Polimer ini bisa dignakan sebagai alat masak, keranjang, dan pelapis tangki di pabrik bahan kimia.

f. Polisterina

Polisterina adalah polimer adisi yang biasanya digunakan untuk membuattangkai sikat gigi dan karet busa.

g. Bakelit

Bakelit adalah polimer kondensasi dari metana dan fenol. Polimer ini sifatnya tahan panas dan bisa digunakan untuk membungkus alat-alat listrik.

Demikian pengertian polimer, penggolongan, tata nama, dan kegunaannya. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan