Senyawa Haloalkana : Tatanama, Contoh, dan Penerapan dalam Kehidupan

Senyawa Haloalkana : Tatanama, Contoh, dan Penerapan dalam Kehidupan

Gurubagi.com. Berikut ini kita bahas materi kelas 12 SMA, yaitu senyawa haloalkana. Haloalkana merupakan senyawa turunan alkana dengan satu atau lebih atom H-nya diganti oleh halogen.

Senyawa haloalkana  atau alkil halida merupakan rantai hidrokarbon dengan atom hidrogennya yang digantikan oleh atom halogen.

Senyawa haloalkana mengikat atom-atom halogen, seperti  F, Cl, Br, atau I. Senyawa haloalkana memiliki sifat-sifat yang menjadi ciri khas dari senyawa tersebut.

Sifat haloalkana

Sifat fisis haloalkana ditentukan oleh gaya antarmolekul yang bergantung pada jenis atom, posisi atom halogen, dan panjang rantai karbonnya.

Berikut ini beberapa sifat fisikan haloalkana yang bisa diamati adalah:

1. Tidak Larut dalam Air

Senyawa haloalkana tidak larut dalam air, karena adanya ikatan antara atom halogen dan karbon pada molekul haloalkana bersifat kovalen polar. Sedangkan ikatan antara atom hidrogen dan oksigen pada molekul air bersifat kovalen nonpolar.

2. Titik Didih dan Titik Leleh Rendah

Senyawa haloalkana umumnya memiliki titik didih dan titik leleh yang lebih tinggi daripada hidrokarbon yang sesuai tanpa substituen halogen. Hal ini disebabkan oleh adanya gaya tarik antar molekul yang lebih kuat akibat keberadaan atom halogen yang lebih besar.

3. Densitas Lebih Tinggi dari Air

Senyawa ini juga dikenal memiliki densitas yang lebih tinggi daripada air. Ini dikarenakan molekul haloalkana lebih berat daripada molekul yang ada pada air.

4. Kepadatan Lebih Tinggi

Haloalkana memiliki kepadatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan hidrokarbon tanpa substituen halogen. Alasannya karena massa atom halogen yang lebih besar memberikan kontribusi yang signifikan terhadap massa molekul.

Tatanama haloalkana

Rumus umum haloalkana adalah R-X dengan X adalah alkil (R = CnH2n+1) dan X adalah atom halogen (X = F, Cl, Br, atau I).

Berikut ini tatanama senyawa haloalkana

1. Sebukan terlebih dahulu nama halogennya.

2. Penomoran C1 berdasarkan nomor halogen terkecil.

3. Jika ada senyawa halogen yang sama lebih dari satu maka diberi awalan “di” untuk 2, “tri” untuk 3, “tetra” untuk 4, dan “penta” untuk 5.

4, Jika ada senyawa halogen lebih dari satu maka penomoran C1 berdasarkan halogen yang lebih reaktif

5. Kereaktifan halogen adalah: F > Cl > Br > I

6. Penamaan senyawa haloalkan diurutkan berdasarkan abjad

Contoh :

  • CH3Cl = kloro metana
  • CCl2F2 = dikloro difluoro metana
  • CCl4 = Karbon tetra klorida
  •   =  5-kloro-3,4-difluoro-6-metiloktana
  • CH3Br = Metil bromida

Kegunaan senyawa haloalkana

Senyawa ini banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah dalam beberapa benda yang biasa kita gunakan seperti senyawa freon atau kloro fluoro karbon (CFC) yang digunakan sebagai pendingin atau penyejuk pada AC dan freezer

Berikut ini beberapa caontoh senyawa haloalkana dan kegunaanya:

a. Freon

Freon atau kloro fluoro karbon (CFC) adalah gas-gas tidak berwarna, tidak beracun, tidak mudah terbakar, dan tidak menyebabkan karat, serta bertitik didih rendah. Freon sering ditemui dalam penggunaan pendingin pada AC atau kulkas.

2. Karbon tetra klorida (CCl4)

 

Karbon tetra klorida biasanya digunakan oleh pemadam kebakaran dan menjadi bahan dalam pembuatan pelarut lemak dan dry cleaning. Cairan tidak berwarna dengan bau sedikit tidak enak ini tidak mudah terbakar sehingga digunakan dalam pemadaman kebakaran.

3. Kloroform (CHCl3)

Kloroform biasa digunakan untuk obat bius dan pelarut zat-zat organik. Namun, kloroform memiliki sifat yang sangat beracun dan merusak hati sehingga untuk saat ini jarang digunakan lagi dalam dunia medis.

Baca : Pengertian Hidrokarbon, Identifikasi, dan Kekhasan Atom Karbon

4. Tetra fluoro etilena (CF2=CF2)

Senyawa tetra fluoro etilena ini digunakan pada wajan anti-lengket alias teflon. Senyawa ini berfungsi menahan panas dan mencegah masakan melekat pada permukaan wajan.

Demikian tananama senyawa haloalkana, contoh, dan penerapan dalam kehidupan. Semoga bermanfaat

You May Also Like

Tinggalkan Balasan